Tempat Wisata

Pantai Bidara, pantai yang indah dengan tempat terbaik untuk menikmati sunset di Kulon Progo

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pantai J L. Bugel, Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Cab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Untuk menghabiskan masa liburan yang cukup panjang, Anda perlu memilih tempat wisata untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi liburan seru dan menyenangkan adalah Pantai Bidara di Kulon Progo, Jogja.

Yang pasti semua tempat wisata pasti memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan tempat wisata lainnya. Ada banyak tempat wisata di Kulon Progo. Beberapa tempat wisata yang ada memiliki keindahan alam yang mempesona.

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kawasan yang sangat cocok bagi Anda untuk merelaksasikan pikiran. Tak hanya itu, di tempat wisata yang satu ini Anda juga bisa menikmati makanan enak dan membeli kerajinan tangan yang dijual di kawasan pantai.

Daya Tarik Pantai Bidara

Objek wisata Pantai BidaraSumber gambar: Google Maps Nugroho Arie.n

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan wisata pantai yang menyenangkan, Anda perlu mengetahui beberapa daya tarik yang ditawarkan tempat ini. Jika Anda tertarik dengan Pantai Bidara, berikut beberapa hal menarik yang bisa Anda temukan di sana.

1. Pertapaan Sultan Hamengkubuwono IX

Atraksi pertama yang bisa Anda temukan antara lain adalah tempat bersemedi Sultan Hamengkubuwono IX. Pantai yang digunakan sebagai tempat meditasi ini memberikan status sakral bagi masyarakat Yogyakarta, lebih tepatnya.

Wisata pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk meditasi. Ini karena pantai ini memiliki suasana yang tenang dan damai. Saat ini pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin refreshing atau berobat untuk menghilangkan penat.

2. Pohon dengan berbagai manfaat

Pepohonan dengan berbagai manfaat yang ada di Pantai Bidara menjadi salah satu daya tarik yang harus Anda ketahui. Pepohonan atau tumbuhan yang tumbuh di sekitar pantai sangat populer atau sering terdengar oleh kebanyakan orang.

Nama pantai ini sendiri berasal dari banyaknya pohon bidara yang tumbuh disekitar pantai. Dipercaya oleh masyarakat setempat bahwa pohon bidara ini memiliki banyak khasiat, dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan kaya akan manfaat.

3. Ada sumur tua

Atraksi selanjutnya adalah adanya sumur tua. Konon sumur kuno ini sering digunakan sebagai tempat kegiatan ritual. Pengunjung yang berkunjung ke kawasan pantai ini pasti diperbolehkan untuk melihat mata air yang cukup sakral ini.

4. Gerakan CHSE

Gerakan CHSE adalah daya tarik lain di kawasan pesisir. Gerakan CHSE berarti Gerakan Bersih, Sehat, Aman dan Lingkungan. Gerakan ini dirancang untuk membuat pengunjung merasa aman dan nyaman.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak yang mampu mengembangkan wisata pantai ini. Sebuah kegiatan positif yang menyadarkan setiap orang yang terlibat atau pengunjung dengan wisata yang aman, bersih dan sehat yang berada di kawasan tersebut.

5. Tempat tumbuh melon

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Pantai Bidara antara lain adalah tempat menanam melon. Di kawasan wisata yang satu ini, pengunjung bisa ikut serta dalam proses menanam atau memetik buah melon yang sudah matang.

Memetik buah melon dari pohonnya pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, apalagi jika Anda berkunjung bersama si kecil.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai BidaraKredit foto: Google Maps zulvrianas

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Bidara secara langsung, Anda bisa langsung mengunjungi Jalan Pantai Bugel, Gumuk Waru, Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Untuk mencapai resor pantai ini cukup mudah. Mengunjungi Desa Bugel membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat Kota Wates. Kawasan pantai ini berjarak sekitar 200 meter di sebelah barat Pantai Bugel.

Saat memasuki kawasan pantai, pengunjung akan melihat Gerbang Jingking yang terletak di pintu masuk. Jingking adalah spesies kepiting yang hidup di pantai berpasir dan dapat ditemukan di sepanjang pantai selatan Yogyakarta.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Setelah mengetahui rute menuju pantai, Anda akan diberikan informasi tentang biaya masuk. Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 untuk menikmati yang menarik di kawasan pantai. Termasuk tempat terbaik untuk menikmati sunset di Kulon Progo.

Selain itu, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp3.000 untuk parkir sepeda motor. Bagi Anda yang membawa mobil, Anda perlu membayar Rp 5.000.

Kawasan pantai ini biasanya buka selama 24 jam, namun sebaiknya Anda datang dari pukul 06:00 hingga 18:00. Jika Anda berencana untuk tinggal atau berkemah, Anda harus menghubungi manajer untuk petunjuk arah.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Bidara

Aktivitas seru di Pantai BidaraKredit foto: Google Maps santi Ambar

Tidak hanya itu, sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata apa saja yang ada di Pantai Bidara. Sehingga Anda perlu mencari berbagai informasi tentang kegiatan yang menarik bagi Anda. Beragam aktivitas menyenangkan bisa dinikmati di resor pantai ini.

1. Bermain air dan berenang

Di kawasan pantai, pengunjung tentu ingin bermain air, berenang, atau sekadar bersantai dan melepas penat. Bermain air dan pasir di Pantai Bidara merupakan kegiatan yang menarik.

Dengan tekstur pasir yang lembut dan ombak yang tenang, aktivitas Anda di pantai cantik ini tentu akan semakin seru.

2. Lihat matahari terbenam atau matahari terbit

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Bidara adalah menyaksikan matahari terbenam atau matahari terbit dengan pemandangan yang indah. Anda dapat melihat matahari terbenam jika Anda mengunjungi pantai pada sore hari dari jam 5 sore sampai jam 6 sore.

Jika ingin melihat matahari terbit. Oleh karena itu, Anda perlu mengunjungi tempat wisata pantai mulai pukul 05.00 hingga 06.00 pagi.

3. Pelatihan pembuatan garam

Sebagai pantai yang dikembangkan untuk wisata bahari, Pantai Bidara menawarkan pengunjung wisata edukasi pembuatan sistem terowongan garam. Sistem ini merupakan metode produksi garam terbaru yang berhubungan dengan produksi garam pada musim hujan.

4. Penampungan satwa muda

Pengunjung juga bisa datang ke Rumah Konservasi Tukik untuk belajar tentang konservasi. Kegiatan ini merupakan upaya untuk melestarikan keberadaan penyu.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Bidara

Fasilitas Pantai BidaraSumber Gambar: Google Maps Sutarman Ganang

Ada banyak fasilitas yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati waktu mereka di kawasan pantai ini. Fasilitas yang bisa Anda gunakan antara lain warung makan, toilet, spot foto, tempat parkir yang cukup luas, mushola dan lainnya.

Ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui Pantai Bidara terletak di Kulonprogo. Berkunjung ke pantai tentunya akan membawa keseruan tersendiri, apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau teman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button