Tempat Wisata

Pantai Caseo, pantai berpasir putih dengan bebatuan yang mempesona di Bulukumba

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, alamat ; Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Cab.Bulukumba, Sulawesi Selatan, map: pemeriksaan situs

Pantai Kasoso mungkin terdengar sedikit asing bagi sebagian dari Anda. Pantai ini terletak di Desa Caseo, Kecamatan Bantu Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat ini memang menjadi salah satu tempat terindah untuk dikunjungi dan surga tersembunyi di Kabupaten Bulukumba.

Pantai ini juga sering disebut sebagai Kampung Perempuan. Dikatakan demikian karena memang banyak wanita yang ditinggal suaminya bekerja mencari ikan dimana ketika pengunjung datang ke pantai hanya wanita yang bisa ditemui.

Pantai Caseo merupakan tempat liburan yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama rombongan keluarga Anda. Termasuk wisata alam yang tergolong baru di Kabupaten Bulukumba. Namun meski masih baru, tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Daya Tarik Pantai Kaso

Sumber Gambar: Google Maps Reskiawati Anwar

1. Pemandangan yang indah

Daya tarik utama pantai ini tentu saja pemandangannya yang indah. Di sini pengunjung melihat gulungan ombak berpadu dengan langit biru dan pasir putih. Kombinasi tersebut pasti akan menciptakan keindahan yang pasti tidak bisa Anda lupakan.

2. Sarana dan prasarana yang lengkap

Salah satu daya tarik Pantai Kaso adalah di tempat ini Anda bisa menemukan beberapa paviliun yang disediakan oleh pengelola wisata. Namun perlu diketahui bahwa pengunjung harus terlebih dahulu membayar sewa untuk menggunakan paviliun.

Selain menyediakan gazebo di pinggir pantai, Anda juga tidak akan kesulitan mencari restoran. Beberapa restoran dan snack bar sederhana berjejer di sekitar area pantai, sehingga Anda tidak perlu takut kelaparan saat berlibur di pantai ini. Menu yang ditawarkan juga cukup enak dan gurih.

3. Spot Mancing Pantai Caseo

Pemandangan di Pantai KasoSumber gambar: Google Maps Hanno Saputra

Atraksi yang satu ini tentunya sangat cocok bagi anda yang sangat menyukai kegiatan memancing. Sebagian besar penduduk kawasan pesisir berprofesi sebagai nelayan.

Selain itu, tempat ini memiliki banyak tempat memancing yang patut Anda coba. Oleh karena itu, jika Anda telah memutuskan untuk berlibur ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa peralatan memancing.

4. Keindahan matahari terbit dan terbenam

Pemandangan pantai Kabupaten Bulukumba yang indah akan terlihat semakin mempesona jika Anda datang ke tempat ini sebelum matahari terbenam atau matahari terbit. Karena pancaran sinar matahari sore berpadu dengan indahnya langit di atas membuat suasana di sekitar pantai terasa begitu romantis dan syahdu.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan momen tersebut untuk mengabadikan momen bersama dengan rombongan atau pasangannya. Keindahan sunset di kontes pantai menjadi salah satu daya tarik utama kenapa pantai ini begitu ramai dikunjungi.

Menikmati sunrise di Pantai Kasoso tak kalah indahnya dengan menunggu matahari terbenam. Nantinya Anda bisa melihat keindahan matahari terbit jika datang ke tempat ini pada pukul setengah enam pagi. Karena dengan begitu matahari akan perlahan muncul.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Tiket Masuk Pantai CaseoSumber gambar: Google Maps Hanno Saputra

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Pantai Caseo, pantai ini terletak di Desa Caseo, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Lokasi pantai ini cukup jauh dari keramaian kota. Namun tempatnya cukup dekat dan cukup terjangkau jika menggunakan arah yang sama menuju kawasan wisata Tanjung Bira.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Caseo nanti, Anda hanya perlu menempuh rute yang sama jika ingin mengunjungi Pantai Tanjung Bira. Dari jalan ini Anda harus menempuh jarak sekitar 5 km untuk sampai ke objek wisata tersebut. Nanti Anda akan menemukan petunjuk yang mengarahkan Anda untuk belok kiri.

Jika ingin mengunjungi pantai ini cukup sulit karena tidak banyak petunjuk arah yang jelas. Selain itu, untuk menuju kawasan wisata agak sulit jika pengunjung perlu menggunakan mobil karena kondisi jalan yang cukup sempit.

Jadi, kecuali Anda bepergian dengan rombongan, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua. Hal ini pasti akan membuat kegiatan liburan ke depan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Gunakan bantuan rute Google Maps untuk menemukan kawasan wisata dengan lebih mudah.

Yang tidak kalah menarik dari Pantai Kaso ini adalah pengunjung yang datang tidak dipungut biaya masuk. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir. Dan untuk uang, parkir cukup terjangkau. Untuk itu, bisa dikatakan pantai ini merupakan salah satu kawasan wisata murah di Kabupaten Bulukumba.

Aktivitas seru di Pantai Caseo

Aktivitas seru di Pantai CaseoKredit foto: Google Maps Abraham Hamid

1. Menyelam

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di pantai adalah scuba diving. Pengunjung dapat menikmati kejernihan air laut di Pantai Kasoso sepuasnya dalam kegiatan ini. Batu-batu kecil yang tersusun begitu bagus dan rapi serta pasir putih di dasar air laut terlihat begitu indah.

2. Berenang

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke kawasan pantai di sini tapi tidak berenang. Anda juga bisa berenang di area sekitar tebing dan taha tanpa merasakan terik matahari. Belakangan, panas matahari terhalang oleh tebing dan bebatuan.

Selain berenang, Anda juga bisa bermain dengan bayi Anda di pasir. Pasir di tempat ini berwarna putih, lebar dan halus. Karena sangat cocok dijadikan sebagai tempat bermain, terutama untuk anak-anak.

3. Menikmati pemandangan alam

Pantai Caseo menawarkan panorama alam yang sungguh mempesona dengan birunya air laut dan pasir putih yang terhampar di sepanjang pantainya. Di pantai ini pengunjung akan melihat batu-batu besar di tepi pantai yang terlihat seperti pulau-pulau kecil.

Batu di sana sering disebut sebagai Batu Taha. Yang suka berfoto sering menggunakan batu karang sebagai latar belakang dan Batu Taha yang terletak di mulut pantai akan terlihat semakin cantik dengan perpaduan bebatuan di sekitar pantai.

Batuan karang menyatu dengan hamparan pasir yang tersebar di sekitar area pantai. Perpaduan pemandangan alam ini membuat wajah pantai terlihat semakin cantik dan indah. Selain keindahan bebatuannya, Anda juga akan melihat hamparan tebing yang cukup panjang.

Anda akan melihat tanaman yang tampak teduh dan rindang untuk tumbuh subur. Pemandangan alam membuat pantai terlihat begitu indah. Vegetasi di tebing merupakan bagian dari hutan dimana hutan tersebut memiliki flora dan fauna yang beragam.

4. Berburu spot foto

Jangan lupa membawa kamera dan mengabadikan setiap momen saat berkunjung ke pantai ini. Hamparan pasir di Pantai Kasoso memang unik dan layak untuk diabadikan dalam kamera.

Anda bisa menjadikan pepohonan dan bebatuan sebagai objek fotografi. Cukup banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini untuk mengabadikan segala keindahan yang ada di sana. Bahkan beberapa pengunjung menjadikan spot pantai cantik ini sebagai tempat foto prewedding.

Fasilitas di sekitar pantai

Fasilitas di sekitar pantaiSumber gambar: Google Maps ranko Slavica

Meski Pantai Kasoso tidak memungut biaya masuk atau tiket apapun dari pengunjung, tempat ini sangat terjangkau dari segi fasilitas. Sarana dan prasarana yang disediakan oleh pengelola wisata dapat menunjang kegiatan wisata.

Terdapat tempat parkir mobil di sekitar pantai sehingga bagi anda yang memiliki roda empat atau dua dapat memarkirkan kendaraannya disana.

Fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi dan toilet telah disiapkan. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan fasilitas yang satu ini dikenakan biaya tersendiri bagi pengunjung.

Itu tadi ulasan lengkap tentang daya tarik fasilitas dan hal-hal yang dimiliki Pantai Caseo yang terletak di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika Anda sedang mencari tempat liburan yang indah dan memukau, pantai di Bulukumba bisa dijadikan alternatif.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button