Tempat Wisata

Pantai Bedul: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Banyuwangi memiliki keistimewaan tersendiri karena letak geografisnya yang membawa banyak tempat wisata alam seperti taman nasional atau pantai yang indah ke kabupaten ini. Anda tidak perlu berkendara jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan. Ada banyak wisata bahari di Banyuwangi yang namanya sudah terkenal di kalangan pecinta travel. Seperti pantai yang satu ini, sayang jika dilewatkan jika datang ke lingkungan yang terkenal dengan tarian Gandrungnya.

Pantai Bedul merupakan objek wisata di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Sumberasri, Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi Anda yang sangat menyukai suasana di pantai, datang ke sana merupakan keputusan yang tepat. Tempat ini juga ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri, terutama saat lebaran atau liburan sekolah.

Sesampainya di sana, pemandangan pantai yang menarik dan indah menanti Anda, seperti dengan pasir pantai berwarna putih kecoklatan yang seolah mengajak Anda untuk bermain. Laut biru jernih juga terbentang di depan Anda dan semakin berkilauan di bawah sinar matahari. Karena ombak di sini tidak terlalu tinggi, Anda juga bisa bermain di dekat laut dan merasakan sejuknya air sambil memandangi pemandangan di sekitar Anda.

Selain itu, disini juga terdapat hutan mangrove yang rindang dan asri, oleh karena itu tempat wisata ini disebut juga dengan Wisata Mangrove Bedul. Sejauh mata memandang Anda akan melihat tanaman bakau yang rimbun menaungi blok bedul. Blok Bedul sendiri terletak di hilir DAS Stail dan sungainya bermuara di rawa payau. Nama Bedul sendiri diambil karena banyak terdapat ikan Bedulf di kawasan sekitar Segoro Anakan Bedul. Ikan bedul sendiri merupakan jenis ikan gabus yang memiliki sirip di punggungnya.

Obyek wisata pantai milik Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ini terus berkembang sejak tahun 2009, sehingga di kawasan hutan mangrove ini Anda juga bisa menemukan berbagai spesies hewan. Hewan yang hidup di sana antara lain monyet, biawak, burung bangau, elang ekor putih, dan blibis. Bahkan di bulan-bulan tertentu, Anda juga bisa melihat kingfishers suci, penyu, dll yang bermigrasi dari Australia.

Fasilitas di Pantai Bedul

Sebagai salah satu obyek wisata yang dikembangkan dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya karena disini sudah terdapat beberapa fasilitas seperti:

– Lahan untuk berkemah

Daripada harus mencari tempat untuk menginap, anda bisa membawa perlengkapan camping dari rumah dan mendirikan tenda disini karena tentunya camping di pinggir pantai sangat menyenangkan dan menyenangkan serta menambah pengalaman anda menikmati Pantai Bedul secara maksimal.

– Bilik atau tempat makan

Jangan khawatir Anda akan kelaparan jika datang ke sini tetapi tidak membawa makanan dan minuman. Di sekitar pantai ini Anda akan menemukan berbagai warung yang sebagian besar milik masyarakat setempat menjual makanan dan minuman.

– Kamar mandi umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di pantai ini anda tidak perlu bingung lagi ketika mencari toilet umum karena di kawasan ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan. jika perlu perlu.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir mobil yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri.

– Paviliun

Setelah puas berjalan melintasi jembatan kayu yang terbentang di antara hutan bakau, Anda bisa duduk di paviliun yang telah disediakan pengelola di sana. Sambil menikmati makanan dan minuman yang dibawa, Anda bisa menikmati pemandangan yang disuguhkan untuk Anda.

– Kamar untuk menginap

Bagi Anda yang ingin menginap di sana, tersedia beberapa pilihan penginapan dengan harga yang berbeda-beda, namun tetap terjangkau untuk kantong Anda.

Berburu foto di Pantai Bedul

Saat Anda sedang berlibur di sebuah objek wisata, tidak berfoto atau selfie di tempat tersebut terasa kurang lengkap. Tentunya selain sebagai memori, Anda juga bisa memajang foto Anda di berbagai media sosial yang Anda miliki. Kini di Pantai Bedul, Anda bisa mengabadikan momen seru dan seru bersama kerabat atau sahabat sepuasnya sambil bermain pasir pantai, jalan-jalan kesana, bermain di laut, bahkan bermain pasir bersama anak Anda. . Seperti yang sudah disebutkan di atas, di tempat ini juga terdapat banyak pepohonan rindang yang bisa kamu jadikan spot foto yang menarik. Jika memilih menunggu hingga sore hari, Anda juga bisa mengambil foto cantik pemandangan langit jingga bercampur birunya lautan saat matahari baru saja akan mencapai peristirahatannya. Jika Anda berjalan melintasi jembatan kayu di antara hutan bakau, Anda juga bisa berfoto di sana karena tempat ini memang menjadi spot yang populer bagi wisatawan yang datang ke sana.

Baca Juga: Sumur Daksan, Temui Salah Satu Tempat Bersejarah di Madura

Akses jalan menuju Pantai Bedul

Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil untuk menuju Pantai Bedul. Rute mengarah ke selatan dari pusat kota Banyuwangi menuju Taman Nasional Alas Purwo. Selama perjalanan, Anda akan melewati Jalan Raya Banyuwangi-Jember, pertigaan Srono, Jalan Srono, Jalan Raya Grajagan dan sampai di pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo dari Blok Bedul. Kondisi jalan dari pusat kota Banyuwangi hingga pinggiran Srono cukup lebar, namun lambat laun semakin sempit dan mudah di pintu masuk jalur penghubung Srono-Grajagan hingga pintu masuk taman nasional.

Biaya masuk ke Pantai Bedul

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Pantai Bedul

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

Tips Wisata ke Pantai Bedul

  • Pastikan kondisi kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Jangan membuang sampah di area pantai
  • Siapkan kamera Anda

Galeri Foto Pantai Bedul

Pantai Bedul
Gambar dari dermaga di Pantai Bedul
Tembakan dermaga saat air surut
Spot foto di dermaga
Potret keindahan Pantai Bedul

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button