Tempat Wisata

Pantai Batu Alafan : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat libur panjang tiba, sudahkah Anda merencanakan di mana Anda akan menghabiskan liburan Anda? Jika Anda sedang mencari petunjuk tempat wisata, kunjungilah Pulau Simeulue di Provinsi Aceh. Nampaknya Pulau Simeulue akan segera menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi di Indonesia setelah Lombok dan Bali. Di pulau ini Anda akan menemukan sejumlah pantai yang masih alami, termasuk Pantai Batu Alafan.

Pantai Batu Alafan merupakan pantai yang unik dan menawarkan keindahan yang sungguh mempesona. Keunikan pantai ini terletak pada batu karang besar yang menjorok ke laut yang bisa dikunjungi wisatawan untuk menikmati deburan ombak. Selain itu, pantai berpasir putih yang bersih juga akan menjadi pemandangan yang patut untuk disaksikan.

Pantai Batu Alafan

Secara geografis Pantai Batu Alafan terletak di Desa Lubuk Baik, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Untuk mencapai pantai ini cukup mudah. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor dari Kota Sinabang. Selain itu jaraknya cukup pendek dan jalan menuju pantai ini beraspal mulus.

Bagi yang ingin mengunjungi Pantai Batu Alafan dari luar kawasan harus menyeberang terlebih dahulu ke Pulau Simeulue yang dapat dicapai melalui jalur laut maupun udara. Melalui jalur laut, wisatawan bisa menuju Pelabuhan Labuhan Haji di Aceh Selatan lalu menuju Pelabuhan Sinabang. Jika ingin perjalanan lebih cepat, pengunjung bisa menggunakan pesawat yang mendarat di Bandara Lasikin di Sinabung.

Namun sebelum berangkat, cek dulu jadwal keberangkatan Bandara Lasikin. Sebab penerbangan ke Pulau Simeulue hanya dibuka tiga minggu sekali. Selain itu, ketersediaan tiket pesawat seringkali terbatas karena hanya pesawat Cesna yang terbang ke Simeulue. Jadi pesan tiket Anda jauh-jauh hari agar Anda tidak kecewa.

Pesona Pantai Batu Alafan

Pantai Batu Alafan merupakan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar. Sebelum wisatawan mengunjungi pantai ini, terlebih dahulu mereka akan disambut dengan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi sehingga seolah mengaburkan keberadaan pantai ini.

Selepas menyusuri pepohonan kelapa, hamparan pasir putih luas dan laut biru akan memanjakan mata. Wisatawan disuguhi pasir putih yang indah dan bersih, serta panorama pantai yang alami dan alami sehingga tetap menjaga keindahannya. Suara deburan ombak yang tak henti-hentinya menghantam bebatuan menjadi fenomena yang memecah kesunyian.

Pantai Batu Alafan

Wisatawan bisa menikmati pantai ini sesuka hati, anehnya pantai di Pulau Simeulue ini bebas kunjungan wisatawan. Kemungkinan penyebabnya adalah kurangnya iklan, kurangnya informasi, dan sulitnya akses menuju Pulau Simeulue. Bagi sebagian orang, kondisi pantai yang belum banyak dikunjungi orang menjadi daya tarik tersendiri sehingga wisatawan bisa lebih leluasa menikmati keindahan pantai Batu Alafan.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah adanya batu karang besar di pinggir pantai yang menjorok ke laut. Batu karang ini juga memisahkan pantai di dekatnya yang tak kalah menawan. Wisatawan bisa menaiki batu tersebut dengan menggunakan tangga kayu sederhana. Untuk mendaki batu ini pengunjung harus berhati-hati karena jalannya sempit dan jika tidak hati-hati wisatawan bisa terpeleset dan terjatuh ke laut.

Di atas batu besar ini, pengunjung bisa menikmati hamparan lautan luas tanpa halangan sedikit pun. Wisatawan juga bisa merasakan sensasi deburan ombak yang menghantam batu karang saat berada di tepian batu karang. Batu yang sering disebut dengan batu Siambong-Ambong ini menjadi spot foto populer bagi para pelancong.

Keindahan Pantai Batu Alafan tidak hanya sebatas itu saja, air laut di pantai ini juga sangat jernih dan berwarna kebiruan. Dari atas batu tersebut, wisatawan bisa melihat dengan jelas keindahan alam bawah laut yang hidup di dalamnya. Saat senja tiba, pantai ini seolah semakin menampakkan pesonanya. Fenomena matahari terbenam yang indah akan menjadi panorama yang sempurna.

Fasilitas di Pantai Batu Alafan

Sayangnya fasilitas di Pantai Batu Alafan masih belum lengkap dan memadai. Faktanya, pantai ini belum memiliki sistem tiket masuk sehingga wisatawan bisa mengunjunginya dengan leluasa tanpa harus membayar tiket masuk. Tidak ada fasilitas umum seperti toilet atau musala di pantai ini. Untungnya di sekitar pantai terdapat area yang luas sehingga wisatawan dapat memarkir kendaraannya.

Di sekitar pantai ini wisatawan akan menjumpai warung-warung yang menjual berbagai kuliner lezat. Penjual olahan makanan laut seperti ikan bakar, cumi, kepiting, udang, dan lobster bisa dengan mudah Anda temukan di pinggir jalan. Harganya juga relatif murah, Anda hanya perlu merogoh kocek antara Rp. Dengan membayar Rp 10.000 hingga Rp 25.000, wisatawan sudah bisa menikmati seporsi hidangan yang bikin lidah bergetar.

Baca juga:

Jika ingin bermalam, banyak terdapat penginapan dan resort tepi pantai di Kota Sinabang. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 100.000 hingga jutaan rupiah. Hal ini tentunya sejalan dengan fasilitas yang ditawarkan. Pantai Batu Alafan merupakan destinasi wisata yang cukup menarik dan layak untuk dikunjungi. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai indah ini.

Menikmati keindahan pantai

Saat Anda berkunjung ke Pantai Batu Alafan, Anda akan disuguhkan dengan pantai eksotik yang memiliki pasir putih bersih namun tetap mempertahankan kealamiannya. Pantai ini sangat indah dan masih belum terjamah karena belum banyak terjamah wisatawan. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi luasnya laut biru.

Anda juga bisa mendatangi batu besar yang menjorok ke laut dan menikmati ganasnya ombak khas Samudera Hindia. Luasnya lautan menjadi semakin indah dari batu ini. Jernihnya air laut juga membuat Anda bisa lebih melihat ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang hidup di dasar laut. Keindahan pantai ini sangat cocok dinikmati saat liburan panjang.

Perburuan Foto

Pantai Batu Alafan juga menjadi tempat yang tepat jika Anda seorang fotografer amatir. Tempat ini memiliki beberapa objek menarik yang bisa Anda foto dengan kamera. Salah satu yang paling banyak dicari tentunya adalah batu besar unik yang sering disebut dengan batu Siambog Ambon. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen tersebut dengan mengambil foto di atas batu ini.

Anda bisa berjalan setiap jengkal pantai ini untuk mencari tempat dan objek lainnya. Luasnya pantai juga memudahkan wisatawan dalam mengambil foto. Pantai ini juga menjadi tempat yang tepat jika Anda sedang mencari objek wisata untuk foto prewedding. Tentu akan lebih menarik lagi jika foto prewedding Anda diambil di pantai yang mempesona.

Berkemah dan memancing

Anda juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar pantai ini. Jika Anda seorang pecinta alam dan menyukai petualangan di alam liar, maka cobalah menikmati malam di pantai indah ini. Di sore hari Anda juga bisa menikmati panorama matahari terbenam yang mempesona dari atas batu karang. Sambil menunggu malam, Anda bisa memancing di laut sebagai makan malam.

Ajak beberapa teman untuk camping di Pantai Batu Alafan karena anda akan mendapatkan pengalaman menarik yang mungkin tidak akan anda dapatkan di tempat lain. Saat malam tiba dan hawa dingin mulai datang, Anda dapat membuat api unggun, mengobrol, dan menikmati kebersamaan dengan orang-orang terdekat Anda.

Baca juga:

Jam buka Pantai Batu Alafan dan biaya masuk

Anda bisa mengunjungi objek wisata Pantai Batu Alafan pada pukul 09.00 hingga 17.00. Biaya masuknya sangat bervariasi antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Tips berwisata ke Pantai Batu Alafan

  • •Jika Anda berencana datang ke Simeulue dengan pesawat, pesanlah tiket jauh-jauh hari karena tiket pesawat ke kawasan ini cukup sulit didapat.
  • • Membawa pakaian ganti jika berencana berenang di Pantai Batu Alafan.
  • •Bawalah kamera karena sayang jika tidak mengabadikan keindahan pantai ini.
  • •Berhati-hatilah saat memanjat batu di pantai ini karena jalurnya sempit dan berbahaya.
  • •Berhati-hatilah saat berenang di pantai karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.
  • •Jaga kebersihan pantai dan jangan membuang sampah sembarangan dengan sampah plastik.
  • • Selalu menjaga tempat wisata dan tidak merusak keindahan tempat wisata.

Galeri foto pantai Batu Alafan

Potret Pantai Batu Alafan
Potret batu besar dan datar di pantai
Berburu foto di bebatuan
Potret pengunjung pantai di bebatuan
Sunset di pantai Batu Alafan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button