Tak Berkategori

Pantai Cidora Garut – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Cidora yang populer untuk menikmati panorama matahari terbenam yang menakjubkan di Garut juga merupakan tempat yang ideal untuk memancing.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Purbayani, Kec. Caringin, Kab.Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Kawasan pesisir selatan Garut, Jawa Barat, menyimpan banyak pantai indah yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Cidora yang bersebelahan dengan Pantai Rancabuaya yang populer di kalangan wisatawan. Kawasan pantainya cukup landai dengan pasir hitam dan bebatuan karang di beberapa sisi pantai.

Pantai ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka keramaian. Jumlah pengunjung yang lebih sedikit dibandingkan Rancabuaya membuat suasana pantai semakin sepi. Wisatawan bisa menikmati pemandangan dan suasana pantai dengan lebih puas seolah-olah berada di pantai pribadi.

Ombak di Pantai Cidora tidak sekeras pantai di laut selatan lainnya, karena terdapat beberapa tebing karang yang memecah ombak. Saat air laut surut, terbentuklah kolam-kolam kecil di celah-celah batu tempat ikan-ikan kecil dapat ditangkap. Tentunya masih banyak lagi hal menarik yang ditawarkan pantai ini, penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Cidora

Daya Tarik Pantai CidoraSumber gambar: Google Maps Cindi Putri Utami

1. Pantai yang landai

Ciri-ciri pantai ini cukup landai dengan pasir berwarna hitam dan agak kasar. Membentang sekitar 1 kilometer dan menawarkan ombak yang menakjubkan. Di dekat muara sungai, ombaknya lebih bersahabat karena dilindungi tebing, sehingga ombak besar pecah sebelum sampai di pantai.

Panorama lautnya berpadu indah dengan pemandangan perbukitan hijau disekitarnya. Tebing-tebing yang mengelilingi pantai yang ditumbuhi pepohonan rindang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Di beberapa sisi pantai, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan bebatuan karang dengan deburan ombak yang selalu menerjang. Saat air surut, wisatawan bisa melihat lebih dekat. Kolam-kolam kecil tercipta dari air laut yang terperangkap di tengah bebatuan karang.

2. Suasana pantai yang tenang

Suara deburan ombak merupakan suara alam yang memecah suasana pantai Cidora yang mempesona. Pengunjungnya tidak sebanyak di pantai-pantai populer, membuat kawasan ini lebih sepi.

Wisatawan ditemani suara deburan ombak di sekitar pantai. Pepohonan di sepanjang pantai menambah rindangnya suasana tempat ini. Memberikan udara segar dan angin sepoi-sepoi yang menenangkan di cuaca panas.

3. Matahari terbenam

Pesona keindahan Pantai Cidora juga terletak pada pemandangan matahari terbenamnya. Laut selatan memiliki daya tarik tersendiri yang selalu dicari para pecinta matahari terbenam. Menghadap ke laut lepas, pantai ini menjadi tempat terbaik untuk mengagumi keindahan matahari terbenam.

Jika hari cerah, Anda juga bisa menikmati pemandangan burung di laut menjelang matahari terbenam. Cahaya senja terpantul di permukaan air laut dan membentuk siluet tebing-tebing yang mengelilingi pantai, menawarkan pemandangan menakjubkan di penghujung hari yang indah.

4. Tempat memancing

Indahnya pemandangan pantai ini dilengkapi dengan pantai berpasir dan tebing karang. Daerah berbatu ini merupakan tempat memancing yang populer bagi wisatawan. Saat permukaan air laut sedang rendah, biasanya banyak ikan yang terjebak di bebatuan karang.

Kawasan yang dihiasi bebatuan karang ini tidak hanya menawarkan spot memancing tetapi juga kesempatan berfoto alam. Keindahan pantai dan keberadaan bebatuan karang membuat pemandangan semakin terlihat estetis.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai CidoraKredit foto: Google Maps Kang menjaga toilet

Meski tidak banyak tanda yang mengarah ke pantai, namun tidak sulit menemukan tempat wisata bahari di desa Purbayani ini. Lokasinya dekat dengan Pantai Rancabuaya yang populer di kalangan traveler. Jadi Anda bisa menggunakan jalur yang sama seperti menuju Pantai Rancabuaya.

Jika anda datang dari luar daerah, anda bisa menggunakan jalur selatan atau juga melalui Tasikmalaya. Melalui jalur Cipatujah yang menyuguhkan pemandangan laut di sepanjang perjalanan. Sedangkan wisatawan asal Kota Garut bisa langsung menuju ke selatan menuju Desa Purbayani di Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat.

Perjalanan dari pusat kota Garut memakan waktu sekitar 4-5 jam. Gunakan jalur yang mengarah ke Pantai Rancabuaya hingga sampai di pintu masuk pantai. Sebelum sampai di Pantai Rancabuaya, Anda akan menemukan papan bertuliskan “Pantai Cidora”.

Wisatawan yang berada di Rancabuaya juga bisa mengunjungi Cidora dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Kedua pantai ini memiliki tebing karang yang membatasinya. Saat laut surut, negara ini membuka diri bagi wisatawan yang ingin berjalan-jalan ke pantai tetangga.

Biaya masuk wisata bahari

Anda tidak perlu khawatir dengan budget liburan karena wisata di pantai ini sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Wisatawan bisa mengunjungi Pantai Cidora kapan saja karena tempat ini buka 24 jam setiap harinya.

Aktivitas yang menyenangkan

Biaya masuk Pantai CidoraKredit foto: Google Maps Anggoro Prasetyo Utomo

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Bagi Anda yang penat dengan kehidupan sehari-hari dan pekerjaan, mungkin sudah saatnya bersantai sejenak di Pantai Cidora. Lepaskan segala beban dan lupakan sejenak pekerjaan kantor.

Wisatawan bisa duduk bersantai di atas pasir sambil menikmati pemandangan laut. Saksikan deburan ombak yang tak henti-hentinya mengejar dan memandangi laut lepas yang begitu mempesona. Nikmati suara alam yang menenangkan di tepi pantai atau dengarkan musik favorit melalui headset.

2. Berjemur

Mungkin bukan hobi favorit sebagian besar orang Indonesia. Namun pantai ini landai dan cocok bagi wisatawan yang ingin berjemur. Anda bisa datang di pagi hari untuk menikmati hangatnya sinar matahari. Jika panas, sebaiknya kenakan pelindung panas seperti topi dan kacamata hitam.

3. Berenang

Pantai di sisi selatan Jawa yang ombaknya besar sangat tidak aman untuk berenang. Jika Anda berencana berenang di Pantai Cidora, sebaiknya ikuti panduan keselamatan yang ada. Jangan bermain terlalu medium atau di area yang ombaknya besar.

Wisatawan bisa berenang di sekitar muara sungai yang ombaknya lebih tenang. Ombak yang sampai ke muara sudah pecah saat menghantam tebing karang. Meski demikian, wisatawan yang mengajak anak-anak berenang tetap perlu hati-hati dan diawasi.

4. Sepanjang Pantai Cidora

Aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan adalah berjalan-jalan di sepanjang pantai. Pasir pantai yang sedikit kasar bisa menjadi terapi alami pijat refleksi kaki. Pengunjung juga bisa berjalan-jalan menyusuri pantai saat air surut dengan berjalan di atas bebatuan karang.

Bebatuan karang yang ada di pantai eksotik ini sungguh indah dan perjalanan Anda pasti tidak akan membosankan. Sesekali Anda bisa berhenti dan melihat ke celah-celah bebatuan, mungkin Anda akan menemukan ikan atau cumi-cumi.

5. Memancing

Tidak semua pantai memiliki spot mancing, namun Pantai Cidora bisa menjadi tempat menarik bagi Anda yang hobi memancing. Jangan lupa membawa peralatan memancing dan umpan secukupnya serta nikmati waktu santai memancing di pinggir pantai.

Anda bisa menikmati hasil mancing di pinggir pantai dengan cara dibakar dan dibumbui dengan kecap yang nikmat. Jika berhasil menangkap ikan dalam jumlah banyak, Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

6. Ambil foto

Jangan lewatkan aktivitas ini jika Anda sedang berlibur di Cidora. Gunakan pemandangan indah tempat ini sebagai latar belakang foto Anda. Anda bisa mencoba spot foto yang indah, seperti di dekat tebing dan bebatuan.

Jangan lupa untuk mengabadikan pesona pesona ombak di sekitar Pantai Cidora. Tempatnya yang sepi ini memudahkan Anda mengambil foto dengan leluasa tanpa mengganggu wisatawan yang lewat.

Pantai yang sepi pengunjung juga bisa menjadi tempat menarik untuk berburu foto romantis. Pagi dan sore hari menjadi waktu terbaik untuk mengambil foto di lokasi ini.

7. Berburu Matahari Terbenam

Mereka yang sabar menunggu akan mendapat bingkisan indah berupa indahnya pemandangan matahari terbenam di tepi pantai. Wisatawan bisa datang pada sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam. Sambil menunggu senja, Anda bisa menikmati makanan lezat seperti ikan bakar.

Terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Anda tidak perlu khawatir akan menguras kantong terlalu banyak karena harga makanan dan minuman di pantai ini lebih murah dibandingkan pantai terkenal lainnya di Jawa Barat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai CidoraKredit foto: Google Maps Ayye Arifin

Fasilitas di Pantai Cidora belum memadai. Namun untuk parkir, wisatawan bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitar pantai yang cukup luas. Anda tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat parkir karena selain luasnya, pantai ini juga tidak terlalu ramai pengunjung.

Ada warung makan di dekat pantai. Warung-warung kecil tersebut menjual makanan ringan dan minuman bagi wisatawan yang lapar dan tidak membawa perbekalan sendiri.

Meski minim fasilitas, wisatawan tetap bisa menikmati kawasan pantai ini dengan nyaman. Jika Anda membutuhkan tempat makan, bermalam atau melakukan hal lain, Anda bisa memandangi pantai yang tidak terlalu jauh.

Jadi apakah Anda siap untuk petualangan selanjutnya di Pantai Cidora yang mempesona? Tempatnya sangat indah dan bersih sehingga tidak akan mengecewakan Anda. Namun sebaiknya membawa perbekalan yang cukup karena fasilitas di pantai ini sangat terbatas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button