Tempat Wisata

Pantai Cacalan Banyuwangi – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Berbeda dengan tahun 2015 yang hanya berupa rawa dan ditumbuhi rerumputan, kawasan ini berubah drastis menjadi objek wisata. Rerumputan yang tumbuh di rawa-rawa telah dibersihkan dan diganti dengan wahana yang pastinya sangat menarik untuk dicoba. Pantai Cacalan yang hits di Banyuwangi.

Pantai ini juga punya cerita tentang asal usul namanya. Menurut cerita, dulu, di sekitar Pantai Bulusan Dermaga Bibi Cacalan Cinta hingga Pantai Ancol rimbun dengan pepohonan bambu. Kemudian, pada saat pembukaan lahan untuk pertanian, pohon bambu berbunga ini adalah Cacal atau nama lain dalam cangkul. Nah, dari sinilah asal mula nama Cacalan digunakan.

Selain perubahan drastis dan asal usul penamaan pantai yang menarik, Pantai Cacalan juga memiliki keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi. Bentuk pantainya yang berbeda dengan pantai lainnya membuat pantai ini populer di kalangan pecinta wisata bahari. Selain itu, lokasinya yang ditumbuhi pepohonan menciptakan suasana asri yang bisa Anda rasakan begitu dekat.

Atraksi Pantai Cacalan

Atraksi Pantai CacalanKredit foto: Google Maps (Ilham Agung Aribowo)

Pantai cantik ini merupakan salah satu destinasi terpopuler di Banyuwangi, tepatnya di kabupaten Kalipuro. Pantai ini merupakan pantai yang ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin berlibur. Pengunjung tidak hanya datang dari daerah Banyuwangi, tetapi juga dari luar daerah. Berbagai atraksi pantai ini membangkitkan minat pengunjung untuk berekreasi di sini.

1. Pasir putihnya terlihat indah

Pantai pasir putih yang tersebar di sekitar tepian Pantai Cacalan menjadi daya tarik tersendiri. Pasir putihnya sangat nyaman untuk dilalui karena teksturnya yang lembut. Sehingga wisatawan bisa berjalan-jalan di pantai tanpa harus memakai sepatu, namun perlu berhati-hati. Selain itu, pepohonan rindang di belakang pantai menciptakan suasana sejuk.

2. Ombaknya tenang

Ombak di wilayah pesisir relatif tenang. Sehingga angin yang terbawa ombak tidak menjadi terlalu kencang. Angin sepoi-sepoi di pantai yang mempesona ini akan membuat suasana menjadi sejuk, belum lagi ditambah dengan pepohonan rindang yang berjajar di tepi pantai. Warna air lautnya juga terlihat sangat indah dengan nuansa biru dan pastinya memanjakan mata.

3. Tersedia kafetaria

Bagi Anda yang mendambakan kopi sambil memandangi pemandangan yang menakjubkan, Pantai Cacalan adalah tempatnya. Pasalnya di sekitar kawasan pantai ini terdapat kafetaria yang menyajikan berbagai jenis kopi untuk para pengunjungnya. Sehingga wisatawan bisa berlibur dengan pemandangan pantai yang menakjubkan sambil minum kopi.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai CacalanKredit foto: Google Maps (Suga Tangguh)

Pantai Cacalan merupakan pantai yang indah di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Klatak, Desa Sukowidi. Pantai ini hanya berjarak 5 km dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Jawa Timur. Jaraknya lumayan dekat, tak heran pantai ini menjadi destinasi populer. Saking populernya, wisatawan yang datang ke sini tidak hanya dari daerah Banyuwangi saja.

Waktu berkendara untuk mengunjungi pantai ini adalah sekitar 13 menit jika berkendara dimulai dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Waktu perjalanan ini dapat bertambah atau berkurang tergantung pada kecepatan pengunjung dalam perjalanan ke tempat tujuan. Dalam waktu singkat, wisatawan bisa merasakan keindahan indah yang ditawarkan pantai ini.

Untuk mengunjungi pantai ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda empat atau dua. Wisatawan yang berminat dapat melakukan perjalanan dari pusat Kabupaten Banyuwangi sehingga memudahkan wisatawan untuk menentukan jalur yang akan dilalui. Wisatawan juga tidak perlu khawatir dengan akses jalan, meski lokasi pantai ini berada di pedesaan.

Wisatawan yang tertarik memasuki pantai ini dapat memulai perjalanan dari Jalan Nasional III hingga Jalan Letkol I Gusti Ngurah Rai. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Jalan Dr. Sutomo dan belok kiri ke Jalan RA Kartini dan Jalan Banterang. Belok kiri lagi menuju Jalan Letjen Di. Panjaitan kemudian belok kanan ke Jalan Lundin sampai Anda mencapai tujuan Anda.

Harga tiket masuk Wisata Pantai Cacalan

Harga tiket Pantai CacalanSumber gambar: Twitter.com @radioelshinta

Wisatawan yang tertarik mengunjungi pantai ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dengan harga yang murah, wisatawan sudah bisa menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan Pantai Cacalan. Pepohonan yang rindang dan semilir angin yang terbawa ombak kecil terasa relatif bersahabat di sini.

Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke Pantai Banyuwangi bisa menyiapkan Rp 2.000 sebagai biaya parkir kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan Rp 5.000 sebagai biaya parkir mobil. Dengan kata lain, tempat wisata ini tidak memerlukan tiket masuk tetapi mengenakan biaya parkir kendaraan. Tidak ada alasan bagi Anda untuk melewati pantai yang sejuk dan indah ini.

Aktivitas Seru di Pantai Cacalan

Aktivitas di pantai CacalanKredit foto: Instagram.com @gati_meyla

1. Piknik di bawah pohon yang rindang

Pantai ini memiliki sejumlah pohon rindang di sepanjang tepiannya. Keberadaan pepohonan tersebut dapat menciptakan suasana sejuk dan asri. Wisatawan bisa memanfaatkan pepohonan rindang untuk piknik di sini. Berpiknik bersama keluarga di bawah pohon rindang adalah hal yang wajib dicoba wisatawan di sini. Selain itu, pasir putihnya yang lembut aman untuk dimainkan anak-anak.

2. Naik perahu di sepanjang pantai

Wisatawan dapat menggunakan perahu wisata di sini untuk menjelajahi pantai laut. Ombaknya yang tenang juga cocok untuk menjelajahi laut dengan perahu. Seperti melihat Pantai Cacalan dari sudut yang berbeda, aktivitas ini menjadi aktivitas wisata yang wajib dicoba saat mengunjungi wisata pantai populer di Banyuwangi. Wisatawan juga dapat mengabadikan momen di beberapa tempat foto yang bagus.

3. Menikmati matahari terbit di pantai

Kabupaten Banyuwangi sendiri dikenal dengan sebutan sunrise of Java. Istilah ini terasa ketika wisatawan bersantai di pantai. Entah Anda terlalu sibuk bangun pagi atau apa, pengelola pantai telah menyediakan fasilitas bagi wisatawan untuk menikmati matahari terbit dari sisi pantai sejak pagi. Seperti di kantin, wisatawan bisa menikmati kopi saat matahari terbit.

Penginapan murah di daerah ini

Akomodasi di Pantai CacalanKredit foto: Booking.com

vila pertama begitu lama

Keunggulan villa ini adalah kamarnya bersih dan bebas debu. Kamar-kamarnya juga dianggap luas oleh pengunjung, disertai dengan peralatan yang lengkap dan memadai. Suasana tenang dapat dengan mudah ditemukan oleh wisatawan selama menginap di sini. Dekorasi yang dikenakan begitu indah hingga Presiden kita Joko Widodo pun menginap di vila di Banyuwangi ini.

2. Homestay di Indah Nusantara

Indah Nusantara Homestay mengusung dekorasi minimalis di setiap sisi bangunannya. Wisatawan tidak hanya bisa bergaya minimalis tapi juga merasakan sejuknya udara saat menginap di sini. Area yang bersih juga menjadi indikator penting yang diperhatikan Indah Nusantara Homestay. Fasilitas yang tersedia lumayan, mulai dari kolam renang, tempat parkir dan Wi-Fi gratis, kamar ber-AC hingga penjemputan di bandara.

3. Guest House Nakula Banyuwangi

Penginapan ini merupakan penginapan yang sangat cocok untuk dijadikan tempat beristirahat setelah mengunjungi Pantai Cacalan Banyuwangi, karena tempatnya yang terbilang bersih untuk menambah kenyamanan istirahat. Fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap dengan free wi fi, AC untuk akses ke kamar. Apakah Anda ingin tinggal di sini?

Fasilitas yang tersedia di Pantai Cacalan Banyuwangi

Fasilitas di Pantai CacalanKredit foto: Google Maps (Duta Kresna)

Fasilitas yang disediakan oleh Pengelola Pantai Cacalan sudah lengkap dan memadai. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat Kabupaten Banyuwangi yang hanya berjarak sekitar 5 km dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 13 menit. Meski berada di pedesaan, pantai ini tidak pernah kehilangan fasilitas bagi para pengunjungnya.

Fasilitas berupa mushola bagi wisatawan yang ingin beribadah. Ada juga ruang kecil untuk memakai pakaian sebelum pergi ke pantai. Mandi bilas juga tersedia di sini dan dapat digunakan untuk membilas tubuh setelah berenang. Toilet dapat digunakan oleh pengunjung untuk buang air besar atau untuk keperluan lain. Seperti, sangat lengkap bukan?

Selain itu, wisata pantai ini dilengkapi dengan kafetaria yang buka sejak pagi dan memudahkan pengunjung untuk menikmati matahari terbit. Selain kafetaria yang menyajikan kopi, di pantai ini juga terdapat warung makan yang menyajikan aneka seafood. Bagi Anda yang hobi foto dan ingin ngotot, pantai ini juga menawarkan ayunan kayu dan paviliun untuk spot foto.

Demikian beberapa informasi menarik tentang Pantai Cacalan yang menawan di Banyuwangi. Pesona indah yang disuguhkan dengan harga tiket masuk yang bersahabat menjadikan pantai ini sebagai kawasan resort yang populer. Apalagi lokasinya yang tidak jauh dari keramaian dan fasilitas yang memadai menjadi keunggulan tambahan dari pantai di Banyuwangi ini. Ingin menghabiskan liburan di pantai yang indah di Banyuwangi?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button