Tempat Wisata

Pantai Datuk Batubara – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Datuk Batubara – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket
harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Kwala Indah, Kec. Sei Suka, Kab.Batubara, Sumatera Utara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Sumatera Utara memiliki pantai yang penuh dengan keindahan yang berbeda bernama Pantai Datuk di Batubara. Pemerintah dan masyarakat setempat secara sadar menghadirkan wisata alam yang dirancang untuk menarik minat wisatawan masa kini. Meski sudah berubah, pantai tetap menjadi tempat wisata terbaik.

Maka dari itu, jangan heran jika pantai ini juga digadang-gadang menjadi tempat wisata unggulan di Sumatera Utara. Wisatawan yang memilih pantai sebagai tujuan berwisata tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara. Tentunya semua kelebihan yang dimiliki pantai ini sangat mahal harganya jika tidak dinikmati.

Selain itu, Pantai Datuk merupakan salah satu pantai terbesar di Pulau Sumatera. Karena pantai ini memiliki luas yang sangat panjang dengan ukuran mencapai 3 hektar. Bahkan, ada pula beragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan dengan beragam fasilitas yang membuat betah wisatawan.

Daya tarik Pantai Datuk

Objek wisata Pantai DatukSumber gambar: Google Maps Pujo W.

1. Spot foto yang keren

Tentu saja, anak muda zaman sekarang sangat merugi ketika rindu berfoto saat liburan. Tempat wisata ini memamerkan berbagai spot foto keren dan offbeat.

Spot foto di dalamnya berisi rumah hobbit dan perkemahan apache sebagai background foto yang cukup unik. Anda juga bisa berfoto di depan jam dinding raksasa, sangkar burung, dan rumah adat Papua.

Untuk spot foto yang lebih keren dan menarik di Pantai Datuk, terdapat banyak payung yang digantung di beberapa tiang. Wisatawan juga bisa menggunakan layang-layang cantik penghias awan yang banyak dimainkan oleh anak-anak muda sebagai background foto yang keren.

2. Keindahan pemandangan matahari terbenam

Wisatawan biasanya berkunjung ke pantai ini dengan tujuan menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Anda juga akan melihat pemandangan alam yang tentunya mempesona berupa hamparan laut yang sangat luas. Keindahan sunset ini umumnya diabadikan oleh para wisatawan melalui foto-foto.

3. Desa India dan kolam renang

Di kawasan Pantai Datuk Batubara terdapat desa buatan India yang unik. Kampung ini disebut Apache Camp yang berupa deretan rumah khas. Tidak hanya rumah, tetapi juga masyarakat di sana mengenakan pakaian khas India yang telah disesuaikan.

Ada juga kolam renang yang sangat menarik di area tersebut. Anda tidak hanya bisa berenang di pantai, tetapi juga di kolam renang dengan berbagai wahana menarik. Tersedia perosotan dan ember tumpah yang akan membuat liburan Anda semakin seru. Ada juga ruang cuci piring.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai DatukKredit foto: Google Maps Kawi Boedisetio

Alamat Pantai Datuk berada di Kwala Indah, tepatnya di kecamatan Sei Suka. Ini adalah sebuah kawasan di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Rute menuju tempat wisata ini mudah dijangkau wisatawan karena terdapat 3 gerbang masuk yang bisa dipilih.

Jika Anda seorang turis yang asalnya bukan dari pulau Sumatera, Anda perlu menggunakan transportasi udara terlebih dahulu. Anda bisa naik pesawat untuk menuju Bandara Internasional Kualanamu di Kota Medan.

Dari pusat Kota Medan, Anda tinggal mengambil rute melewati Kuala Tanjung Simpang. Namun ada beberapa wisatawan yang memilih jalur Simpang Empat Limapuluh atau Simpang Sei Berjangkar untuk menuju objek wisata Pantai Datuk. Mereka memakan waktu hingga setengah jam waktu mengemudi dan memiliki jangkauan 20 km.

Selama perjalanan Anda akan melewati berbagai keindahan alam berupa perkebunan dan persawahan yang luas. Pada umumnya kebanyakan wisatawan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan untuk tiba di lokasi pantai eksotis ini. Hal ini untuk memudahkan agar cepat sampai di tempat tujuan dalam waktu singkat.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Untuk bisa menikmati berbagai atraksi di Pantai Datuk, ada tiket masuk yang ditentukan oleh pemandu wisata. Anda harus membayar tiket masuk sekitar 10.000 rupiah per orang. Harganya relatif murah, karena di kawasan pantai ini Anda bisa menikmati berbagai hal yang indah dan tentunya tak terlupakan.

Selain itu, dari segi jam operasional, tempat wisata ini biasanya buka dari jam 9 pagi dan tutup pada sore hari yaitu jam 6 pagi. Pada akhir pekan dan hari libur nasional lainnya, tempat wisata unik ini dibuka lebih awal. yaitu sekitar jam 8.

Dengan pengaturan jam operasional seperti itu, seseorang hanya bisa menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise jika bermalam di penginapan terdekat. Namun, jika Anda menginap semalam, Anda tentu harus membayar biaya liburan yang lebih tinggi. Jadi lebih baik selalu siapkan dana darurat.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Datuk

Kegiatan rekreasi di pantai DatukSumber gambar: Google Maps Pujo W.

1. Mainkan air

Berlibur di pantai tentunya bertujuan untuk merasakan kesegaran air laut melalui aktivitas menarik berupa permainan di dalam air. Anda harus merasakan ombak di Pantai Datuk yang semakin seru. Selain itu, bermain air di sana sangat menyenangkan karena dibarengi dengan keindahan panorama di sekitarnya.

latihan ke-2

Anda dan rombongan teman atau keluarga bisa menikmati kawasan pantai ini dengan berbagai aktivitas olahraga yang pastinya menyenangkan. Biasanya, wisatawan mengelilingi kawasan pantai pada pagi atau sore hari dengan jogging, bermain voli, senam, atau futsal.

Bepergian dan melakukan berbagai aktivitas olahraga sekaligus akan membuat waktu liburan Anda terasa lebih sehat dan segar. Kawasan pantai ini juga memberikan energi positif yang dapat menenangkan pikiran setiap wisatawan yang ada saat melakukan kegiatan ini.

Training sambil travelling berarti tidak ada kebosanan berlibur juga. Tentu sangat sayang jika melewatkan pergerakan di pantai ini.

3. Mendayung kano

Di pantai Datuk Batubara, wisatawan dapat melakukan aktivitas yang cukup menarik – mengayuh kano di danau kecil. Wisatawan disuguhi panorama indah dari beberapa paviliun atau cottage yang berada di sekitar kawasan sungai. Anda juga akan merasakan relaksasi alami karena suasananya yang asri dan tenang.

Selain menaiki kano, wisatawan juga bisa berkeliling kawasan wisata menjelajahi hutan bakau. Ada jalan setapak di sekitar pohon bambu mentah. Dari hutan bakau ini Anda bisa melihat hamparan laut.

Anda juga akan melihat panorama monyet yang saling berteriak atau melompat ke pepohonan di sekitar mereka. Biasanya wisatawan sengaja memberi makan monyet-monyet yang hidup di kawasan tersebut. Aktivitas monyet yang lucu juga bisa menghibur setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini.

4. Berburu Kuliner

Berwisata ke Pantai Datuk yang indah, bagi Anda yang suka makan bisa melakukan kegiatan menarik yaitu berburu kuliner. Karena di kawasan pantai sudah banyak stand atau toko yang menawarkan makanan dan minuman dengan menu yang berbeda-beda. Harganya bervariasi dan bisa disesuaikan dengan uang yang Anda miliki.

Anda dapat menikmati kelezatan yang diambil dari berbagai kuliner khas nusantara sambil mengamati pemandangan alam yang eksotis di sekitar pantai. Bahkan, tempat wisata alam ini juga menawarkan kuliner jenis fast food bagi wisatawan yang menyukai jajanan modern. Ini tentu saja sesuatu yang disukai turis seperti halnya anak muda.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai DatukSumber gambar: Google Maps Widya Fani

Pantai Datuk memiliki bumi perkemahan yang dilengkapi dengan bangunan berdesain alami bernama Glamour Camping. Untuk fasilitas yang terdapat di dalam tenda sendiri terbagi menjadi 2 tipe yaitu Magnum dan Rendezvous yang dapat anda sewa sesuai dengan kebutuhan anda. Tentunya harga sewa kedua tipe tersebut memiliki perbedaan.

Tempat wisata ini juga memiliki tempat parkir, toilet umum, spot foto, dan akomodasi yang lengkap dan memadai. Wisatawan dapat dengan nyaman dan tenang menghabiskan waktu liburannya dengan tersedianya berbagai fasilitas tersebut. Anda pun akan betah dan ingin berlama-lama melihat keindahan alam setiap spot yang ada di kawasan pantai ini.

Selain menikmatinya, setiap wisatawan yang menginap di pantai juga perlu menjaga berbagai fasilitas dengan baik. Artinya, fasilitas di sana bisa digunakan dalam waktu lama.

Itulah berbagai hal tentang Pantai Datuk di Batubara yang sangat menarik untuk dibahas. Tentunya tempat wisata ini wajib anda kunjungi selama berada di provinsi Sumatera Utara untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button