Tempat Wisata

Pantai Baron, wisata bahari eksotik dengan sejuta pesona di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Rejosari, Kecamatan Kemadang. Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Baron merupakan destinasi pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang menawarkan pemandangan yang sangat mempesona. Air di pantai ini sangat jernih dan berwarna kebiruan. Air juga ada dua jenis yaitu air tawar dan air asin. Ini adalah bukti keunikannya.

Sesampainya di bibir pantai, pengunjung akan disambut dengan deretan perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai. Perahu akan lebih terlihat pada pagi hari. Dimana para nelayan telah kembali dari melaut dan memarkir perahunya di tepi pantai. Pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai tempat mengambil foto.

Mungkin nama pantai ini terlihat agak unik. Ya, kata Baron berasal dari nama seorang bangsawan Belanda yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai indah ini. Bangsawan itu bernama Baron Skeber. Oleh karena itu pantai ini dinamakan Pantai Baron.

➥ Cek hotel murah di Gunung Kidul

Daya Tarik Pantai Baron

Shutterstock Daya tarik Pantai BaronFoto oleh Azhar Rosyid Hidayat di Shutterstock

✦ Aliran air yang unik

Pantai mempesona ini memiliki dua aliran air yaitu air tawar dan air asin. Setiap 5 tahun sekali aliran air di pantai ini dapat berubah arah dengan sendirinya. Yang semula mengalir dari barat ke laut berubah menjadi timur. Pertemuan kedua tren ini menarik untuk disimak.

Warna air yang berasal dari sungai mengalir di bawah laut dengan warna kehijauan. Air laut asli pantai ini kini berwarna kebiruan. Gradien warna ini membuat pantai semakin indah.

✦ Pemandangan yang mempesona

Pantai Baron memiliki pantai berpasir putih kecoklatan. Teksturnya lembut dan halus. Sehingga kaki Anda terasa nyaman saat diinjak. Di sisi pantai juga terlihat kawasan perbukitan yang tinggi. ditumbuhi beberapa tanaman hijau subur.

➥ Cek Tiket Teras Kaca Pantai Nguluran Jogja

Wisatawan yang mengunjungi kami dapat menikmatinya dengan nyaman. Hirup udara segar dan aroma khas pantai. Ditemani angin sepoi-sepoi. Bebatuan karang yang terjal juga bisa dilihat di pantai indah ini.

Saat mendekati musim liburan, baik itu liburan sekolah, hari libur nasional atau hari libur nasional lainnya, suasana di pantai indah ini sangat ramai. Apalagi jika menjelang sore hari. Pengunjung semakin banyak berbondong-bondong menikmati suasana senja.

✦ Ombak pantai yang tenang

Meski tergolong pantai selatan, namun ombak di Pantai Baron yang sedang populer saat ini tidak terlalu besar. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang ingin merasakan kesegaran air sambil berenang.

Namun, Anda harus selalu berhati-hati. Jika Anda ragu dengan kondisi air pantai, Anda bisa menyewa pelampung setempat. Anda dapat menyesuaikan ukuran pelampung sesuai dengan tinggi badan Anda. Tak hanya untuk orang dewasa, ada juga kendaraan hias khusus anak yang bisa disewa.

✦ Terdapat gardu pandang

Jika ingin melihat keindahan Pantai Baron dengan kedua aliran sungainya dari ketinggian, Anda bisa naik ke titik pandang. Anda bisa memanjat tebing dengan hati-hati.

Selain gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan mempesona, terdapat juga mercusuar. Titik ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat pengambilan angle kamera yang aduhai. Tentu saja dihiasi dengan pemandangan laut yang indah.

✦ Sebagai penghasil ikan dalam jumlah besar

Banyaknya perahu nelayan di pesisir pantai menjadi bukti bahwa kawasan Pantai Baron mempunyai banyak sumber daya alam. Nelayan menghabiskan waktunya untuk memancing. Mereka akan melaut pada sore hari dan kembali ke darat pada pagi hari.

Jadi jika ingin ikan segar bisa dibeli pada pagi hari. Selain berwisata, Anda juga bisa membeli ikan di tempat pelelangan. Harganya pun cenderung lebih murah karena langsung dari tangan para nelayan.

✦ Sering digunakan sebagai upacara adat

Pada setiap tanggal 1 Suro, penduduk setempat kerap mengadakan upacara sedekah. Upacara adat ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada warga sekitar atas banyaknya hasil tangkapan ikan yang mereka raih selama ini.

Biasanya warga mengenakan pakaian adat Jogja, membawa berbagai hasil pertanian dan membuangnya ke laut. Upacara dipimpin oleh adat Pamengku di desa setempat. Harapannya para nelayan dapat terus menangkap ikan yang banyak dan selamat melaut di kemudian hari.

➥ Jogja Day Tour : Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Shutterstock BaronFoto oleh Reezky Pradata di Shutterstock

Pantai Baron terletak di salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Khususnya di Kegubernuran Gunung Kidul, Kecamatan Tanjungsari, di Desa Kemadang. Jarak temporal dari pusat kota Jogja cukup jauh. Pengunjung perlu berkendara kurang lebih 1,5 hingga 2 jam.

Sedangkan untuk rutenya bisa Anda pilih jika berangkat dari pusat kota Jogya yaitu melalui Jalan Lingkar Ketandan lalu menuju Playen. Selanjutnya ambil arah menuju Puslatpur TNI. Kemudian dilanjutkan menuju pasar Trunowo dan terus menuju Giring. Anda akan menemukan penunjuk arah. Ikuti petunjuk berikut tidak jauh dari lokasi.

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung yang ingin menghabiskan liburannya di Pantai Baron akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Harga tiket masuknya relatif murah, sehingga semua kalangan wisatawan bisa sampai ke sana.

Termasuk penetapan tarif parkir. Dinas pariwisata setempat menetapkan biaya parkir dengan harga standar. Untuk kendaraan roda empat cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 per unit. Untuk sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000.

Namun, harga tiket dapat berubah seiring waktu. Sesuai dengan keputusan manajemen dan peraturan daerah setempat. Jadi jangan jadikan harga ini sebagai patokan 100%.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock BaronFoto oleh Reezky Pradata di Shutterstock

1. Menikmati pemandangan pantai

Tidak ada alasan untuk meragukan pemandangan di Pantai Baron. Meski tiket masuknya tergolong murah, namun pesona keindahan yang dihadirkan justru berbanding terbalik. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai sepuasnya. Pasalnya waktu berkunjung di pantai indah ini tidak dibatasi waktu.

Karena keindahannya, tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah, bahkan ada pula wisatawan yang penasaran untuk melihatnya secara langsung. Apalagi di hari libur, pantai ini dipenuhi wisatawan bak lautan manusia.

2. Jelajahi pantai dengan perahu

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling Pantai Baron. Anda hanya perlu membayar harga sewa yang terjangkau kemudian pemilik perahu akan membawa Anda menjelajahi pantai eksotis ini.

3. Berenang

Jernihnya air laut dan warnanya yang eksotis membuat pengunjung rindu untuk segera merasakan sensasi tersebut. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah berenang.

Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak memenuhi pantai untuk berenang, bermain pasir, atau aktivitas seru lainnya. Jika ingin merasakan sensasi air yang lebih segar, datanglah pada pagi hari atau bahkan sebelum gelap. Cuacanya tidak begitu panas dan kesegaran air pantai bisa Anda rasakan.

4. Foto dengan pemandangan menakjubkan

Rasanya ada yang kurang kalau berkunjung ke Pantai Baron tapi jangan selfie. Banyaknya lokasi kekinian dan pemandangan hamparan lautan luas menjadi daya tarik yang patut untuk diwaspadai.

Jika ingin pemandangan lebih eksotik dengan pemandangan lebih jelas laut luas, pasir putih dan deretan perahu nelayan, Anda bisa menggunakan viewpoint. Anda dapat mengambil foto di sudut pandang untuk mendapatkan latar belakang yang sangat indah.

5. Wisata kuliner

Setelah beraktivitas di pantai dan perut keroncongan, Anda bisa langsung menuju warung pantai. Anda bisa memesan beragam kuliner, termasuk kuliner khas pantai.

Pecinta seafood bisa memesan olahan kepiting, udang, kerang, ikan dan masakan lainnya. Tentu saja dengan harga yang terjangkau. Namun rasanya tetap menjadi juara karena kelezatannya.

Anda bisa menikmatinya di lantai warung sambil menikmati indahnya suasana pantai. Kebersamaan dengan keluarga menjadikan suasana liburan semakin berkesan dan sangat romantis.

6. Belanja oleh-oleh

Biasanya kegiatan ini sangat digemari pengunjung khususnya kaum hawa. Ya, selain warung, di pinggir Pantai Baron juga terdapat deretan toko oleh-oleh. Anda bisa membeli pakaian, handuk pantai, tas, sandal, kalung, gantungan kunci dan berbagai aksesoris lainnya.

Harga yang ditawarkan penjual juga sangat terjangkau. Oleh karena itu dimungkinkan untuk membelinya dalam jumlah besar. Tips bagi Anda yang membeli oleh-oleh dalam jumlah besar adalah dengan melakukan negosiasi harga atau diskon. Biasanya dealer menawarkan harga khusus.

7. Piknik keluarga

Suasana liburan di Pantai Baron bisa dijadikan ajang piknik keluarga. Pengunjung dapat membawa makanan dan minuman dari rumah. Misalnya membawa aneka masakan, minuman, makanan ringan, buah-buahan, dan lain-lain. Jangan lupakan matrasnya.

Sesampainya di lokasi pantai, pengunjung bisa memegangnya. Nikmati bekal yang Anda bawa dan kagumi keindahan pantai. Ini benar-benar salah satu kegiatan liburan termahal dan mengesankan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat betapa asyiknya si kecil bermain dengan lembutnya pasir khas pantai. Rasa penat, letih, bosan, dan lain-lain akan hilang begitu saja.

8. Bersantai di gazebo

Fasilitas pendopo berupa payung warna-warni juga menjadi daya tarik untuk dimanfaatkan. Anda bisa menggunakannya sebagai tempat bersantai atau sebagai tempat berlindung.

Apalagi jika Anda meminum es krim kelapa segar bersamanya. Hmm, rasanya aku tidak ingin segera meninggalkan pantai ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai BaronFoto oleh Lcyudistira di Shutterstock

1. Tempat parkir

Tempat parkir yang tersedia di Pantai Baron cukup luas. Oleh karena itu dapat digunakan untuk menampung berbagai jenis kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

2. Toilet

Fasilitas umum berupa toilet juga tersedia. Tidak hanya satu pintu saja, namun ada beberapa pintu yang bisa digunakan oleh pengunjung.

3. Toko suvenir

Wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas pantai bisa langsung mengunjungi toko oleh-oleh di tempat ini. Harganya juga terjangkau.

4. Warung makan

Beragam makanan lezat dan minuman menyegarkan bisa Anda pesan dari warung makan yang ada di sepanjang pantai.

Inilah sekilas Pantai Baron dan keindahannya. Ayo segera atur waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai dan melakukan aktivitas seru lainnya bersama keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button