Tempat Wisata

Pantai Camplong: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Camplong: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Madura merupakan salah satu kabupaten yang beruntung di Jawa Timur karena letak geografis pulau ini banyak terdapat pantai-pantai yang indah dan mempesona, beberapa di antaranya belum banyak diketahui orang dan masih jarang terjamah tangan manusia. Namun objek wisata ini memiliki nama yang terkenal dan populer di Pulau Madura bahkan Jawa Timur.

Pantai Camplong yang terletak di Kabupaten Sampang, Madura, menawarkan pemandangan yang mampu membuat wisatawan terpesona ketika sampai di tempat ini. Pantainya yang berpasir putih dan halus berpadu dengan deburan ombak yang menghantam bebatuan tentu menjadi daya tarik tersendiri, apalagi bagi anda yang menyukai wisata pantai.

Pantai ini juga cukup luas dan memiliki dataran pasir yang landai yang tentunya bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas seperti bermain voli pantai bersama keluarga atau teman, menulis kata di atas pasir, berjalan-jalan atau bermain pasir bersama anak Anda. Pencarian kerang sebagai oleh-oleh pun nampaknya menarik.

Bagi anda yang lebih berjiwa petualang anda bisa berenang di lautnya karena di Pantai Camplong ombaknya tidak besar atau berbahaya sehingga aman bagi pengunjung untuk berenang di laut asalkan anda sadar dan waspada terhadap laut. Hati-hati jangan sampai berenang terlalu jauh dari pantai. Pantai.

Bosan bermain pasir tapi takut atau tidak bisa berenang? Tenang saja, ada juga aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, yakni menyewa perahu terdekat untuk menjelajah laut sambil menikmati keindahan terbenamnya matahari dan gemerlap cahaya di atas air. Perahu bertenaga diesel yang juga digunakan sehari-hari untuk memancing ini akan membawa Anda menyusuri pantai selama kurang lebih 20 menit. Terdapat dermaga untuk kapal minyak tak jauh dari bibir Pantai Camplong. Dermaga menjadi tujuan perahu sebelum kembali ke Pantai Camplong. 20 menit mungkin terasa singkat, tapi setidaknya Anda menikmati laut. Alternatifnya, pada hari-hari tertentu, Anda bisa menyewa kuda dari masyarakat setempat untuk menjelajahi kawasan sekitar pantai.

Atraksi wisata budaya yang dapat anda temukan di Pantai Camplong antara lain “Wisata Semalam Pantai Camplong” berupa pertunjukan seni dan hiburan rakyat, Pantai Kerapan Sapi dan Wisata Budaya Rokat Tase (upacara petik laut yang dilakukan setahun sekali). Bulan Maulid), Pertunjukan Sapi Sono, pertunjukan hiburan rakyat pada hari-hari tertentu dan sebagainya.

Fasilitas di Pantai Camplong

Untungnya pihak pengelola di objek wisata ini telah mengelola Pantai Ccamplong dengan baik sehingga di sini sudah terdapat beberapa fasilitas pendukung yang bisa dinikmati wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain:

– Kamar mandi umum

Kamar mandi sepertinya menjadi salah satu fasilitas terpenting dalam setiap objek wisata, apalagi di pantai, karena Anda pasti akan bermain-main di pasir pantai yang basah dan kotor. Oleh karena itu, penting untuk membilas tubuh Anda setelahnya. Anda tidak perlu khawatir di sini karena terdapat toilet umum dengan ruang ganti.

– Masjid

Saat merasakan azan, Anda bisa langsung menuju musala yang telah disiapkan di tempat ini beserta sarung dan beberapa mukena, sehingga tidak perlu repot mencari mushola.

– Kantin atau toko

Jika Anda termasuk orang yang malas menyiapkan perbekalan saat berwisata, bergembiralah karena Anda bisa dengan mudah menemukan deretan kios yang menjual makanan dan minuman di pantai ini. Sajian yang paling digemari pengunjung adalah Rujak Cingur yang semakin menggugah selera dengan segelas es krim kelapa muda.

– Area parkir

Area parkir kendaraan bermotor yang anda bawa juga pasti terletak di Pantai Camplong, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraan anda dimana.

– Akomodasi

Tempat menginapnya memang tidak banyak, namun ada beberapa di kawasan sekitar pantai yang harganya juga bervariasi namun tetap terjangkau.

Berburu foto di Pantai Camplong

Berburu foto di objek wisata ini pasti akan sangat seru, karena Anda bisa berfoto dengan latar belakang air laut yang biru kehijauan dengan pemandangan beberapa perahu wisata di kejauhan. Anda juga bisa mengabadikan momen menjelajah laut dengan perahu yang Anda sewa. Siapa tahu Anda bertemu ikan, jadi pastikan kamera Anda siap. Anda mendapatkan pemandangan yang lebih bagus lagi jika menunggu hingga matahari terbenam di rest area. Langit jingga yang menyentuh permukaan air laut menciptakan mahakarya lukisan alam Yang Maha Kuasa.

Baca Juga: Wisata Pantai Grajagan, Salah Satu Pantai Terindah di Banyuwangi

Akses ke Pantai Camplong

Ada banyak akses jalan yang bisa digunakan untuk menuju pantai ini. Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, Anda bisa berkendara langsung menuju Madura melalui Jembatan Suramadu. Tak hanya kendaraan roda empat, pengendara roda dua juga bisa melintas di jalur ini. Anda akan menempuh jarak sekitar 100 kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan. Kemudian lanjutkan saja perjalanan menuju Sampang. Karena letak pantainya yang berada di tengah kota, Pantai Camplong tidak terlalu sulit ditemukan.

Biaya masuk ke Pantai Camplong

  • Biaya masuk: Rp 10.000 hingga 15.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Camplong

Tips berlibur di Pantai Camplong

  • Jangan lupa membawa baju ganti
  • Siapkan bekal makanan dan minuman lebih baik dari rumah
  • Perhatikan anak-anak Anda bermain di pantai
  • Anda bisa menyewa tabung untuk berenang jika Anda belum bisa berenang
  • Bawalah kamera untuk mengambil foto

Galeri Foto Pantai Camplong

Pantai Kamplong
Bersantai dan nikmati keindahan pantai
berburu foto
Potret Perahu Nelayan
Matahari terbenam di Pantai Camplong

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button