Tempat Wisata

Pantai Bulbul, pantai indah dengan pesona pasir putih di Toba

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lumban Bulbul, Kec. Balige, Cab.Toba, Sumatera Utara; Map: pemeriksaan situs

Pernahkah Anda mendengar tentang Pantai Bulbul? Inilah tempat wisata yang indah di Pulau Sumatera tepatnya di Kabupaten Toba. Apa yang membedakan destinasi pantai ini dengan destinasi lainnya? Alasan apa yang dapat memotivasi orang untuk datang ke sini?

Namun seringkali terdapat pantai-pantai indah di Indonesia, karena letak geografisnya yang didominasi oleh perairan. Artinya, objek wisata bahari di negeri ini banyak sekali, sehingga sering kali muncul kebosanan dan keinginan akan suasana baru di kalangan masyarakat.

Namun jangan terlalu terburu-buru, karena Desa Lumban Bulbul memiliki potensi yang sedikit berbeda. Alih-alih pantai dengan air laut asin, hamparan air tawar menanti pengunjung di sini. Meski namanya pantai, keadaannya agak berbeda, karena letaknya tidak jauh dari bibir pantai Danau Toba.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Bulbul

Objek wisata Pantai BulbulFoto oleh Dedi Kelvin di Google Maps

✦ Air Tawar

Namanya sebenarnya adalah pantai, namun situasinya berbeda dengan situasi umum yang biasa ditemui ketika mengunjungi objek wisata bahari. Alih-alih air asin yang terkadang membuat mata Anda perih untuk berlama-lama, Pantai Bulbul menawarkan keunikan tersendiri.

Letaknya yang tidak jauh dari bibir pantai Danau Toba memberikan rasa segar pada air yang tergenang di tempat ini. Namun, bukan berarti Anda tidak akan menemukan pasir, kerikil, dan barang sehari-hari lainnya yang biasa ditemukan di lokasi pantai.

Selain airnya yang tawar, selebihnya kondisinya tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Kebetulan tawaran itu menjadi argumen yang meyakinkan, bukan?

Apakah Anda ingin mencoba berenang di pantai beraroma laut? Segera datang ke desa Lumban Bulbul dan manfaatkan kesempatan langka ini untuk bersenang-senang.

Kabar baik lainnya adalah air di destinasi mempesona ini agak dangkal, diperkirakan tidak lebih dari setinggi pinggang orang dewasa. Artinya, baik anak kecil maupun orang tua dapat menghabiskan hari mereka dengan bahagia di sini. Cocok untuk liburan keluarga.

✦ Populasi pohon

Sedangkan untuk kondisi di sekitar Pantai Bulbul, Anda juga akan disuguhi pemandangan hijau berkat pepohonan yang berjejer di bibir pantai.

Pengunjung sering menggunakan kawasan pesisir sebagai tempat peristirahatan setelah lelah beraktivitas di air. Suasana teduh dengan semilir angin sepoi-sepoi akan mengusir penatmu.

Namun bukan berarti tidak ada aktivitas lain yang bisa dilakukan jika Anda memilih kawasan pesisir sebagai perhentian. Di lain kesempatan, Anda mungkin bisa menjadikannya sebagai media untuk berjemur dan menikmati waktu santai melihat-lihat.

Terakhir, kondisi pasir cukup halus untuk dijadikan alas langsung. Namun, jika Anda masih takut melukai diri sendiri, tak ada salahnya membawa tikar sebelum keluar rumah.

Melimpahnya tumbuhan di kawasan eksotis ini memberikan suasana yang sedikit sejuk. Saat terik matahari dapat diminimalkan agar cahaya tidak langsung memenuhi area sekitar. Pada dasarnya, pantai cantik di tepi Danau Toba ini layak dipertimbangkan sebagai pilihan akhir pekan yang santai.

✦ Rumah liburan

Selain itu, pihak pengelola Pantai Bulbul juga menyediakan pondok-pondok kecil bagi pengunjung untuk beristirahat. Biasanya pondok penuh pada sore hari sehingga Anda harus datang lebih awal.

Memiliki rumah peristirahatan justru memudahkan untuk mencari tempat bersantai sambil menghabiskan waktu di pantai. Apakah Anda ingin duduk dan melihat-lihat atau makan siang, semuanya mungkin.

Uniknya, rumah liburan tersebut tidak alias disewakan secara bebas. Hal ini juga menjadi aspek lain yang menggugah minat masyarakat untuk berkunjung ke desa Lumban Bulbul. Fasilitasnya cukup lengkap dan bisa digunakan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya? Siapa yang bisa menolak?

Jadi jika anda berkesempatan berkunjung ke Sumatera Utara, maka lakukanlah perjalanan ke Kabupaten Toba Samosir dan jangan ragu untuk menyempatkan diri untuk mampir ke desa Lumban Bulbul. Apalagi jika Anda mengharapkan perjalanan dengan anggaran terbatas atau bahkan gratis.

Bagi Anda yang biasa menikmati suguhan mewah di lokasi eksklusif, Pantai Bulbul mungkin terlihat sederhana, namun bagi masyarakat umum kehadirannya merupakan kabar baik!

✦ Kisah menyentuh tentang pembukaan lahan

Awalnya, pantai air tawar ini bukanlah tujuan wisata bahkan keunikannya pun tidak diketahui oleh penduduk setempat. Sebelum tahun 2014, banyak perahu nelayan yang masih terparkir di Pantai Bulbul sebelum digunakan kembali untuk mencari nafkah di danau tersebut.

Masalahnya, keadaan masyarakat saat itu agak memprihatinkan dan para pemuda memutuskan untuk berhenti sekolah dan bekerja saja agar bisa terus menghidupi keluarganya. Kondisi desa Lumbar Bulbul saat itu cukup memprihatinkan karena jebakan kemiskinan yang ada.

Mengingat keadaan ini, beberapa orang merasa terdorong untuk menemukan solusi mereka sendiri. Kemudian mereka melihat potensi pantai air tawar di desa tersebut dan memutuskan untuk saling membantu membersihkannya.

Bahkan, berdasarkan hasil musyawarah, mereka menggalang dana dan kemudian menyulap pantai air tawar tersebut menjadi objek wisata. Sejak saat itu, perhatian publik perlahan tertuju ke desa mereka dan meningkat setelah kunjungan Presiden Joko Widodo pada 2016 lalu.

Dengan semakin banyaknya pengunjung desa Lumban Bulbul, perekonomian warga setempat perlahan tapi pasti pulih. Ini membantu mereka keluar dari perangkap kemiskinan dan kaum muda dapat fokus pada pendidikan daripada mengurus keluarga mereka.

Dengan kata lain: kunjungan ke sana sedikit banyak akan berdampak positif pada keadaan ekonomi masyarakat setempat. Berjalan-jalan dan sebarkan berita, mengapa tidak?

✦ Perahu Pisang

Hal menarik lainnya adalah pantai Bulbul yang menawan ini menawarkan kesempatan untuk menjelajahi lautan danau dengan banana boat. Bagi Anda yang ingin menguji nyali dan berendam di dalam air, ini adalah properti yang menggiurkan.

Ajak teman atau keluarga agar sama-sama bisa merasakan kondisi air tanpa langsung basah. Naik saja banana boat ke tempat-tempat yang Anda minati.

Mungkin kegiatan seperti ini bisa menjadi kesempatan langka untuk lebih dekat dengan orang tersayang. Liburan menjadi lebih menyenangkan ketika diisi dengan berbagai aktivitas seru, dan pantai eksotik ini memang disiapkan khusus untuk memenuhi segala kebutuhan Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket pantai BulbulFoto oleh Reza Maulana di Google Maps

Arahkan sepeda menuju Kabupaten Toba di Sumatera Utara kemudian berhenti di titik 2 km dari Kabupaten Balige.

Pantai Bulbul terletak di desa Lumban Bulbul dan dapat diakses dengan kendaraan umum, sewaan, atau pribadi. Jika Anda datang dari luar daerah dan berangkat dari Bandara Silangit, Anda harus menempuh jarak minimal 18 km.

Biaya masuk dan jam buka

Bisa dikatakan Pantai Bulbul merupakan destinasi yang indah dengan biaya yang murah untuk semua kalangan. Anda hanya perlu menyiapkan Rp5.000 untuk tiket masuk, kemudian ditambah Rp5.000 jika membawa sepeda motor dan Rp10.000 untuk menyewa tempat parkir.

Selain itu, ada juga fasilitas berupa perahu kecil yang bisa digunakan mulai dari Rp10.000 hingga Rp30.000, terjangkau banget!

Bagaimana dengan banana boat? Tak perlu khawatir, setiap buah bisa disewa mulai dari Rp 40.000 di hari kerja, namun dikenakan biaya Rp 100.000 di akhir pekan.

Dipahami bahwa tarif dapat naik kapan saja dan kami berharap perkiraan ini akan membantu Anda mengalokasikan anggaran liburan Anda.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai BulbulFoto oleh Ripai Sinaga di Google Maps

1. Temani si kecil di taman bermain

Dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke Pantai Bulbul, pihak pengelola pun terpacu untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang berbeda-beda. Salah satunya adalah taman bermain yang dibangun khusus untuk balita.

Namun, keluarga dengan anak kecil biasanya membutuhkan ruangan tersendiri untuk menampung anak mereka yang aktif. Jadi jika Anda adalah keluarga baru dan ingin memanjakan anak-anak Anda, Anda tidak akan kecewa berkunjung ke sini.

Apa yang bisa kamu lakukan di taman bermain? Banyak yang bisa berarti bermain di ayunan, mencoba papan loncatan, membantu anak-anak di seluncuran dan ada alternatif lain.

Anda tidak perlu khawatir karena pantai di Balige memuaskan hasrat anak anda untuk bermain sesering dan sesering mungkin.

2. Bermain pasir di Pantai Bulbul

Untuk kegiatan bermain, Anda juga bisa mengajak rombongan untuk menikmati pasir putih di Pantai Bulbul.

Dapatkan kamar yang terpisah dari wisatawan lain dan lakukan apa pun yang terlintas dalam pikiran Anda. Bisa berupa istana pasir, mungkin di lain kesempatan juga akan diisi dengan kegiatan olah raga seperti voli atau futsal, dan masih banyak ide menarik lainnya.

Jika Anda ingin memberi si kecil hadiah istimewa, Anda dapat mengambil barang-barang seperti sekop pasir atau truk mainan sebelum meninggalkan rumah. Kondisi seperti itu juga membantu orang tua mengurangi kemungkinan anak mereka tiba-tiba mengamuk saat berlibur.

3. Perhatikan matahari terbit dan terbenam

Mengingat Pantai Bulbul buka 24 jam dalam seminggu, berarti Anda bisa datang kapan saja. Apakah pagi sebelum matahari terbit di ufuk timur, atau sore menjelang malam?

Menyaksikan matahari terbit dan terbenam adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat liburan di pantai. Selain itu, tempat menarik ini menawarkan pemandangan luar biasa tepat di depan Anda.

Dengan kombinasi pepohonan pesisir, air biru, langit cerah, dan pantai berpasir, bisa menjadi suguhan visual yang tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai BulbulFoto oleh Geng Charlie di Google Maps

Mau makan? Anda tidak perlu repot untuk mempersiapkan diri sebelum keluar rumah karena di kawasan Pantai Bulbul terdapat berbagai kuliner yang menggugah selera. Tentunya Anda selalu memiliki kesempatan untuk mengecek status gizi keluarga Anda secara langsung dan tanpa campur tangan orang lain.

Apakah Anda ingin beristirahat? Di kawasan pesisir terdapat gubuk-gubuk kecil yang mampu menampung beberapa orang sekaligus. Selain itu, jika Anda memiliki keluarga beranggotakan tiga orang, jangan terlalu larut menggunakan pondok dan kemudian menyerahkannya kepada pengunjung lain.

Apakah Anda tertarik dengan keadaan airnya? Ingin menjelajah? Tidak hanya banana boat, perahu dari nelayan setempat juga bisa disewa di pantai cantik ini. Kendaraan yang lebih menantang memungkinkan Anda mengarungi danau ke daerah dataran rendah.

Pantai Bulbul adalah bukti keinginan masyarakat untuk memajukan ekonomi mereka sendiri. Sebelum nama saat ini dikenal, dulunya merupakan kawasan perairan dengan kondisi yang memprihatinkan. Jadi jika Anda mampir ke sini, berhati-hatilah untuk tidak melakukan aktivitas yang merusak, seperti membuang sisa makanan!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button