Berita Wisata

Pantai Cijeruk Garut dan mitos Nyi Roro Kidul

Pantai Cijeruk merupakan objek wisata yang terletak di Desa Sagara, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kawasan pantai ini merupakan kawasan yang masih asri sehingga masih belum banyak pengunjung.

Keberadaan pantai Cijeruk memang cukup jauh dari pantai Santolo, namun masih berada di kawasan Garsel atau Garut Selatan. Jika ingin kesana, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 108 km atau sekitar 3 jam 15 menit dari pusat kota Garut.

Untuk mengakses Pantai Cijeruk, ambil jalur alternatif melalui Jalan Raya Garut menuju Cikajang. Kemudian lanjutkan perjalanan ke selatan hingga menemukan Jalan Runtuh. Masuk jalan Ciparay – Cisompet – Cigodeg, dari Jalan Sirna Bakti anda akan segera menemukan pantai Cijeruk.

Baca juga : Pantai Manalusu Garut, Pesona Zamrud Selatan

Keindahan obyek wisata pantai Cijeruk Garut

Karena pantai Cijeruk masih terlalu ramai dengan pengunjung, tempat ini cocok dijadikan tujuan liburan untuk menjernihkan pikiran. Selain itu, masih banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke pantai ini.

Tidak terlalu banyak pengunjung

Menurut informasi dari warga sekitar, Pantai Cijeruk Garut belum menetapkan tarif resmi tiket masuk wisata. Hanya saja, turis harus membayar Rp 3.000 di tempat parkir yang dikelola warga.

Kondisi pantainya sendiri masih sangat asri karena merupakan surga tersembunyi yang belum banyak dikunjungi pengunjung. Oleh karena itu, wisatawan dapat dengan bebas menjelajahi pantai pasir putih seperti milik mereka sendiri.

Airnya cukup jernih, sehingga wisatawan cukup berjalan menyusuri pantai. Namun, kondisi airnya tidak aman untuk berenang karena ombaknya cukup besar.

Baca juga : Pantai Santolo Garut, berpasir putih dengan ombak yang tinggi

Makan nasi liwet dan berkemah

Meski tidak bisa berenang, wisatawan tetap bisa menikmati keramahan saat berlibur di pantai Cijeruk Garut karena ada warung-warung kecil yang menyediakan nasi liwet.

Ada juga pengunjung yang datang ke perkemahan. Namun perlu diingat bahwa kawasan wisata ini masih dalam tahap pengembangan sehingga fasilitas seperti toilet dan mushola masih terbatas.

Dibalik keindahan Pantai Cijeruk terdapat larangan yang masih berlaku hingga saat ini. Masyarakat setempat percaya bahwa pantai ini milik ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul yang mencintai hijau.

Mitos ini sering dikaitkan dengan kasus orang hilang atau tenggelam yang mengenakan pakaian dengan warna favorit ratu.

Jika ingin berkunjung ke pantai Cijeruk Garut, wisatawan tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau atau apapun. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button