Tempat Wisata

Pantai Batu Tumpeng, pantai pasir hitam yang indah di Klungkung

Tertarik untuk liburan di Bali? Tidak ada salahnya mengunjungi kawasan Klungkung. Ada pantai yang indah bernama Pantai Batu Tumpeng.

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: J L. Gelgel-Batu Tumpeng, Gelgel, Kec. Klungkung, Taksi Klungkung, Bali; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Pantai Batu Tumpeng mungkin terlihat asing bagi sebagian orang. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, asri dan terjaga kebersihannya. Warga sekitar sering mengadakan bersih-bersih di pantai ini. Kealamian pantainya tetap terjaga. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan penyu yang sering memanfaatkan pantai ini sebagai tempat bertelur.

Salah satu pantai di kawasan Klungkung ini juga dijadikan sebagai tempat surfing di Bali. Selain itu, pantai populer ini sering dikunjungi pada sore hari untuk menikmati indahnya matahari terbenam dari pantai. Banyak juga yang datang ke sini untuk sekedar duduk santai dan berswafoto di pantai ini.

Padahal, Kabupaten Klungkung menawarkan banyak wisata terkenal. Namun keindahan pantai ini tidak kalah menarik dengan beberapa wisata lain yang ada disana seperti Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Lalu apa daya tarik di pantai ini? Fasilitas apa saja yang ada? Simak pembahasannya di bawah ini.

Promo hotel di Klungkung Bali

Atraksi yang ditawarkan Pantai Batu Tumpeng

Fasilitas di Pantai Batu TumpengFoto: Google Maps/Antoine Estrugo

Terkenal dengan banyaknya pantai yang indah, Bali menjadi tujuan wisata pilihan banyak orang, baik lokal maupun mancanegara. Dapat dilihat bahwa Bali adalah primadona tujuan wisata pantai karena setiap pantai memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Salah satunya adalah Pantai Batu Tumpeng yang memiliki pantai pasir hitam yang tidak terlalu luas dan cukup dekat antara pantai dan laut. Di pantai ini Anda akan menemukan batu-batu besar yang sengaja didirikan oleh pemerintah setempat untuk memecah ombak. Daya tarik apa yang dimiliki pantai ini?

✦ Pemandangan pantai yang indah

Meski pantai ini terdengar cukup asing, faktanya jumlah wisatawan terus meningkat dari waktu ke waktu. Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke pantai ini kebanyakan adalah masyarakat lokal dan wisatawan lokal. Sebagian besar wisatawan datang hanya untuk mencari spot foto menarik yang ditawarkan pantai ini.

Juga, jika sebelum matahari terbenam (matahari terbenam), Pantai Batu Tumpeng menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Karena itu, banyak orang mengunjungi pantai ini pada sore hari. Pantai ini memiliki pesona sunset yang indah tak kalah indahnya dengan di Tanah Lot atau Pantai Double Six.

Excursion 3 titik snorkeling di Nusa Penida dan Nusa Lembongan

✦ Pilihan lokasi berselancar

Pantai ini adalah salah satu pantai paling populer yang pernah ada berselancar di Bali. Pantai cantik di Klungkung ini memiliki ombak yang cukup tinggi untuk menggoda para peselancar untuk mencobanya. Ombaknya yang cukup tinggi menguji adrenalin siapa saja yang ingin berselancar di pantai ini.

Peselancar yang datang ke pantai ini hanya perlu memarkir kendaraannya di sebelah Pura Segara Batu Tumpeng. Kemudian cukup berjalan ke timur menyusuri pantai untuk mencapai titik ombak terbaik yang dimiliki pantai ini. Wisatawan yang datang ke sini untuk berselancar bisa menikmati ombak yang cukup besar.

✦ Tempat Peletakan Penyu di Bali

Suasana alami pantai ini sangat terasa dengan keberadaan penyu yang kerap menjadikan pantai ini sebagai tempat bertelur. Untuk menjaga kenyamanan dan habitat penyu tersebut, pemerintah setempat telah memasang rambu-rambu di sekitar pantai yang mengimbau agar pantai ini sering menjadi persinggahan penyu.

Alasan kenapa dijadikan tempat penyu bertelur karena pantai ini masih alami dan belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Jika beruntung, Anda bisa menyusuri pantai ini dan melihat penyu bertelur. Ini akan menjadi pengalaman yang langka dan tak terlupakan.

Tur mega ponton satu hari ke Nusa Penida

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Batu TumpengFoto: Google Maps/Jo Taeho

Pantai Batu Tumpeng terletak di Desa Gelgel, Kec. Klungkung, Cab.Klungkung, Bali. Tepatnya, pantai indah ini dekat dengan Masjid Nurul Huda, masjid bersejarah sekaligus masjid tertua di Pulau Bali. Setelah masjid ini hanya sekitar 10 menit dengan mobil untuk mencapai pantai ini.

Untuk menikmati panorama pantai yang sangat indah ini tidak dipungut biaya alias gratis. Oleh karena itu, pantai ini cocok sebagai tujuan wisata murah. Selain itu, pantai ini buka 24 jam sehari, sehingga semua orang bisa menikmati pemandangan indah yang ditawarkannya.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas seru di Pantai Batu TumpengFoto: Google Maps/Yassine Drk

Suasana pantai yang tidak begitu ramai didukung dengan udara yang segar dan alami membuat setiap orang yang berada di pantai ini merasa nyaman dan betah berlama-lama. Pantai ini juga dijadikan salah satu pantai pilihan untuk menikmati pemandangan indah saat matahari terbenam (matahari terbenam). Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana.

1. berselancar (Berselancar)

Perlu dicatat bahwa Pantai Batu Tumpeng merupakan salah satu pantai pilihan para peselancar, meski jumlah peselancar yang datang ke sini tidak terlalu banyak. Namun, pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Ombak pantainya cukup menantang dan akan menguji keberanian siapa saja yang mencobanya.

2. Berjalan-jalan di sekitar Pantai Batu Tumpeng

Di Pantai Batu Tumpeng terdapat jalur khusus pejalan kaki yang terdiri dari bebatuan sepanjang kurang lebih 3 km. Jejak khusus ini menjadi pilihan banyak wisatawan yang menggunakannya untuk jalan-jalan santai atau berolahraga Joging di pagi dan sore hari.

3. Menikmati sunset yang indah

Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset sore hari. Tak heran jika pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal pada sore hari. Pesona keindahan yang disuguhkan tak jauh berbeda dengan pantai-pantai hits lainnya di Bali. Wisatawan bisa jalan-jalan santai sambil menikmati indahnya pemandangan sore di pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Daya Tarik Pantai Batu TumpengFoto: Google Maps/Ame Mie

Karena keberadaan pantai ini belum banyak diketahui wisatawan dan belum banyak wisatawan yang mengunjunginya, maka bisa dikatakan fasilitas yang tersedia disana masih minim. Namun, bagi wisatawan yang mencari tempat makan, tersedia beberapa warung sembako. Belum ada akomodasi yang tersedia di pantai ini.

Sebagai solusinya, wisatawan bisa memilih menginap di Nusa Penida atau Nusa Lembongan. Untuk transportasi, wisatawan yang tidak membawa kendaraan tidak perlu khawatir karena di kawasan Klungk banyak terdapat persewaan sepeda motor dan mobil. Namun seringkali pilihan jatuh pada rental motor karena harganya yang murah.

Menurut pemerintah kota setempat, pengembangan destinasi wisata sudah lama diusulkan ke instansi terkait. Mengingat potensi yang dimiliki pantai ini cukup bagus, terutama sebagai lokasi berselancar. Utamanya mengusulkan pengembangan fasilitas penunjang seperti tempat parkir, toilet dan penataan pedagang kaki lima agar dapat dikelola dengan baik.

Karena fasilitasnya yang terbilang minim, Pantai Batu Tumpeng sangat cocok untuk jalan-jalan santai sambil melihat panorama indah yang ditawarkannya. Namun perlu diingat bahwa karena pantai ini merupakan tempat penangkaran penyu, setiap orang yang mengunjunginya wajib menjaga kebersihan dan keindahannya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button