Tempat Wisata

Pantai Cimaja: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Daerah Sukabumi terkenal dengan pasir putih dan pantai selatannya yang landai. Salah satunya adalah Pantai Cimaja. Pantai ini merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Pelabuhan Ratu. Objek wisata ini terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi pantai ini tersembunyi dan tidak pinggir jalan seperti pantai-pantai lain di Pelabuhan Ratu. Jarak dari Pelabuhan Ratu sekitar 10 km.

Pantai ini cenderung lebih sepi dan bersih dibandingkan pantai-pantai sibuk di sekitar Pelabuhan Ratu. Mayoritas pengunjungnya bukanlah keluarga rekreasi melainkan penggemar selancar air. Dengan semakin populernya Pantai Cimaja, banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang datang ke sana. Baik untuk berselancar maupun sekedar menikmati keindahan alam Pantai Cimaja.

Fasilitas di Pantai Cimaja

Banyaknya gubuk-gubuk beton yang berjejer di pantai ini mengundang Anda untuk bersantai menikmati deburan ombak. Di sekitar pantai juga terdapat hotel dan penginapan dengan harga terjangkau. Namun, harga dapat meningkat untuk penginapan di akhir pekan dan hari libur nasional. Oleh karena itu, yang terbaik adalah membuat rencana ke depan.

Selain itu, banyak juga restoran atau warung kuliner yang menyajikan makanan laut untuk memanjakan lidah dan perut. Tak ketinggalan, ada toko suvenir yang menjual kerajinan laut buatan lokal. Keamanan tempat parkir yang tersedia juga terjamin sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

Tak kalah pentingnya, kawasan pantai ini juga memiliki musala dan toilet yang memadai. Kelengkapan fasilitas yang tersedia menjamin pengunjung merasa nyaman dan aman saat berwisata di Pantai Cimaja.

Keindahan Pantai Cimaja

Daya tarik dari pantai ini adalah ombaknya yang besar dikejar oleh para peselancar lokal maupun mancanegara. Bahkan beberapa pengunjung membawa papan selancar pribadinya untuk merasakan ganasnya ombak pantai ini. Meski ganas, ombak di Pantai Cimaja sangat cocok untuk peselancar pemula. Peselancar biasanya mulai berselancar di sini pada sore hari.

Pantai ini sering mengadakan acara selancar nasional dan internasional. Oleh karena itu, papan nama Pantai Cimaja terbuat dari beton berbeda dengan pantai lain di Pelabuhan Ratu yang ditandai dengan gapura. Papan nama pantai ini bertuliskan “Lokasi Selancar, Taman Objek Wisata Cimaja, Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat”.

Pada awalnya, para peselancar mancanegara lah yang aktif mempromosikan Pantai Cimaja melalui forum dunia maya dan media sosial. Belakangan, nama Cimaja berkembang menjadi salah satu tempat selancar paling memikat dan menakjubkan di Pulau Jawa. Ombaknya besar dan ganas, terutama di musim panas, dari bulan Mei hingga Oktober. Itu sebabnya pada bulan-bulan tersebut pantai ini banyak dikunjungi oleh para peselancar yang ingin mencoba kemampuan selancarnya.

Pantai Cimaja mulai terkenal setelah pemuda asal Cimaja bernama Dede Suryana berhasil mengalahkan peselancar legendaris Robert Kelly Shelter. Keberhasilan Dede meraih juara pertama kompetisi selancar ini membuat pantai ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Pengunjung yang tidak tertarik berselancar bisa menikmati pemandangan khas pantai selatan ini sambil berjalan-jalan dan menghirup udara sejuk. Pasir pantainya yang berwarna abu-abu bersih dan halus sehingga memudahkan untuk berjalan tanpa alas kaki atau bermain pasir.

Selain itu, bebatuannya tidak tajam, sehingga kita bisa dengan mudah bertelanjang kaki di sini. Tak kalah menariknya adalah pemandangan matahari terbenam matahari terbenam Apa yang bisa Anda lihat di pantai ini sayang untuk dilewatkan. Banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Pantai Cimaha ini. Diantaranya adalah Sumber Air Panas Cisolok, Air Terjun Cicurug, dan Pura Dewi Kwan In Goa Lalay.

Berburu foto di Pantai Cimaja

Keindahan matahari yang perlahan mulai terbenam khas Pantai Selatan, sayang sekali jika tidak diabadikan dengan kamera. Juga suasana pantai yang banyak terdapat peselancar yang berselancar di tengah laut menjadi objek foto yang bagus.

Biaya masuk ke pantai Cimaja

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka pantai Cimaja

Peta lokasi arah Pantai Cimaja

Tips berlibur di Pantai Cimaja

  • Berhati-hatilah saat bermain air karena ombaknya sangat besar.
  • Gunakan tabir surya untuk menghindari sengatan matahari.
  • Disarankan berangkat pagi hari untuk menghindari kemacetan.
  • Jagalah kebersihan pantai ini dengan membuang sampah pada tempatnya.

objek wisata Pantai Cimaja Di Sukabumi mempunyai pesona keindahan yang sangat berharga jika tidak dikunjungi. Jika Anda sedang berada di kota Sukabumi, datanglah ke sini untuk merasakan nuansa pantai surganya para peselancar ini. Berlibur di Pantai Cimaja akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Galeri Foto Pantai Cimaja

Pantai Cimaja Sukabumi
Keindahan Pantai Cimaja
Berselancar di Pantai Cimaja
Fasilitas kafe di Pantai Cimaja
Sunset di Pantai Cimaja

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button