Tempat Wisata

Pantai Cijeruk Garut – atraksi, aktivitas, tempat dan harga tiket

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Sancang, Kec. Cibalong, Cab.Garut, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Jika anda berbicara mengenai pantai yang sangat recomended di Kabupaten Garut, maka anda bisa mengunjungi Pantai Cijeruk. Memang wisata pantai ini terkenal dengan keindahannya yang mempesona sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya.

Pantai ini terletak tepat di pedalaman dan karena masih sangat alami, akhirnya mendapat julukan “Pantai Perawan”. Di pantai ini Anda bisa menikmati hal-hal menarik dan seru yang ditawarkan liburan Anda.

Untuk itu sangat disarankan untuk tidak melewatkan waktu mengunjungi Pantai Cijeruk menjelang hari raya. Atraksi yang dihadirkan tentu akan membuat liburan semakin seru. Apalagi jika Anda datang bersama keluarga dan pasangan.

Daya tarik Pantai Cijeruk

Objek wisata pantai CijerukFoto oleh Indra Dh / Google Maps

1. Suasana di pantai begitu alami

Jika ingin mencari tempat wisata yang alami dan nyaman seperti itu, saat ini cukup sulit. Akibat cukup populernya tempat wisata dan eksploitasi dalam berbagai bentuk, kesan terhadap alam pun mulai memudar.

Namun hal itu tidak akan Anda temukan saat berada di Pantai Cijeruk. Padahal, pantai ini diketahui terletak jauh dari pusat kota dan menjadi salah satu tempat wisata alam. Kondisi ini cukup sulit ditemukan.

Selain itu, bagi anda yang ingin menuju pantai ini harus melalui hutan karet yang sangat lebat disini. Hal inilah yang akhirnya menjadikan pantai ini begitu misterius karena keberadaannya di balik rimbunnya pepohonan karet. Selain itu, Anda juga akan menemukan keindahan tersembunyi dari pohon karet yang tumbuh di tempat ini.

2. Pasir pantai sangat halus

Daya tarik selanjutnya yang bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Pantai Cijeruk adalah pasir di pantai ini terasa begitu halus. Teksturnya yang lembut membuat wisatawan merasa nyaman saat harus beraktivitas di atas pasir.

Pantai ini sebenarnya dipenuhi pasir landai yang bahkan mencapai bagian tengah pantai. Sehingga ketika anak-anak ingin bermain di kawasan berpasir tersebut, mereka merasa benar-benar aman tanpa takut ombak besar.

3. Kejernihan air pantai

Dilihat dari kejauhan, air laut di Pantai Cijeruk sebenarnya memiliki dua warna yaitu biru tua dan jernih. Namun jika diperhatikan lebih dekat, sebenarnya air pantai tersebut terlihat begitu jernih.

Jangan khawatir dengan kebersihannya, karena sangat jarang ditemukan sampah di tempat ini. Bagi Anda yang suka bermain air dan juga suka berenang, air di pantai ini dinilai cukup aman karena tidak mengandung limbah beracun yang dapat membahayakan tubuh.

Selain itu, air pantainya terasa dingin dan sejuk sehingga Anda tidak akan kedinginan saat bermain air.

4. Pemandangan matahari terbenam yang indah

Daya tarik pantai berikutnya adalah pemandangan matahari terbenam yang indah. Jika anda mengunjungi tempat ini pada saat matahari terbenam, anda bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam ini nantinya.

Senja yang mempesona dipadukan dengan warna oranye menciptakan perasaan tenang dan nyaman. Tentunya masa ini merupakan masa yang tidak boleh dilewatkan, apalagi jika Anda datang bersama pasangan.

5. Ombak tenang di Pantai Cijeruk

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ombak di pantai ini biasanya tenang. Selain karena sifat pasirnya yang cukup menjorok ke arah laut, serta letak geografisnya, hal ini menjadi alasan mengapa pantai ini memiliki ketinggian yang relatif tenang.

6. Pantai yang dikelilingi perbukitan

Daya tarik lain yang menggugah minat banyak wisatawan untuk terus mengunjungi tempat ini adalah pantai ini dikelilingi kawasan perbukitan. Disana kamu bisa melihat deretan perbukitan yang terlihat begitu hijau dan asri juga. Alhasil, suasana di pantai pun akhirnya sangat sejuk.

Berbeda dengan suhu pantai pada umumnya yang akan Anda temui, suhu pantai di sini relatif stabil dan sejuk. Hal ini menjadikan pantai ini sangat menarik sebagai tempat bersantai sambil menikmati jajanan atau makanan.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai Cijerukfoto dari Temukan Jawa Barat /Twitter

Secara geografis Pantai Cijeruk sebenarnya lebih dekat dengan kota Tasikmalaya. Padahal, pantai tersebut termasuk dalam wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bagi Anda yang berangkat dari Kota Garut, Anda bisa memilih jalur alternatif.

Pilihan pertama adalah melewati Jalan Garut lalu berkendara ke Cikalang. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Jalan Amblas.

Jika berangkat dari sini menuju kota Tasikmalaya, Anda bisa menggunakan Jalan Perintis Kemerdekaan. Nanti tinggal lurus ke selatan hingga sampai di Jalan Karangnunggal.

Sebenarnya mencari lokasi pantai tidaklah sulit, selain itu kini sudah ada fitur yang memudahkan dalam mencari lokasi, seperti Google Maps. Dengan cara ini Anda hanya perlu menggunakan satu perangkat smartphone saja.

Biaya masuk wisata pantai

Yang tak kalah menarik jika ingin berkunjung ke Pantai Cijeruk adalah tidak dipungut biaya masuk di tempat ini bagi siapapun yang ingin masuk. Anda bebas keluar masuk sepuasnya, namun tentunya ada syarat yang harus dipatuhi yaitu seluruh wisatawan dilarang keras merusak atau mencemari pantai dengan sampah.

Demi keamanan, pantai ini memiliki tempat parkir yang luas dan sangat aman. Nantinya Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja. Adapun untuk jam operasional pantai ini, pihak pengelola menerapkan aturan buka pada pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00.

Aktivitas seru di Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk menjadi bagian dari daya tariknyaFoto oleh Ryan Kurniawan / Google Maps

1. Berkemah

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama menginap di Pantai Cijeruk adalah berkemah. Pantai ini sebenarnya sering dijadikan tempat camping dan seru sekali. Bagi yang ingin berkemah nantinya harus mendapat izin dari petugas atau pengelola pantai.

Pasir pantai yang terasa begitu landai dan lembut ternyata bisa menjadi sarana alami yang sangat baik bagi Anda yang ingin mendirikan kemah. Anda juga melakukan kegiatan api unggun di malam hari yang tentunya sangat menarik.

2. Memancing

Ada banyak spot memancing seru yang bisa Anda akses selama menginap di sini. Karena ikannya banyak dan tentunya tidak akan bosan saat memancing di pinggir pantai. Hasil tangkapannya bisa Anda bawa pulang atau dibakar di Pantai Cijeruk.

Apalagi bagi pengunjung yang ingin berkemah di pinggir pantai, tentunya akan sangat seru jika malam harinya mengadakan acara barbeque ikan bersama keluarga atau teman.

Jenis ikan yang hidup di pantai indah ini memang sangat beragam. Namun tidak hanya ikan saja, masih banyak juga biota air lainnya yang bisa ditemukan. Misalnya tumbuhan yang tumbuh di pinggir karang, alga dan lain sebagainya.

3. Berlayar

Rekomendasi aktivitas selanjutnya untuk Anda adalah berlayar di pantai. Di sini nantinya Anda bisa menyewa perahu dari para nelayan untuk menjelajahi keindahan pantai lebih dekat.

Air laut di pantai ini memang sangat jernih, sehingga wajar jika begitu menaiki perahu Anda bisa melihat dasar laut dari dekat. Ini memberi Anda perasaan berjalan melalui akuarium besar.

4. Menikmati porsi kuliner

Tentu saja kegiatan ini tidak boleh dilewatkan bagi para penikmat kuliner. Seperti yang telah dijelaskan, terdapat banyak populasi ikan yang sangat berbeda-beda di pantai Cijeruk. Sebab, mayoritas penduduk sekitar berprofesi sebagai nelayan.

Anda juga akan menemukan tempat pelelangan ikan tak jauh dari bibir pantai. Di sana mereka menjual hasil tangkapannya. Anda juga bisa membeli berbagai jenis ikan segar dan harganya relatif murah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pantai CijerukFoto oleh Dudi Hudaya / Google Maps

Sedangkan untuk masalah fasilitasnya sendiri, Pantai Cijeruk bisa dikatakan termasuk salah satu tempat wisata dengan fasilitas yang wajar. Dengan cara ini tentunya aktivitas para wisatawan selama berada di tempat-tempat wisata menjadi lebih dimudahkan.

Terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti, tempat parkir, musala, dll. Selain itu, bagi Anda yang ingin bermalam juga tersedia penginapan dengan harga yang relatif murah.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat banyak warung. Penawaran di stand tersebut memang sangat bervariasi dan tentunya sangat nikmat di lidah.

Pantai Cijeruk merupakan salah satu pantai yang masih sangat alami di Garut dan menampilkan keindahan alam dengan begitu sempurna. Jika saat ini Anda sedang mencari tips lokasi pantai yang menarik, Anda bisa segera pergi ke pantai saat liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button