Tempat Wisata

Pantai Cipatujah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai tempat wisata yang menyenangkan. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bali karena ada banyak tempat di dekat Anda yang jika berhasil dijelajahi, Anda bisa menemukan keindahan yang selama ini tersembunyi dari Anda. Bagi warga Tasikmalaya dan sekitarnya, Anda bisa mengunjungi Pantai Cipatujah.

Wisata alam ke pantai menjadi pilihan yang tepat jika ingin bersantai dengan suara deburan ombak. Pantainya membentang jauh dan airnya yang biru menyegarkan. Saat anda berkunjung ke pantai, anda bisa mengajak keluarga besar untuk sekedar berkumpul dan menikmati keindahan yang ada di luar sana.

Fasilitas di Pantai Cipatujah

Tsunami 2006 melanda pantai selatan Pulau Jawa, termasuk Pantai Cipatujah. Meski demikian, masyarakat dan pengunjung serta pecinta lingkungan setempat memperbaiki berbagai fasilitas yang rusak akibat tsunami saat itu. Tentunya hal ini juga akan didukung oleh pemerintah kota selama masa konstruksi.

Cipatujah kini memiliki resort, kios makanan, balawisata dan kios wisata untuk membuat kunjungan Anda nyaman. Salah satu tempat bagi pengunjung jika ingin bermalam adalah Park Yokima Resort Hotel and Restaurant di Jalan Pantai Wisata Desa Pesanggrahan. Kisaran harga menginap di sini mulai dari Rp 437.500 hingga Rp 451.000 untuk kamar standar.

Sejarah Pantai Cipatujah

Nama Cipatujah diambil dari nama sungai Cipatujah. Sedangkan kata Cipatujah sendiri merupakan bahasa Sunda, Buhun “patujah-tujah” berarti saling memukul. Gambar dua sungai bertemu di mana aliran air mengalir ke laut di pantai selatan. Nama sungai ini adalah Sungai Cipatujah yang saat ini menjadi batas desa di sebelah barat, dan Sungai Cipanyerang yang membelah wilayah Desa Ciandum.

Aliran sungai menyatu dengan muara yang selalu bergerak ke arah laut pantai selatan. Kemudian para leluhur antara lain Eyang Ranggagading dan Eyang Ardiwijaya dipekerjakan sebagai pekerja lembur yang menyandang nama Cipatujah. Hal ini sesuai dengan kondisi aliran kedua sungai tersebut.

Sementara itu, pantai ini dikelilingi oleh banyak misteri. Puluhan nelayan setempat diketahui mengalami kecelakaan bahkan meninggal di perairan Samudera Hindia. Meski kejadian seperti ini bisa dikatakan logis atau bisa diterima akal sehat, mitos Pantai Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat terus beredar di masyarakat. Mirip dengan mitos yang ada di pantai selatan lainnya. Musibah yang menewaskan para nelayan itu terjadi karena warga Pantai Cipatujah membutuhkan korban.

Setiap tahun masyarakat setempat mengadakan acara khusus seperti Festival Larung Kurban atau yang disebut See-Hajat sebagai penawarnya. Dengan adanya acara ini kami ingin mengucap syukur atas karunia Tuhan dan mohon bantuannya agar para nelayan yang bekerja di Laut Cipatujah tetap aman. Kini, kegiatan semacam ini menjadi pusat kegiatan yang menarik bagi para wisatawan, apalagi setelah ada tambahan acara adat bernama Hajat Bumi.

Berburu foto di Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah merupakan pantai yang banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Tasikmalaya. Seluas 115 hektar, Pantai Cipatujah kaya akan terumbu karang tempat ikan bertelur dan berkembang biak. Keindahan Pantai Cipatujah tercermin dari bentangan pantai yang landai yang menyatu satu sama lain, kemudian pada deburan ombak laut yang besar dan rimbunnya perkebunan kelapa. Dipadukan dengan halaman rumput yang luas, tempat ini cocok sebagai tempat kegiatan foto.

Biaya masuk ke Pantai Cipatujah

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pantai Cipatujah

Lokasi Akses ke Pantai Cipatujah

Untuk menuju tempat wisata, Anda bisa naik kendaraan pribadi dari Bandung dan Jakarta. Lewati perjalanan Anda dengan rute Nagreg setelah keluar dari Tol Cileunyi. Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan ke Tasikmalaya.

Datang dari pusat Kota Tasik, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalur berkelok-kelok menuju Cipatujah dengan kondisi jalan yang menyenangkan. Berbeda dengan menggunakan transportasi umum. Bagi Anda yang datang dari Bandung bisa naik Bus Budiman dari Terminal Cicaheum jurusan Bandung – Tasikmalaya. Begitu sampai di terminal, naik bus jurusan Tasikmalaya – Cipatujah.

Tips Berkunjung ke Pantai Cipatujah

Sebelum mengunjungi pantai ini, simak dulu beberapa tips yang akan membantu Anda mempersiapkan liburan atau perjalanan. Jangan lupa membawa baju ganti dan perlengkapan medis seperti sabun, tisu, dll. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung.
Bawa bekal jika perjalanan cukup jauh. Setibanya di venue, Anda bisa makan di stand yang tersedia. Selalu awasi anak-anak Anda saat bermain di pantai karena ombaknya cukup besar. Prioritaskan keselamatan Anda dan rekan/keluarga Anda. Agar tidak terlalu lelah setelah berwisata dan jalan-jalan, Anda bisa bermalam di sini. Anda juga bisa menikmati sunset di sini.

Asyik bukan kalau bisa traveling hemat, tapi penat dan penat bisa langsung hilang? Semoga uraian di atas dapat membantu Anda mendapatkan informasi tentangnya Pantai Cipatujah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata agar tidak kotor.

Galeri Foto Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah
Potret udara Pantai Cipatujah
Spot foto di balik bebatuan karang
pantai berpasir
Tempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button