Tempat Wisata

Pantai Carocok Pesisir Selatan – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Distrik IV Jurai, Kab.Pantai Selatan, Sumatera Selatan; Map: verifikasi lokasi

Sumatera Barat memiliki pantai dan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona, yaitu Pantai Carocok di pesisir selatan. Keindahan pantai ini sering dibandingkan dengan Pantai Semenanjung Kra di Malaysia dan Pantai Sanur di Bali. Maka tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Sumatera Barat.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke pantai ini setiap harinya. Destinasi wisata alam ini bisa Anda kunjungi untuk merasakan berbagai pengalaman seru dan tak terlupakan. Selain itu, akan lebih memuaskan lagi jika mengajak keluarga, sahabat atau pasangan tercinta.

Anda dijamin bisa menikmati liburan di pantai ini dengan santai dan damai. Sebelum Anda memutuskan berlibur ke sana, tentunya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai destinasi wisata tersebut. Nah, di bawah ini adalah berbagai penjelasan tentang Pantai Carocok yang harus Anda ingat.

Daya tarik yang ditawarkan Pantai Carocok

Objek wisata Pantai CarocokFoto: Google Maps/Jonbudi

✦ Air laut jernih

Tentunya pada liburan pantai, air laut menjadi daya tarik utama yang diperhatikan wisatawan. Anda tidak akan kecewa dengan air laut di Pantai Carocok ini sangat jernih dan jernih. Hal ini membuat biota laut dan terumbu karang terlihat jelas dan indah di bawah air.

✦ Ada beberapa pulau

Jelajahi kawasan pantai ini dengan menyeberangi jembatan untuk menuju Pulau Batu Kareta. Anda bisa mengakhiri perjalanan dengan menaiki perahu sekitar 200m menuju Pulau Cingkuak. Di pulau tersebut Anda bisa melihat peninggalan sejarah berupa reruntuhan benteng Portugis yang didirikan saat Portugis pertama kali datang ke pesisir pulau Sumatera.

✦ Pohon rindang

Begitu memasuki kawasan pantai ini, keindahan disuguhkan dengan rindangnya pepohonan hijau yang menari-nari di pinggir Pantai Carocok. Selain itu, kawasan pantai sangat bersih tanpa ada sampah berserakan. Hal ini membuat wisatawan merasa nyaman saat melakukan berbagai aktivitas seru di sana.

✦ Pasir pantai halus

Pasir pantai yang lembut merupakan salah satu daya tarik yang mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke pantai. Karena kelembutannya ini, wisatawan bisa berjalan di atas pasir tanpa harus memakai sepatu. Selain itu, pasir di pantai ini terlihat indah dan berkilau saat siang hari terkena sinar matahari.

✦ Kawasan pantai yang masih alami

Saat Anda menghabiskan liburan di pantai ini, Anda bisa mengharapkan lingkungan alam yang masih sangat asri, seolah belum pernah dijamah oleh manusia. Hal ini tidak lain karena pihak pengelola wisata sangat menjaga dan merawat kawasan pantai ini dengan sangat baik. Tak heran jika udara di pantai ini begitu bersih dan segar.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat di Pantai CarocokFoto: Google Maps/Ekha Sikumbang (Budi Ekawan Putra)

Lokasi Pantai Carocok berada di Provinsi Sumatera Barat, lebih tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan Kota Padang. Wisatawan yang datang dari luar provinsi bisa naik pesawat dan terbang ke Sumatera Barat. Begitu wisatawan tiba di Bandara Internasional Minangkabau, mereka dapat memilih berbagai pilihan transportasi untuk menuju tempat wisata.

Opsi pertama adalah naik taksi argo yang langsung menuju pantai dengan biaya sekitar 250.000-300.000 rupiah. Jarak tempuh sekitar 77 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pilihan kedua adalah menyewa kendaraan wisata sehari penuh mengelilingi tempat-tempat wisata di Sumatera Barat, termasuk pantai ini.

Biaya sewa kendaraan adalah 300.000 rupiah dan sudah termasuk supir tetapi tidak termasuk bahan bakar. Bahan bakar akan menelan biaya sekitar 130.000 rupiah. Pilihan kedua cocok bagi wisatawan yang datang berombongan dan ingin menikmati berbagai tempat wisata.

Pilihan ketiga sangat cocok untuk backpacker yaitu menggunakan bus Damri atau angkutan umum darat seperti minibus menuju Pasar Raya Padang dengan biaya 25.000 rupiah. Setibanya di Pasar Raya, perjalanan dilanjutkan dengan tamasya ke Pantai Carocok dengan biaya sekitar 25.000 hingga 30.000 rupiah.

Tentunya perjalanan dengan transportasi travel ini tidak sendiri, melainkan bersama wisatawan lainnya. Oleh karena itu, penumpang lain terkadang perlu menunggu lama karena kendaraan tidak akan berangkat jika penumpang terlalu sedikit. Alternatif terakhir adalah melalui jalur laut yaitu menyewa speedboat yang melewati pelabuhan Teluk Bayur.

Untuk jalur laut ini, pada awal tahun 2022, pemerintah juga telah menyediakan sarana transportasi terbaru yaitu Kapal Wisata Bintang Mandeh. Rutenya terdiri dari mengambil jalur pelabuhan dari Muaro Padang kemudian berjalan melewati beberapa pulau dan wisata mangrove hingga mencapai pantai. Biaya menaiki kapal ini sekitar 300.000 hingga 350.000 rupiah.

Buka saja peta di ponsel Anda untuk menemukan arah yang benar di sepanjang jalan. Selain itu, Anda juga bisa bertanya ke gereja setempat jika tersesat.

Biaya masuk wisata laut

Untuk bisa menikmati liburan di Pantai Carocok, Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak, karena semuanya bisa ditebus dengan harga yang cukup terjangkau. Ada biaya masuk sebesar 5.000 rupiah setelah memasuki gerbang.

Selain itu, jika perjalanan dilanjutkan ke Pulau Cingkuak akan dikenakan biaya boat pulang pergi sebesar 20.000 rupiah. Untuk bersenang-senang dengan berbagai wahana di sana, setiap wahana permainan dikenakan harga yang berbeda mulai dari 25.000 hingga 150.000 rupiah.

Dengan biaya yang relatif murah tersebut, wisatawan dijamin akan menghemat uang untuk berlibur. Namun, biaya di atas dapat berubah tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap membawa bekal atau uang darurat sebelum pergi berlibur ke tempat wisata ini.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Biaya Masuk Wisata Pantai CarocokFoto: Google Maps/GeJN

1. Berkemah

Berkemah di Pantai Carocok merupakan salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di malam hari. Pasalnya, suasana malam yang tenang dan damai di pantai ini membuat wisatawan serasa di rumah sendiri. Jangan lupa menyiapkan perlengkapan pesta seperti minuman dan makanan serta tidak ketinggalan alat musik.

Anda bisa membawa peralatan musik yang mudah dibawa ke pantai ini, minimal gitar atau alat musik sederhana lainnya. Berkemah di pantai ini semakin menyenangkan jika bersama banyak orang.

2. Menikmati pemandangan matahari terbenam

Tak perlu dikatakan, menikmati matahari terbenam adalah salah satu kegiatan menarik yang sering dilakukan kebanyakan orang saat berlibur di Pantai Carocok. Selain itu, kegiatan ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama pasangan tercinta, karena pemandangan sunset di pantai ini menciptakan suasana yang asri dan romantis.

3. Nikmati sajian kuliner dengan seafood

Bagi pecinta kuliner, menikmati aneka hidangan ikan saat berkunjung ke pantai ini sudah pasti menjadi suatu keharusan. Selain itu, pantai ini terkenal dengan makanan lautnya yang lezat. Cobalah hidangan seperti ikan bakar, kepiting dengan saus tiram, ikan asap, dll.

4. Bermain pasir pantai

Anda bisa bermain pasir dengan membangun istana pasir yang indah di sekitar Pantai Carocok. Dari desain yang paling sederhana hingga yang paling rumit, istana pasir membantu Anda menghabiskan waktu di pantai sambil terlibat dalam aktivitas yang sangat kreatif dan menyenangkan.

Selain serunya tertawa dan bercanda ria, membangun istana pasir ini juga akan menciptakan kenangan tak terlupakan bersama teman dan kekasih Anda.

5. Ambil foto Ria

Pantai eksotis di Sumatera Barat ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk mengambil foto terbaik dengan panorama alam yang estetis. Oleh karena itu, jangan takut untuk berfoto selfie dengan bebas mengekspresikan diri. Untuk menunjang kegiatan foto ini, sebaiknya Anda membawa peralatan yang cukup berupa kamera.

6. Mainkan voli pantai

Jika Anda datang ke Pantai Carocok dengan rombongan besar, voli pantai merupakan aktivitas menarik yang patut dicoba. Voli pantai tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa membakar kalori. Tidak hanya Anda akan bahagia, tubuh Anda juga akan lebih sehat.

7. Mainkan banana boat

Bagi Anda yang menyukai aktivitas seru dan menantang, Anda bisa mencoba bermain banana boat di pantai eksotis ini. Namun, Anda tetap harus membayar biaya tambahan untuk melakukan aktivitas ini. Game ini bisa membuat kamu melupakan berbagai masalah pekerjaan dan sekolah karena seru banget.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai CarocokFoto: Google Maps/FDLN

Fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan di Pantai Carocok cukup lengkap dan memadai. Selain sejumlah atraksi air yang seru, pihak pengelola pantai menyediakan fasilitas lain, antara lain musala, pendopo untuk tempat bersantai, dan tempat parkir kendaraan yang cukup luas.

Di sekitar kawasan wisata juga banyak dijumpai toko atau warung dengan berbagai menu makanan dan minuman yang pasti menggoyang lidah. Dengan demikian, semua wisatawan yang datang ke pantai ini tidak perlu khawatir dengan masalah perut selama isi dompet tidak kosong.

Bahkan, Anda bisa berwisata kuliner dengan membeli berbagai makanan khas Painan seperti Kari Ikan Karang dan Pepes Ikan Marang. Selain itu, ada banyak pilihan akomodasi di sekitar pantai, seperti Rumah Mama Inn, Doria Homestay, Anak Salido Residence Syariah, Penginapan Dlina, Langkisau Resort Hotel & Restaurant, dan Penginapan Pulau Cingkuak.

Ini adalah hal yang berbeda yang berbicara tentang Pantai Carocok di pantai selatan Sumatera Barat. Agar bisa merasakan beragam kenikmatan yang ditawarkan di sana, sebaiknya segera tambahkan pantai ini ke dalam daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi menjelang liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button