Tempat Wisata

Pantai Batu Berlayar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Aceh Selatan merupakan salah satu kabupaten dengan garis pantai terpanjang di Provinsi Aceh. Tak heran jika kabupaten yang beribukota Tapak Tuan ini memiliki sejumlah objek wisata pantai dengan pesona yang mempesona. Pantai Batu Berlayar adalah salah satunya. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini sangat unik karena dipenuhi bebatuan yang sangat besar.

Pantai Batu Berlayar menawarkan keindahan pantai yang eksotik serta keunikan bebatuan besar yang tersebar di pinggir pantai. Selain itu, keindahan pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena puluhan pohon kelapa tumbuh subur di sepanjang pantai. Karena keunikannya, tempat ini juga sering digunakan wisatawan untuk berburu foto.

Pantai Batu Berlayar

Secara administratif Pantai Batu Berlayar terletak di Gampong Gunung Cut, Kecamatan Sama Dua, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Untuk mencapai pantai ini wisatawan harus menempuh jarak setidaknya sekitar 18 kilometer atau 30 menit berkendara dari Kota Tapak Tuan.

Lokasi Pantai Batu Berlayar cukup sulit dijangkau, wisatawan harus melewati perbukitan terlebih dahulu sebelum sampai di pantai ini. Selain itu, kondisi jalan yang menjadi akses utama menuju pantai juga kurang bagus dan hanya bisa digunakan oleh sepeda motor atau sepeda. Mungkin itu sebabnya pantai di Aceh Selatan ini masih sepi.

Pesona Pantai Batu Berlayar

Setelah melewati perbukitan dengan medan yang cukup sulit, wisatawan disuguhkan pantai kecil dengan bebatuan besar. Ya, inilah pantai Batu Berlayar yang keindahannya tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Pulau Batu Berlayar yang ada di Belitung. Pantai ini begitu eksotik, dihiasi pepohonan kelapa yang menari-nari tertiup angin.

Asal usul nama “Batu Layar” berasal dari adanya sebuah batu besar menyerupai kapal layar yang ditemukan di dekat pantai. Nama pantai ini juga tercermin dari sebuah legenda yang diyakini masyarakat yaitu legenda Putri Naga yang mengatakan bahwa pada masa lalu batu-batuan berlayar seperti kapal dan hinggap di pinggir pantai.

Pantai Batu Berlayar

Berbeda dengan pantai lainnya, bibir pantai di pantai ini tidak terlalu lebar. Jadi jangan berharap bisa bermain pasir atau berjalan-jalan menikmati pantai dengan pasir putihnya. Karena pantai Batu Berlayar berukuran kecil, maka tertutupi oleh air laut saat air pasang. Hanya bebatuan besar yang tersisa untuk dilihat wisatawan.

Kawasan sekitar pantai juga dikelilingi perbukitan sehingga tampak rindang karena hijaunya pepohonan. Nuansa asri dan alami baru bisa dirasakan ketika wisatawan tiba di pantai Batu Berlayar. Pengunjung pantai bisa mencari perlindungan di bawah pepohonan saat matahari bersinar cerah di siang hari.

Ciri-ciri air laut di pantai ini cukup jernih dengan warna kebiruan dan ombaknya cukup ganas. Wisatawan disarankan untuk tidak berenang di pantai karena dapat membahayakan keselamatan jiwa. Namun jika Anda hanya bermain air di pinggir pantai tentu saja diperbolehkan.

Tempat ini juga merupakan tempat memancing yang populer bagi penduduk setempat. Terdapat berbagai jenis ikan laut di Pantai Batu Berlayar. Bebatuan granit besar yang melapisi pantai juga sering digunakan para pemancing untuk melemparkan alat pancingnya.

Keindahan Pantai Batu Berlayar memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai di Aceh Selatan ini. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang mempesona dan keunikan bebatuan besar yang menjadi nilai jualnya. Tempat wisata ini bahkan sempat dipuji oleh putra Pak Soekarno, Guruh Soekarno Putra, saat berkunjung ke Aceh Selatan.

Fasilitas di Pantai Batu Berlayar

Fasilitas yang ada di Pantai Batu Berlayar masih sangat kurang, masih belum tersedianya fasilitas penunjang seperti toilet, kamar mandi, musala maupun warung makan di sekitar pantai. Jalan menuju pantai juga dinilai buruk sehingga menyulitkan wisatawan untuk mencapai resor pantai.

Diharapkan pemerintah setempat turun tangan untuk mengelola pantai ini dengan lebih baik kedepannya. Pantai Batu Berlayar mempunyai daya tarik yang mampu menarik wisatawan dari luar kota maupun luar negeri.

Baca juga: Puncak Geurutee, fenomena keindahan lautan dari puncak gunung

Meski fasilitasnya masih minim, namun keindahan Pantai Batu Berlayar tetap menarik untuk dikunjungi. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda pecinta pantai, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir ke Pantai Batu Berlayar saat berada di Aceh. Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang indah dengan air laut yang jernih dan batu-batu granit besar yang menghiasi pantai. Puluhan pohon kelapa dan perbukitan hijau menemani Anda kapan pun berada di pantai ini.

Di pantai ini Anda bisa bermain air dan merasakan segarnya hembusan udara dari laut. Namun jangan berenang karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Anda juga bisa bersantai di bawah pohon atau duduk di atas batu besar sambil menikmati hamparan lautan luas. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan diri dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Perburuan Foto

Tak lengkap rasanya jika mampir ke Pantai Batu Berlayar namun tidak mengabadikan momen langka tersebut. Saat berlibur di pantai ini, berfoto sepertinya menjadi sebuah kebutuhan. Dengan latar bebatuan unik dan lautan luas, Anda bisa bersenang-senang berlatih narsisme. Anda dapat melakukan banyak pose tanpa kehilangan gaya.

Tempat ini menjadi populer di kalangan anak muda yang mencari foto. Tak sedikit orang yang singgah ke pantai hanya karena mencari sesuatu untuk difoto. Jangan lupa siapkan kamera atau smartphone anda sebelum menuju Pantai Batu Berlayar.

Memancing di pantai

Pantai ini tidak hanya menawarkan panorama yang luar biasa, tetapi juga merupakan tempat memancing yang populer bagi penduduk lokal dan wisatawan dari kota. Di pantai yang indah ini Anda dapat meningkatkan keterampilan melempar kail Anda. Namun jangan lupa untuk membawa perlengkapan memancing seperti umpan dan kail karena tidak ada persewaan peralatan memancing di pantai ini.

Anda bisa mencari beberapa ikan laut di sini seperti kerapu, bonito, baronang dan masih banyak lagi. Usai memancing, Anda juga bisa langsung menyantap ikannya dengan cara dibakar di pinggir pantai. Tentu sangat seru menikmati ikan-ikan segar ditemani lautan luas dan semilir angin sepoi-sepoi.

Jam buka Pantai Batu Berlayar dan biaya masuk

Anda bisa mengunjungi objek wisata Pantai Batu Berlayar kapan saja karena buka selama 24 jam. Tiket masuk ke Pantai Batu Berlayar bagi wisatawan sepenuhnya gratis alias gratis.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik yang Wajib Dilihat

Tips Menuju Pantai Batu Berlayar

  • Berhati-hatilah saat berkendara ke pantai karena kondisi jalan buruk.
  • Disarankan untuk membawa sepeda motor karena akan memudahkan perjalanan menuju pantai.
  • Jangan berenang di pantai karena ombaknya terkadang ganas.
  • Selalu jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri foto pantai Batu Berlayar

Selamat datang di Pantai Batu Berlayar
Potret indahnya pantai Batu Berlayar
Potret pengunjung
Spot foto di bebatuan besar
Berenang di air pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button