Tempat Wisata

Pantai Baros, pantai indah dengan panorama hutan bakau di Bantul

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pantai, Tirtohargo, Kec. Kretek, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Bagi warga Bantul, Pantai Baros merupakan destinasi wisata yang mereka banggakan. Banyak penduduk lokal mengunjungi Yogyakarta setiap hari, bahkan ada yang datang dari luar. Bukan tanpa alasan, karena daya tarik berbeda yang dimilikinya. Saat liburan, pantai indah ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kalangan.

Obyek wisata berupa pantai masih banyak diminati untuk mengisi waktu liburan yang kosong. Alasannya adalah karena ada banyak keindahan yang harus dimiliki. Meski banyak pantai di nusantara, mengunjunginya satu per satu tidaklah membosankan. Karena masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang juga membentuk daya tarik tersendiri.

Sebagai contoh yang sudah kita bahas kali ini yaitu Pantai Baros. Keunikannya adalah hutan bakau yang hampir mengelilingi pantainya. Dengan berbagai semak yang menghiasinya, suasana asri dan nyaman sering dijadikan alasan pengunjung untuk datang ke lokasi. Jika Anda mengajak keluarga atau pasangan berlibur ke sini, pasti tidak akan kecewa.

Daya Tarik Pantai Baros

Daya Tarik Pantai Baros BantulKredit foto: Google Maps Tyo Koconegoro

Jika berbicara tentang tempat wisata, maka tidak lepas dari daya tarik yang dimiliki. Mungkin ada yang beranggapan bahwa daya tarik sebuah pantai hanyalah hamparan laut dengan ombak yang bergulung-gulung. Tidak salah, tapi masih banyak lagi yang perlu dibahas.

1. Hutan bakau yang rimbun

Mangrove merupakan tumbuhan khas pesisir, namun di Indonesia jarang sekali biawak yang memilikinya. Sebagian besar hanya dihiasi pasir putih, koral dan tentunya air laut yang berombak. Tidak demikian halnya dengan Pantai Baros, semua keindahan ini dilengkapi dengan keberadaan hutan bakau yang rimbun dan terlihat sangat hijau.

Fungsi tumbuhan mangrove sendiri adalah untuk menahan abrasi pantai atau daratan oleh air laut. Selain itu, tanaman berakar serabut ini juga menghasilkan oksigen dengan sangat baik. Akibatnya, ekosistem kehidupan laut menjadi lebih baik dan lebih terjaga. Tanaman ini sengaja ditanam warga sekitar dan bekerja sama dengan pecinta alam.

Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya dihadapkan pada keindahan dan pemandangan alam yang hijau, tetapi juga dengan berbagai burung yang sering hinggap di dahan mangrove. Sesekali mereka berkicau saat dipanggil, suasana di Pantai Baros pun semakin ramai. Selain itu, semangat para pengunjung tentu sangat menyenangkan.

2. Pemandangan indah pantai Baros

Secara keseluruhan pantai di jogja ini sangat bagus dengan pemandangan yang nyaris sempurna. Meski pantainya tidak seperti pantai-pantai lain yang biasanya memanjang, namun bentuknya yang meliuk-liuk tetap membuatnya terlihat eksotik. Batuannya tidak terlalu banyak, sebagian besar tertutup rerumputan hijau.

Pantai ini memiliki karakter ombak yang tenang, ombak yang perlahan mendekati bibir pantai. Melihatnya menenangkan hati, membuat pikiran lebih tentram. Memang, Pantai Baros cocok sebagai tujuan utama untuk penyembuhan atau penyegaran untuk menyegarkan semangat. Selain itu, angin kencang terkadang melelahkan.

3. Suasana yang menyenangkan dan menyenangkan

Daya tarik selanjutnya yang tak kalah penting adalah suasananya yang nyaman dan asri. Suasana ini dicapai dengan adanya hutan bakau yang mengelilingi setiap sudut pantai. Selain itu, menambahkan semak juga sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman. Udaranya bersih, meski Pantai Baros tak pernah sepi pengunjung.

Berbeda dengan pantai di tempat lain, tentunya karena sebagian besar kering dan tidak ada tanaman hijau penghiasnya. Kalaupun ada, kemungkinan besar hanya pohon kelapa yang merupakan pohon khas pantai. Atraksi ini bisa disebut sebagai daya tarik utama, karena jarang ada pantai yang indah dan menenangkan.

4. Tersedia spot foto yang cantik

Hampir semua kegiatan saat ini tidak bisa lepas dari fotografi. Pengelola Pantai Baros sangat memahami kebutuhan wisatawan sehingga menawarkan spot foto khusus bagi yang gemar berfoto. Tidak banyak karena beberapa tempat melihat posting. Tapi jangan salah, pemandangannya sangat indah dan layak untuk dijadikan backdrop.

Kalau kurang puas, masih banyak spot foto lain yang juga bagus untuk dekorasi background foto. Sebut saja hamparan laut lepas yang indah dengan airnya yang jernih kehijauan. Ada kalanya air berubah menjadi kebiruan tergantung arus dan pasang surut. Dengan ombak yang tidak begitu besar, hasil foto pasti tidak akan mengecewakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Baros, BantulKredit Foto: Google Maps Yudha F

Mengunjungi Pantai Baros tidaklah sulit karena letaknya yang strategis. Kawasan wisata ini dekat dengan beberapa pantai di Bantul, seperti Pantai Samas, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Parangtritis. Alamat lengkapnya berada di Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Jarak dari Bantul hanya sekitar 20 kilometer, cukup dekat tentunya.

Kondisi jalan aman, hampir tidak ada kemacetan kecuali saat mendekati kota pantai. Karena itu, Anda dapat meminumnya dalam waktu tidak lebih dari 30 menit. Anda harus melewati Jalan Parangtritis untuk mendapatkan rute terbaik. Kemudian berkendara ke Pasar Ngangkruksari dan belok kanan ke Jalan Samas Kretek.

Jalan terus sampai lulus SMP Cimpon dan Pasar Petung. Sekitar 1 Km dari pasar anda akan menemukan pertigaan, silahkan belok kanan menuju Jalan Tirtohargo. Rute selanjutnya adalah melalui Jalan Gegunung dan kemudian ke Jalan Utama Baros. Ikuti petunjuk yang diberikan, setelah kurang lebih 1 km Anda akan sampai di lokasi.

Harga tiket masuk Pantai Baros

Tiket Pantai Baros, BantulSumber gambar: Mangga Google Maps

Pantai ini dikelola dengan baik oleh penduduk setempat, sehingga wisatawan yang masuk perlu membeli tiket jauh-jauh hari. Dana yang terkumpul dari tiket masuk ini nantinya digunakan untuk merawat, melestarikan, dan mempromosikan kawasan wisata. Tidak mahal tentunya karena pengunjung hanya dikenakan biaya 10.000 rupiah.

Untuk tambahan biaya hanya berupa tempat parkir, biaya tambahannya juga murah. Bagi yang membawa sepeda motor dikenakan tiket 3.000 rupiah sedangkan untuk mobil 5.000 rupiah. Selain kedua biaya tersebut, tidak ada biaya wajib yang harus dibayar. Fasilitas wisata bahari ini buka 24 jam sehari.

Aktivitas menarik di pantai Baros

Aktivitas Pantai Baros, BantulKredit foto: Google Maps Nurlaila Kurnia

Apa yang harus dilakukan di Pantai Baros? Mungkin pertanyaan ini terlintas di benak Anda karena Anda belum yakin ingin mendapatkan apa. Menjadi pantai, sebagian besar kegiatan tidak jauh dari air. Namun karena ada hutan bakau, kegiatannya lebih bervariasi dan semuanya bisa tergolong menarik.

1. Mendaki di hutan bakau

Belum tentu pemandangan hutan mangrove yang asri dan hijau akan Anda dapatkan dengan mengunjungi pantai lain. Manfaatkan kesempatan ini jika Anda berkunjung ke pantai cantik di Jogja ini. Berkeliling di hutan bakau dijamin seru, apalagi saat burung hinggap di dahan dengan kicauannya yang merdu.

2. Memancing

Pantai Baros relatif landai jika dilihat dari bibir pantai. Di pinggirnya terdapat banyak bebatuan kecil tempat berkumpulnya ikan-ikan untuk mencari makan. Kesempatan ini tidak akan disia-siakan bagi mereka yang senang memancing. Berbekal alat pancing dan umpan dari rumah, aktivitas ini bisa Anda lakukan sambil berwisata.

3. Berkemah

Berbeda dengan pantai lain yang biasanya harus meninggalkan tempat itu saat malam tiba, Anda bisa menginap di sini 24 jam sehari. Umumnya wisatawan yang bermalam mendirikan tenda untuk berkemah. Pilihan aktivitas ini tergolong anti-mainstream karena camping biasanya dilakukan di pegunungan atau perbukitan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Baros, BantulSumber gambar: Twitter @gembel_motret

Fasilitas di Pantai Baros cukup lengkap karena dikelola dengan baik. Anda tidak perlu khawatir tentang perlunya bantuan saat berada di lokasi. Tersedia tempat parkir mobil bagi yang membawa kendaraan pribadi. Ada juga toilet dan warung makan, silakan pilih menu yang Anda butuhkan. Fasilitas lainnya antara lain paviliun, spot foto dan tentunya mushola.

Sangat penting untuk mengetahui objek wisata, harga tiket dan alamat sebelum mengunjungi objek wisata. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan sebagai pengetahuan pertama. Dari poin-poin penting yang telah disampaikan, jelas bahwa Pantai Baros memiliki banyak daya tarik yang mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain sehingga cocok dijadikan tujuan wisata utama Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button