Tak Berkategori

Pantai Cangkring, pantai pasir hitam di Bantul yang menawarkan agrowisata buah naga

Pantai Cangkring di Bantul merupakan pantai unik berpasir hitam yang menawarkan pengalaman agrowisata buah naga yang eksotis kepada pengunjung.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 05.30 – 18.00 WIB, Alamat: Cangkring, Kecamatan Poncosari. Srandakan, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Cangkring terletak di Yogyakarta tepatnya di Dusun Cangkring, Poncosari, Srandakan. Dari sekian banyak pantai yang ada di Yogya, pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata utama dan letaknya persis di kawasan Bantul.

Destinasi ini merupakan objek wisata baru yang masih terus dikembangkan dalam berbagai aspek mengingat lokasinya yang strategis dan menjanjikan. Terletak di JJLS atau Southern Cross Road, pantai ini menawarkan hiburan dan relaksasi bagi pengendara.

Yang unik dari pantai ini adalah tidak hanya menawarkan luas dan keindahan air pantai yang diselimuti langit biru. Masih ada aktivitas seru lainnya yang tak kalah menyenangkan seperti tersedianya kebun buah naga yang bisa menemani waktu luang dan bersantai Anda di pinggir pantai.

Tempat Wisata yang Ditawarkan Pantai Cangkring

Daya Tarik Pantai CangkringFoto: Facebook/Arum Artanti

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler, pantai eksotik ini menawarkan berbagai daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Meski tergolong baru, destinasi utama di Yogyakarta ini sudah menarik banyak perhatian wisatawan.

Apalagi bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan nuansa natural, berbagai fakta bisa dilihat dari tempat ini. Di bawah ini Anda akan menemukan informasi sampingan menarik yang tidak boleh dilewatkan:

1. Pasir hitam dan pohon pinus

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang berpasir putih, Pantai Cangkring di Bantul justru memiliki pasir hitam yang eksotis.

Anak-anak bisa bermain-main di sekitar pantai dan membangun istana pasir yang terbawa ombak saat permukaan air sedang tinggi.

Selain pasir hitam di pinggir pantai, juga terdapat pohon pinus di kedua sisinya yang memberikan keteduhan bagi seluruh pengunjung.

Jika pengunjung hanya ingin berteduh dari teriknya sinar matahari pantai, mereka bisa melakukannya di bawah pohon pinus.

2. Pantai terbersih di Bantul

Fakta menarik dari wisata pantai Cangkring adalah objek wisata ini merupakan pantai terbersih di Bantul Yogyakarta.

Objek wisata baru yang belum banyak diketahui orang ini mungkin menjadi alasan mengapa pantai ini jauh lebih terawat dibandingkan destinasi pantai lain di Yogyakarta.

Keadaan ini harus diwaspadai oleh seluruh pengunjung agar tidak sembarangan membuang sampah atau sengaja meninggalkan barang saat kembali dari venue. Semakin banyak masyarakat yang memperhatikan kebersihan, maka semakin baik pula reputasi wisata bahari Indonesia.

3. Agrowisata buah naga

Aspek menarik lainnya adalah Anda bisa melihat bayangan pohon buah naga saat panen. Jika beruntung dan datang saat musim panen, Anda berkesempatan memetik buah naga langsung dari pohonnya.

Mengajak anak langsung ke tempat panen bisa menjadi pengalaman menarik dan edukasi langsung. Memanen buah naga juga bisa menjadi relaksasi terbaik bagi orang dewasa, terutama para ibu.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai CangkringFoto: Google Maps/Dewi Wardhani

Rute menuju kawasan wisata Pantai Cangkring bisa dimulai dari Pojok Beteng Kulon menuju ke selatan hingga menemukan persimpangan bernama Palbapang Bantul, Yogyakarta. Dari perempatan ini terus menuju Jalan Samas yang berada di arah selatan.

Lurus terus hingga menemukan rute yang sama menuju Pantai Pandansari dan Pantai Goa Cemara.

Fakta menarik lainnya dari pantai ini adalah Anda bisa mengunjungi banyak tempat sekaligus dalam satu hari jika Anda berencana mengunjungi pantai eksotis ini.

Biaya masuk wisata bahari

Setidaknya hingga tahun 2022 ini, tiket masuk Pantai Cangkring Bantul masih gratis dan Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun setelah akhir tahun 2022 akan berlaku peraturan tarif masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Biaya masuk dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Uang yang dibayarkan untuk tiket masuk dikembalikan kepada pengunjung dalam bentuk pembangunan dan pengembangan kawasan wisata.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai CangkringFoto: Facebook/Doni Suryo

Melewati Jalan Lintas Selatan rasanya kurang tepat jika tidak sekaligus singgah di sini. Banyak aktivitas seru khususnya bagi wisatawan yang sengaja berlibur ke pantai eksotik ini, antara lain:

berkemah

Salah satu kegiatan menyenangkan untuk menghilangkan penat dan penat selama berwisata adalah dengan memanfaatkan kesempatan menikmati alam Bantul di Pantai Cangkring. Saat malam tiba, Anda bisa membuat api unggun dan bertukar cerita sambil menikmati suara pantai.

Ada pilihan untuk mendirikan tenda pada jarak yang aman dari pantai. Dengan aktivitas ini Anda tidak perlu repot memesan akomodasi jauh dari pantai.

berselancar di pantai Cangkring

berselancar adalah aktivitas menyenangkan lainnya yang dapat dicoba oleh semua pengunjung. Tentunya agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar, harus memperhatikan kesiapan mental dan kelengkapan peralatan.

Ada profesional yang memantau kegiatan berselancar di pantai, jadi jangan khawatir tentang bahaya yang akan datang. Tentunya segala perlengkapan dan prosedur dipatuhi dengan ketat demi menjaga kenyamanan dan keselamatan pengunjung.

Pesta barbeque

Aktivitas seru lainnya adalah lari Pesta barbeque di pinggir pantai, namun jangan lupa untuk selalu membersihkan sampah. Jika Anda datang dengan pantai yang bersih, Anda juga akan meninggalkan pantai dalam kondisi bersih.

Citra pantai terbersih di Bantul harus dijaga untuk mempromosikan pariwisata lokal dan meningkatkan reputasi Indonesia di dunia. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan pada siang dan malam hari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai CangkringFoto: Facebook/Arum Artanti

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, terdapat musala, toilet dan juga banyak penjual makanan di sekitar lokasi. Pengunjung bisa leluasa membersihkan diri setelah bermain air dan pasir pantai.

Selain itu, Anda juga bisa memarkir kendaraan dengan tenang karena tempat parkir tersebut dikelola langsung oleh warga. Ada banyak tempat yang airnya bersih, jadi Anda tidak perlu khawatir harus mengantri untuk membersihkan diri setelah bermain.

Informasi penting mengenai destinasi wisata bahari di atas bisa menjadi referensi liburan Anda di Yogyakarta. Datang ke Pantai Cangkring di hari kerja akan memberikan Anda kesempatan untuk menikmati alam seutuhnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button