Tempat Wisata

Pantai Bersejarah Batubara, keindahan tersembunyi dengan cerita masa lalu di Sumatera Utara

Jelajahi pantai bersejarah di Batubara, destinasi pantai yang memadukan pesona alam tropis dengan kisah sejarah, menawarkan pengalaman unik bagi setiap pengunjung.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Guntung, Kec. Lima Puluh, Kab.Batu Bara, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Tentunya bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Pantai Bersejarah Batubara, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu keistimewaan pantai ini. Karena dengan mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata pantai ini, Anda tidak akan ragu lagi untuk mengunjunginya. Untuk itu kami sajikan beberapa informasi penting mengenai pantai bersejarah di bawah ini.

Pesona Pantai Sejarah Batubara

Pesona Pantai Sejarah BatubaraFoto oleh History Beach, Batubara di Instagram

Pantai History merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah dan mempesona. Pantai ini tidak hanya terkenal karena keindahannya, tetapi juga merupakan tempat yang menyimpan cerita penting dari masa lalu. Harga tiket wisata pantai ini tergolong murah sehingga tidak heran jika banyak orang yang memilih pantai ini sebagai tempat berlibur.

Kondisi pantai ini juga cukup bersih sehingga sangat cocok untuk piknik keluarga. Jadi jika Anda ingin mengunjungi pantai ini di akhir pekan atau hari libur harus bersabar karena pantai ini banyak dikunjungi orang. Jadi jika Anda ingin menikmati suasana tenang pantai ini, hindari mengunjungi pantai tersebut saat berlibur.

Pantai bersejarah ini terletak di desa Perupuk di kecamatan. Lima Puluh, Kab. Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, terletak sekitar 20 km dari kota Batu Bara. Bagi yang ingin berkunjung ke pantai ini bisa melalui jalur Kuala Tanjung, jalur Simpang Gambus dan juga jalur Sei Bejangkar. Akses jalan menuju tempat wisata pantai ini cukup baik dan dapat diakses dengan berbagai kendaraan pribadi.

History Beach buka dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam. Waktu yang cocok untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pukul 15.00 hingga 17.30 sore karena cuacanya tidak terlalu panas. Selain itu, mengunjungi pantai ini pada sore hari juga akan memberi Anda kesempatan untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang sungguh menakjubkan.

Namun jika Anda berencana untuk berenang di pantai ini, ada baiknya Anda berkunjung pada pagi atau sore hari. Pasalnya, kondisi air laut masih normal pada pagi dan sore hari sehingga tidak terjadi air pasang sehingga relatif aman untuk berenang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Sejarah BatubaraFoto oleh Dream Team di Google Maps

Fasilitas yang ada di Pantai Bersejarah cukup lengkap sehingga pengunjung akan merasa nyaman berada di pantai ini. Misalnya saja toilet, tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan besar seperti bus dan juga tempat makan yang menawarkan berbagai makanan lezat yang pasti akan memuaskan rasa lapar Anda.

Selain itu, pantai bersejarah di Batubara ini memiliki beberapa spot foto unik yang bisa Anda jadikan latar belakang saat mengambil foto. Dengan spot foto unik yang disediakan pihak pengelola pantai, foto Anda akan semakin menarik jika diunggah ke situs media sosial. Pantai ini juga dilengkapi dengan gazebo dimana anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan pantai ketika lelah bermain.

Namun untuk menggunakan fasilitas pendopo harus menyewanya terlebih dahulu. Harga sewa paviliun ini cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak uang hanya untuk menikmati fasilitas paviliun.

Di pantai ini juga banyak terdapat pedagang yang menjual berbagai makanan khas dan aksesorisnya. Jadi jika Anda berencana membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga atau teman, Anda bisa membelinya di sana. Oleh-oleh tersebut tidak hanya bisa Anda berikan kepada orang lain saja, namun Anda juga bisa memberikannya kepada diri Anda sendiri sebagai kenang-kenangan akan kunjungan Anda ke tempat ini.

Tempat wisata dekat pantai bersejarah

Tempat wisata dekat pantai bersejarahFoto oleh Ini_Syahido di Instagram

Selain Pantai Bersejarah Batubara, rupanya ada beberapa tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Jadi tempat wisata yang bisa anda kunjungi adalah sebagai berikut :

1. Desa Jepang

Objek wisata pertama yang wajib Anda kunjungi di Pantai Bersejarah adalah Desa Jepang. Desa ini selain indah juga unik karena merupakan tempat bersejarah peninggalan zaman penjajahan Jepang. Salah satu peninggalan Jepang yang paling terkenal di desa ini adalah bunker yang dibangun pada tahun 1942.

Jumlah bunker yang ada di lokasi ini sebenarnya ada 7 buah, namun hanya 2 buah yang boleh dikunjungi pengunjung. Kebijakan ini demi keselamatan pengunjung itu sendiri, oleh karena itu demi keamanan, ikutilah peraturan pihak manajemen dan hanya mengunjungi bunker yang telah disetujui.

Jadi, kamu tidak hanya bisa mengunjungi Bunker Budaya Jepang saja, tapi kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan bunga sakura di desa ini sambil piknik bersama teman dan keluarga. Untuk menambah suasana Jepang, Anda bisa menyewa kimono dari pengelola objek wisata.

Harga sewa kimono tidak terlalu mahal. Satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan saat mengenakan kimono sewaan adalah Anda harus berhati-hati agar tidak kotor atau rusak. Sebab jika kimono yang Anda sewa kotor dan rusak maka Anda harus membayar denda dan ganti rugi.

Sedikit tips: Saat mengenakan kimono, jangan duduk sembarang, termasuk saat makan. Sebab kedua hal tersebut meningkatkan potensi atau kemungkinan kimono yang Anda kenakan menjadi lebih kotor.

2. Taman Bakau

Tempat wisata dekat Pantai Bersejarah berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Taman Mangrove. Dari namanya tentu saja anda tahu bahwa tempat ini merupakan hutan bakau yang membentang di sekitar pantai. Meski hanya berupa hutan bakau, namun tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat eksotis dengan perpaduan hijau pepohonan dengan birunya air laut dan langit.

Dengan pemandangan yang eksotis, hutan bakau tentunya sangat cocok dijadikan latar berfoto. Tak hanya bisa menikmati pemandangan indah, Anda juga bisa mempelajari flora dan fauna di kawasan ini.

3. Pantai Alam Datuk

Objek wisata dekat Pantai Bersejarah terakhir yang juga patut Anda kunjungi adalah Pantai Alam Datuk. Pantai Alam Datuk mempunyai segudang keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini terletak di Desa Kwala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

Jam buka pantai ini adalah hari Senin mulai pukul 08.30 hingga 18.00. Pada hari Minggu pantai ini buka lebih lama yaitu pada pukul 08.30 dan tutup pada pukul 19.30. Kelebihan pantai ini selain pemandangannya yang indah, menawarkan berbagai jenis wahana keluar. Selain berkesempatan berenang di pinggir pantai, pengunjung juga bisa mencoba berbagai permainan yang akan membuat liburan semakin menarik.

Nah itulah informasi yang perlu Anda ketahui tentang pantai bersejarah di Batubara. Semoga informasi yang diberikan diatas dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang berencana mengunjungi objek wisata pantai populer di Batubara ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button