Tempat Wisata

Pantai Congot, pantai indah di Hutan Mengarove di Kulon Progo

Pantai Congot, pantai indah di Hutan Mengarove di Kulon Progo
Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Pelabuhan, Wilayah. Temon, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Salah satu tempat wisata alam Kulon Progo yang indah dan tempat terbaik untuk memancing adalah Pantai Congot. Pantai cantik ini konon sangat cocok dijadikan tempat memancing karena merupakan pertemuan antara air laut dan aliran sungai Bogowonto.

Artinya, Anda bisa menemukan ikan air asin dan ikan air tawar dengan sangat mudah. Selain sebagai tempat memancing yang bagus, tempat wisata alam ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Pantainya sendiri terdiri dari pasir hitam yang sangat halus dengan ombak yang cukup besar.

Di pinggir Pantai Congot yang indah terdapat beberapa pepohonan yang tumbuh subur dan memberikan kesan alami. Destinasi wisata populer ini juga memiliki hutan bakau yang terletak tepat di muara Sungai Bogowonto dan terdapat jembatan kayu di sekelilingnya yang sangat cocok dijadikan sebagai spot berfoto.

Daya Tarik Pantai Congot

Atraksi Shuttershock di Pantai CongotFoto oleh Muhana Syafiquddary di Shutterstock

✦ Pantai

Jika berbicara tentang daya tarik Pantai Congot, keindahan pasir hitamnya yang lembut dan indahnya laut biru akan menjadi faktor terpenting dalam menarik wisatawan untuk berkunjung. Pantai Kulon Progo ini juga mempunyai ombak yang cukup besar sehingga wisatawan dilarang bermain air laut.

Namun gulungan ombak justru akan menjadi latar fotografi yang unik. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di pantai dengan latar belakang laut biru.

✦ Hutan bakau

Tak jauh dari Pantai Congot Anda juga akan menemukan muara atau tempat bertemunya air laut dengan air Sungai Bogowonto. Di tempat ini terdapat hutan mangrove yang cukup luas dan bisa dijelajahi. Untuk menjelajahinya, cukup lewati jembatan kayu yang mengelilingi hutan menakjubkan ini.

Jembatan kayu ini didesain agar baik orang dewasa maupun anak-anak dapat melewatinya. Dalam perjalanan melewati jembatan kayu ini terdapat beberapa titik yang sangat cocok untuk dijadikan titik berfoto. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan jembatan unik ini sebagai lokasi berfoto.

✦ Tempat memancing

Pada poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa terdapat dua aliran air yang berbeda di Pantai Congot, yaitu air tawar dari Sungai Bogowonto dan air asin dari laut. Keduanya kemudian bertemu di muara sungai tempat hutan bakau berada.

Artinya, banyak sekali jenis ikan yang ada di destinasi wisata alam ini, baik ikan air asin maupun ikan air tawar. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang berlibur dan membawa peralatan memancingnya agar bisa menikmati aktivitas memancing.

✦ Alam di pantai

Daya tarik selanjutnya yang ditawarkan Pantai Congot adalah alam di pinggir pantai yang banyak ditumbuhi pepohonan rindang. Kehadiran pepohonan tersebut berhasil membuat udara menjadi lebih sejuk dan nyaman bagi wisatawan baik siang maupun malam hari.

Pantai populer ini tidak hanya memiliki udara yang sejuk dan menyenangkan, namun kehadiran pepohonan juga semakin menambah pesona pemandangan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu malu atau ragu untuk mengambil foto di tempat wisata populer ini.

✦ makanan laut

Karena Pantai Congot merupakan salah satu spot mancing terbaik di Kulon Progo, wajar jika seafood juga menjadi salah satu daya tarik utama. Hal ini juga didukung dengan profesi masyarakat setempat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan, sehingga hasil tangkapan dapat segera diolah tanpa harus disimpan kembali.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Congot ShuttershockFoto oleh Septian Hendra di Shutterstock

Pantai Congot terletak di Kabupaten Kulon Progo, Desa ANGKAran, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kecamatan Temon. Jika ingin mencapai tempat ini bisa melalui Tugu Jogja di Jl. mulai. Jendral Sudirman menuju perempatan dekat Grapari Telkomsel lalu belok kiri melewati Jl. Berkendaralah melewati Tentara Pelajar dan teruskan sampai Anda menemukan bundaran.

Dari bundaran tersebut ambil jalan keluar kedua lalu sampai di perempatan Jl. Pembela Tanah Air, lalu belok kanan. Lanjutkan jalan ini hingga mencapai Jl. WBS. Kemudian belok kiri menuju Cokroaminoto dan terus ikuti jalan ini hingga tiba di persimpangan setelah SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.

Silakan belok kanan di persimpangan hingga melewati Jl. Yogyakarta – Wates atau dikenal juga dengan Jl. Nasional III melewati Simpang Tiga Toyang dan sampai di pertigaan dekat Warung Makan Pak Dhe. Dari pertigaan ini Anda perlu belok kiri hingga masuk Jl. Pantai Glagah.

Ikuti terus jalan tersebut hingga melewati Pantai Glagah dan sampai di Pantai Congot yang berada persis di sebelahnya. Perjalanan ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang lebih 1 jam 21 menit melalui jalan sepanjang 45 km.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk memasuki destinasi wisata dari Yogyakarta ini, Anda perlu membayar sejumlah tiket. Pertama adalah tiket parkir (bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi) seharga Rp3.000 per unit untuk sepeda motor, Rp10.000 per unit untuk mobil, dan Rp15.000 per unit untuk bus.

Selain tiket parkir, wisatawan juga harus membayar tiket masuk (orang). Biaya masuk ke Pantai Congot adalah Rp 6.000 per orang.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Congot ShuttershockFoto oleh Muhana Syafiquddary di Shutterstock

1. Menikmati indahnya pantai

Selama berlibur di Pantai Congot, menikmati keindahan alam sekitar menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan. Pantai indah ini sendiri memiliki pasir hitam yang sangat lembut sehingga tetap bersinar meski terkena sinar matahari.

Apalagi gulungan ombak lautan biru menambah keindahan pantai Kabupaten Kulon Progo. Belum lagi banyaknya pepohonan di pinggir pantai akan membuat Anda takjub dengan keindahan tempat wisata alam ini.

2. Jelajahi hutan bakau melalui jembatan kayu

Tepat di tepi destinasi wisata populer ini terdapat muara yang ditumbuhi banyak tanaman bakau. Wisatawan bisa menjelajahi hutan bakau melalui jembatan kayu yang ada di pinggirnya. Jembatan kayu ini dibangun agar wisatawan bisa mengambil foto dari atas.

3. Memancing

Pantai Congot dianggap sebagai tempat mancing terbaik di Kulon Progo. Pasalnya, tempat ini merupakan titik pertemuan air sungai dengan air asin, sehingga wisatawan bisa menemukan ikan air tawar maupun ikan air asin di tempat wisata yang mempesona ini. Oleh karena itu, silakan berikan kail Anda dan nikmati aktivitas unik ini.

4. Wisata kuliner

Tempat wisata populer ini tidak hanya terkenal dengan tempat memancingnya saja, namun juga makanan lautnya yang lezat dan segar. Hal ini menyebabkan banyak wisatawan yang berlibur di pantai indah ini sambil menikmati wisata kuliner atau menikmati seafood sepuasnya.

5. Santai

Aktivitas menarik berikutnya adalah bersantai di tepi pantai sambil melepas segala penat yang membebani pikiran. Kegiatan ini sangat lumrah di kalangan wisatawan karena setiap orang mempunyai beban pikiran. Agar merasa lebih nyaman dan tenang, bersantai di alam yang damai adalah saran yang cocok.

Salah satu tempat wisata alam yang bagus dan bisa dijadikan tempat bersantai di Yogyakarta adalah pantai Desa Panggang. Anda hanya perlu mengosongkan pikiran lalu fokus pada suara deburan ombak dan suara angin di sekitar tempat wisata indah ini. Perlahan, semua suara tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Congot ShuttershockFoto oleh Septian Hendra di Shutterstock

1. Tempat parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang dimiliki Pantai Congot adalah lahan kosong yang digunakan sebagai tempat parkir kendaraan. Anda yang berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena fasilitas ini mampu menampung semua jenis kendaraan mulai dari sepeda motor hingga bus wisata.

2. Kamar mandi dan toilet umum

Yang namanya tempat wisata pantai pasti mempunyai kamar mandi yang bisa digunakan wisatawan untuk membersihkan diri dengan air bersih. Selain kamar mandi, terdapat juga toilet umum yang berfungsi sebagai tempat buang air besar dan kecil. Wisatawan bisa menggunakan kedua fasilitas tersebut, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

3. Warung makan dan minum

Selain itu, terdapat sejumlah warung makan yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Sebagian besar warung ini menjual hasil laut hasil tangkapan nelayan setempat. Harganya juga sangat terjangkau dan kualitas bahannya jelas sangat segar karena diolah langsung setelah ditangkap oleh para nelayan.

Pantai Congot sendiri buka 24 jam sehari, namun waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada siang hingga malam hari. Keramaian di destinasi wisata alam ini antara pukul 15.00 hingga 18.00 terutama di akhir pekan dan hari libur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button