Tempat Wisata

Pantai Cijeruk, pantai indah dengan panorama menakjubkan di Garut

Pantai Cijeruk, pantai indah dengan panorama menakjubkan di Garut

Pantai Cijeruk, destinasi pantai indah dengan panorama menakjubkan di Garut, menawarkan pesona alam yang menakjubkan bagi pengunjungnya.

Harga tiket: Rp6.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Map: Periksa lokasinya

Jawa Barat punya banyak tempat indah yang bisa menjadi tujuan wisata Anda. Salah satunya di Kota Garut. Ada banyak pilihan wisata di Garut, termasuk beberapa pantai indah yang bisa dikunjungi. Salah satu pantai yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Cijeruk.

Wisata pantai merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati dan sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satunya adalah Pantai Cijeruk. Pantai yang dijuluki “Perawan” ini setiap harinya banyak dikunjungi wisatawan. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke sini, terutama saat hari libur.

Konon asal muasal kata “perawan” menurut penduduk setempat berasal dari julukan sebuah pantai yang masih jarang terlihat keberadaannya oleh warga, apalagi pantai ini juga terletak di pedalaman.

Namun seiring berjalannya waktu, pantai ini mulai dikenal banyak penduduk lokal maupun asing. Itu sebabnya Anda wajib datang ke sini.

Daya tarik di pantai Cijeruk

Alamat Pantai CijerukFoto oleh Aulia Channel di Google Maps

Panorama pantai

Daya tarik utamanya adalah suasana di pantai itu sendiri. Suasana yang tenang, damai dan sejuk selalu menjadi sesuatu yang menarik bagi Anda. Kondisinya seperti mendengar suara deburan ombak, melihat hamparan air yang luas dan merasakan lembutnya pasir putih.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pantai ini juga mempunyai air yang sangat jernih, yaitu warna bening kecoklatan pada pertemuan muara dan warna bening kebiruan pada bagian tengah dan tepi pantai. Anda juga bisa mengajak keluarga atau teman Anda untuk berjalan-jalan menyusuri pantai.

Selain itu, ombak di Pantai Cijeruk tidak terlalu tinggi karena tinggi ombak pantai hanya sekitar 1 meter dengan dasar laut yang terjal dan landai. Oleh karena itu Anda bisa berenang di pantai. Sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berenang di tepi pantai.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, disarankan untuk datang pada sore hari agar Anda bisa mengagumi keindahan pantai yang menyatu dengan panorama langit malam. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan bermain di tepi pantai atau sekedar duduk-duduk di pasir putih yang lembut.

Bukit yang indah

Selain panorama pantai yang memiliki hamparan air luas, Anda juga bisa melihat wujud kawasan alam yang permukaan tanahnya lebih tinggi dari permukaan tanah di sekitarnya, atau lebih sering disebut bukit. Pantai Cijeruk menjanjikan beberapa bukit indah yang menyatu dengan perbukitan.

Terdapat bukit-bukit indah di sisi kanan dan kiri pantai. Bukit ini ditumbuhi tanaman hijau yang menyegarkan mata. Anda juga bisa mengabadikan perbukitan dalam potret kamera yang indah. Terdapat berbagai jenis hewan kecil yang hidup secara sembunyi-sembunyi di bukit ini.

Berinteraksi langsung dengan hewan-hewan kecil pantai

Terdapat ekosistem hewan hidup di sepanjang pantai. Karena aman, Anda bisa mengajak keluarga, seperti anak-anak, untuk merasakan sensasi bermain dengan makhluk laut. Berinteraksi langsung dengan hewan dan habiskan waktu bermain.

Hewan laut tersebut antara lain siput, makarel, remis, capit dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda juga dapat melihat ganggang. Populasi rumput laut di pantai Cijeruk cukup besar, apalagi rumput laut bisa dipetik langsung!

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket pantai CijerukFoto oleh Astro Boy di Google Maps

Objek wisata Pantai Cijeruk yang indah ini terletak di Desa Sagara, Kecamatan Pameungpeuk Cijeruk Indah, Kota Garut, Jawa Barat. Lokasi pantai ini cukup jauh dari kota Garut yaitu sekitar 108 kilometer perjalanan menuju lokasi. Meski jauh, perjalanannya tidak akan membosankan, karena panorama perjalanan menuju lokasi sangat menarik.

Dalam perjalanan Anda akan melihat ruas perkebunan karet di sisi kiri dan kanan jalan. Tanaman hijau ini tentunya menciptakan kondisi yang agak sejuk dan cuaca yang cukup dingin. Perjalanan ini tidak akan berliku.

Jalan beraspal dan perjalanan yang tidak berkelok-kelok memastikan perut Anda cukup kencang untuk tidak goyang dan mengeluarkan isinya. Hal ini tentunya dapat mengurangi beban khususnya bagi Anda yang mempunyai masalah mabuk perjalanan.

Untuk mencapai lokasi anda dapat menggunakan mobil atau sepeda motor sebagai alat transportasi menuju pantai. Selain kendaraan sendiri, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum, meski sayangnya angkutan umum di pantai ini masih sangat sedikit. Oleh karena itu, akan lebih praktis jika menggunakan kendaraan pribadi.

Waktu tempuh Anda bisa 3 jam perjalanan. Bagi wisatawan yang datang dari Garut, cukup ambil Jalan Raya Garut menuju Cikajang, lalu lurus ke selatan hingga ke Jalan Amblas, Ciparay dan lurus ke Jalan Cisompet hingga sampai di pertigaan lalu belok kiri di sana belok.

Setelah belok kiri Anda akan menemukan Jalan Sinar Bakti lurus ke timur melewati Jalan Miramareu. Di sana Anda akan menemukan gardu listrik yang mengarah ke pantai Cijeruk. Untuk menuju pantai ini anda hanya perlu berjalan kaki karena jalannya akan sedikit terjal dan sempit.

Biaya masuk dan jam buka

Pantai yang menjanjikan keindahan menarik ini bisa Anda kunjungi dengan harga terjangkau karena tiket masuknya dibanderol Rp. 6.000. Harga tiket ini sudah termasuk tur berpemandu ke seluruh pantai, seperti jalan-jalan di pantai atau berenang. Namun, Anda harus bersiap membawa baju ganti jika berencana berenang.

Biaya parkir per kendaraan hanya Rp 5.000 dan untuk sepeda motor Rp 3.000. Jam buka pantai ini adalah: Buka setiap hari mulai pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai CijerukFoto oleh Abbized di Google Maps

1. Bermalam

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat pergi ke pantai. Apalagi bagi Anda yang mengundang keluarga atau teman. Anda bisa menyewa beberapa akomodasi yang tersedia di pinggir pantai atau mendirikan tenda di bibir pantai yang landai.

Kegiatan ini tidak akan lengkap tanpa menyalakan api unggun. Bernyanyi bersama dan memanggang makanan seperti jagung bakar, BBQ dan makanan lainnya. Suasana wisata pantai di Garut juga bisa Anda rasakan saat angin bertiup dan ombak saling bereaksi berirama.

2. Spot foto di Pantai Cijeruk

Tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen-momen indah bukan? Salah satu alasan traveling adalah untuk mengabadikan momen yang bisa kita simpan di kamera.

Anda bisa memotret banyak tempat indah, seperti pesisir Pantai Cijeruk, beberapa bukit, atau bahkan memotret makhluk laut sambil berenang.

3. Kuliner

Pantai identik dengan nelayan. Salah satu makanan yang paling populer di Pantai Cijeruk adalah ikan. Banyak nelayan yang menjual ikannya dengan harga murah. Ikan ini didapat dari hasil tangkapan. Biasanya, nelayan berangkat menangkap ikan pada sore hari dan pulang pada pagi hari.

Selain ikan, juga disajikan beberapa masakan khas Sunda yang bahan dasarnya juga ikan. Anda dapat memesan kuliner lezat dari kami yang sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga

4. Memancing

Sama seperti Fischer, Anda juga bisa melakukannya. Yang perlu anda persiapkan adalah peralatan memancing atau anda bisa menyewa peralatan memancing lengkap dengan umpan dari nelayan.

5. Berenang

Jika ingin merasakan sentuhan dinginnya air laut, Anda bisa berenang di tepi pantai. Anda tidak perlu khawatir terkena ombak karena pantai Cijeruk merupakan salah satu pantai dengan kondisi ombak yang bersahabat. Namun, disarankan untuk berhati-hati!

6. Berlayar

Pantai Cijeruk juga menyediakan beberapa perahu bagi anda yang ingin berlayar, ada yang berlayar di ujung bukit dengan bukit lainnya. Anda juga bisa berlayar bersama keluarga. Di atas kapal tersebut anda mempunyai petugas sebagai supir yang siap mengantar anda berlayar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai CijerukFoto oleh Febrian Femmy di Google Maps

Wisata ke Pantai Cijeruk tentunya memberikan fasilitas yang memadai. Meski tiket masuknya sangat murah, namun kualitas fasilitas yang ada di pantai ini tidak kalah.

Berbagai fasilitas tersebut antara lain tempat parkir yang luas untuk mobil dan sepeda motor, serta terdapat juga warung makan di pinggir pantai.

Lalu ada musala untuk perempuan dan laki-laki dengan air bersih, serta ada toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Bagi yang ingin berenang, tersedia juga area ganti pakaian khusus yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Bagi yang ingin menginap di pantai, akomodasi ramah budget juga tersedia di tepi pantai. Dengan pemandangan penginapan yang letaknya langsung di atas air, Anda bisa mengajak keluarga untuk menginap.

Pantai Cijeruk merupakan pantai indah yang tak kalah menarik dengan pantai populer lainnya di Jawa Barat. Meski jauh dari kota, namun sebanding dengan suasana pantai yang memberikan perasaan tenang. Oleh karena itu, destinasi ini wajib Anda kunjungi jika berada di Jawa Barat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button