Tempat Wisata

Pantai Cemara, pantai yang indah dengan panorama sunset yang eksotis di Banyuwangi

harga tiket: Rp2.000, Waktu aktif: 05:30-18:00 WIB, Alamat: Desa Pakis, Kec. Banyuwangi, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Saat ini Pantai Cemara menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Banyuwangi yang semakin dikenal banyak orang. Tentunya hal ini dikarenakan pantai yang satu ini menawarkan berbagai keindahan yang cukup berbeda dengan tempat wisata lainnya. Bagi Anda yang suka berwisata alam, sayang sekali jika pantai ini dibiarkan begitu saja.

Meski masih tergolong destinasi wisata baru, namun jumlah wisatawan yang datang ke tempat ini cukup tinggi. Menariknya, tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga beberapa wisatawan asing yang sering menghabiskan waktu di sana. Waktu yang Anda habiskan di sini akan jauh lebih menyenangkan jika Anda mengajak teman, saudara atau pasangan.

Jadi rugi jika tidak mencoba pengalaman baru dengan liburan pantai. Yang berwisata ke sini dijamin tidak akan mau beranjak karena terpukau dengan keindahan alamnya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk berlibur ke pantai ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal tentang Pantai Cemara di bawah ini.

Daya Tarik Pantai Cemara

Objek wisata pantai CemaraKredit foto: Instagram Muy

1. Memiliki hutan pinus

Seperti namanya, di sekitar pantai terdapat hutan pinus yang sangat indah dan lebat. Tentu saja, hutan di sepanjang pantai ini ditumbuhi ribuan cemara udang. Hal ini membuat pantai ini semakin menarik dan berbeda dengan beberapa pantai lain di Banyuwangi.

Ini karena pohon pinus di sana memberi Anda perasaan sejuk dan teduh. Hutan cemara di tempat wisata ini juga tampak membentuk beberapa jalan yang unik.

2. Suaka Penyu

Tempat perlindungan penyu ini terletak di hutan pinus. Penyu yang bertelur di sana umumnya membangun sarangnya di bawah pohon pinus yang tumbuh di tepi pantai. Wisatawan dapat melihat sarang tetapi tidak boleh mengganggunya. Intensitas puncak musim penyu bertelur di Pantai Cemara antara bulan Maret dan April.

Tempat wisata yang dikelola KUB atau Kelompok Usaha Bersama Pantairejo dan bekerja sama dengan Dinas Perikanan & Kelautan Banyuwangi ini ternyata terbagi menjadi dua zona. Zona pertama adalah zona yang bisa dimasuki oleh masyarakat umum. Kedua, yaitu zona inti untuk melindungi kawasan tempat penyu bertelur. Zona inti ini hanya dapat dimasuki oleh pengunjung yang berwenang.

Daya Tarik Pantai CemaraKredit foto: Instagram Riky Saputra

3. Matahari Terbenam Terbaik

Saat matahari terbenam, atau yang biasa disebut dengan sunset, menjadi pemandangan yang sering dikejar banyak wisatawan. Tentu saja, saat melihat sunset di pantai, rasanya semakin indah. Selain itu, pemandangan matahari terbenam dari pantai ini benar-benar indah dan mempesona setiap pasang mata yang melihatnya.

4. Pasir hitam

Jika biasanya Anda hanya menemukan pasir berwarna coklat atau putih, cobalah datang ke Pantai Cemara untuk mencari pasir hitam. Meski warnanya hitam, pasirnya sangat bersih. Selain itu, teksturnya juga cukup halus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Cemara BanyuwangiKredit foto: Instagram Riky Saputra

Pantai Cemara merupakan salah satu andalan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sendiri berada di Desa Rowo, Desa Pakis, Kabupaten Banyuwangi. Jarak ke pusat kota Banyuwangi yang hanya sekitar 7 km sangat dekat.

Waktu yang dibutuhkan hanya 20 menit dengan kendaraan pribadi roda empat atau dua dalam kondisi lalu lintas lancar. Karena lokasinya yang sentral, koneksi jalan bebas masalah dijamin.

Rute dimulai dari pusat kota melalui Jl Adi Sucipto dan berlanjut hingga Anda melihat perempatan besar. Dari sana, belok kiri untuk sampai ke Jl Ikan Layur dan terus ikuti jalannya.

Kemudian di ujung jalan ada jalan buntu, belok kanan sampai ke Jl Pantai Rejo. Ikuti terus petunjuk arah menuju pantai. Setelah sampai di Jl Pantai Cemara berarti perjalanan hampir selesai.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai CemaraSumber gambar: Twitter affine julia

Wisatawan dapat mengunjungi pantai Cemara kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi salah satu pantai yang indah ini adalah pada sore dan pagi hari. Selain udaranya yang segar, pantai ini biasanya tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan pada pagi hari.

Tiket masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau. Setiap wisatawan yang ingin masuk ke sana hanya akan dikenakan tiket masuk sekitar 2.000 hingga 10.000 rupiah. Uang yang Anda bayarkan tentu saja akan digunakan sebagai pembalasan. Perhatikan bahwa biaya kompensasi dapat berubah nanti.

Aktivitas menarik di pantai Cemara

Aktivitas di pantai CemaraSumber gambar: Twitter ijen

1. Berkemah

Ada lapangan yang sangat luas yang bisa digunakan untuk berkemah. Lapangan yang luas dapat digunakan sebagai tempat mendirikan tenda tidur, dan juga dapat digunakan untuk olahraga seperti senam. Wisatawan juga diperbolehkan mendirikan tenda di tepi pantai.

Namun, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada pemandu jika berencana untuk bermalam atau berkemah di kawasan Pantai Cemara. Jika izin telah diberikan, maka jangan biarkan diri Anda melanggar sesuatu yang dilarang.

2. Ambil foto

Destinasi wisata kini tak hanya dijadikan sebagai tempat melepas penat, tapi juga sebagai tempat berfoto. Demam media sosial telah mencapai semua orang yang hidup di era globalisasi ini. Anda juga akan menemukan beberapa spot foto yang sangat instagramable di sini.

Misalnya, kursi yang berwarna-warni dan indah, bunga berwarna-warni dengan bentuk love, bahkan kesempatan untuk berfoto bersama penyu. Jadi jika Anda datang ke sini, inventaris foto bagus Anda akan meningkat.

3. Berenang

Aktivitas menarik di pantai CemaraSumber gambar: Twitter Ninin Zandrea

Pantai Cemara Banyuwangi memiliki ombak yang tidak besar. Selain itu, kawasan pantai juga tidak memiliki banyak bebatuan yang dapat mengganggu aktivitas seperti menyelam dan berenang.

Kawasan pantai tergolong aman bagi semua wisatawan yang ingin berenang, baik anak kecil maupun dewasa. Namun, penting untuk tetap waspada dan tidak melebihi batas yang diizinkan saat berenang.

4. Piknik

Jika Anda datang ke pantai indah ini bersama rombongan, maka piknik merupakan kegiatan menarik yang sayang untuk tidak Anda lewatkan. Piknik bersama adalah kegiatan yang sangat seru dan menyenangkan. Anda dapat mengobrol sambil membawa makanan ringan sendiri. Hal ini membuat tubuh lebih rileks dan nyaman.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di Pantai BanyuwangiKredit foto: saluran Google Maps Melodikaputri99

1. Selatan

One South merupakan resort yang sangat estetis dengan bangunan minimalis dan balkon sebagai tempat berkumpulnya keluarga. Harga sewa untuk satu malam sekitar 300.000 rupiah. AC dan WiFi adalah fasilitas utama resor.

2. Hotel Santika

Menghadirkan suasana Bali, hotel ini sering dijadikan pilihan oleh banyak orang untuk menginap. Fasilitas di sini antara lain minibar, gym, WiFi, kolam renang dan lain-lain. Hotel ini mampu membuat masa menginap Anda lebih nyaman dan mengasyikkan. Harga sewa per malam sekitar 500.000 rupiah.

3. Blambangan Hotel

Hotel Blambangan merupakan salah satu tempat menginap yang tepat jika Anda menginap bersama keluarga. Pasalnya, kompleks hotel sangat bagus dan nyaman. Berbagai fasilitas ditawarkan termasuk WiFi, kolam renang, dan tempat pertemuan keluarga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Cemara BanyuwangiKredit foto: Instagram Riky Saputra

Untungnya, Pantai Cemara Banyuwangi telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung yang cocok di sana. Sesampai di sana, jangan bingung ketika menemukan toilet umum di kawasan ini karena beberapa fasilitas toilet cukup bersih dan terawat.

Bagi wisatawan yang tidak ingin repot membawa bekal dari rumah, kawasan hutan pinus ini sudah memiliki beberapa toko, warung, dan pedagang keliling yang menawarkan berbagai makanan dan minuman. Harganya pun bervariasi tergantung jenis bahan makanan yang Anda beli. Jadi jangan takut kelaparan saat liburan ke sini.

Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati panorama sekitar, bisa duduk di gazebo yang disediakan di lokasi. Pada siang hari, saat matahari sedang terik, pendopo biasanya dipenuhi wisatawan. Tempat parkir yang luas juga tersedia sehingga kendaraan pribadi Anda dapat aman.

Itulah beberapa hal tentang Pantai Cemara di Banyuwangi. Setidaknya rasa penasaran Anda tentang tempat wisata ini bisa sedikit terobati.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button