Tempat Wisata

Pantai Drini Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 4.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang paling cocok untuk mengisi waktu liburan. Pantai ini memiliki banyak pesona alam yang eksotis. Salah satu pantai yang direkomendasikan adalah Pantai Drini. Pantai ini bisa membuat siapa saja yang mengunjunginya selalu mengingatnya dan tidak pernah move on. Karena keindahan pantai ini sangat menakjubkan.

Pantai Yogyakarta memang menjadi primadona wisata bahari. Hampir setiap hari setiap wisatawan akan mengunjungi dan meramaikan tempat ini. Tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan asing. Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam dan menempuh jarak yang jauh untuk mengunjungi keindahan pantai ini.

Hal ini memungkinkan pemerintah Yogyakarta untuk lebih memperhatikan potensi wisata bahari. Hampir semua fasilitas dirancang dan diatur dengan standar yang tinggi. Sebelum mengunjungi Pantai Drini. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan pantai ini, mulai dari daya tariknya hingga fasilitas yang dimilikinya. Sehingga wisatawan sudah memiliki gambaran sebelum berkunjung.

Atraksi yang dimiliki Pantai Drini

Pemandangan di pantai DriniSumber gambar: Google Maps Masterp

Pantai ini tidak lepas dari pesona keindahan yang mempesona. Semua keindahan yang ada di pantai ini tidak lain adalah hasil karya alam dan masih memiliki pemandangan alam. Tak heran jika semua orang siap berkunjung ke pantai ini sejak lama. Berikut adalah beberapa objek wisata yang termasuk Pantai Drini.

1. Pulau minimalis di tengah pantai

Pada umumnya pulau ini memiliki ukuran yang besar dan terletak di tepi lautan atau di tengah lautan. Berbeda dengan pulau-pulau di pantai ini. Di tengah pantai terdapat sebuah pulau dengan lebar yang sempit namun sangat panjang di pulau yang berhasil membelah pantai ini menjadi 2 bagian yang berbeda.

Setiap wisatawan tertarik untuk mengunjunginya karena tampilan dan kesannya yang unik. Keindahan ini sering dijadikan sebagai tempat yang instagramable. Wisatawan mencari tempat-tempat menarik untuk berfoto, karena hanya tinggal di pulau saja sudah cukup untuk mendapatkan background foto yang menakjubkan.

2. Tebing besar

Pulau ini memiliki tebing-tebing yang besar dan menjulang tinggi. Tebing-tebing tersebut tersusun tidak beraturan namun memiliki nilai seni. Setiap pengunjung akan sangat senang menghabiskan beberapa momen berharga di bawah tebing.

Tebing ini juga dilalui oleh air sehingga ketika airnya bergelombang dan mengenai tebing akan membangkitkan dan menampilkan keindahan yang luar biasa. Setiap wisatawan akan berusaha mengabadikan momen tersebut. Karena benturan air dan tebing batu secara tidak sengaja menimbulkan pertengkaran hebat dan sangat indah jika difoto dengan baik.

3. Kegiatan Memancing

Mengunjungi pantai ini, wisatawan bisa melihat banyak perahu nelayan yang berjejer. Selain itu, pada pagi dan sore hari wisatawan dapat melihat langsung para nelayan yang sedang mencari ikan. Mengingat mata pencaharian utama masyarakat pesisir adalah menangkap ikan. Tentu saja panduan ini merupakan pemandangan dan sangat unik.

Wisatawan tidak hanya bisa melihat, tapi juga bertanya dan belajar tentang berbagai hal yang berhubungan dengan memancing. Nelayan di pantai juga ramah dan memberikan informasi memancing yang sesuai.

4. Kombinasi pasir hitam dan pasir putih

Pemandangan di pantai DriniKredit foto: Seni zonatonk Google Maps

Biasanya pantai hanya memiliki 1 jenis pasir. Kalau bukan pasir hitam, pasti pasir putih. Namun berbeda dengan pasir di Pantai Drini. Pantai ini memiliki campuran pasir hitam dan pasir putih. Tentu saja, kedua kombinasi pasir tersebut memiliki keindahan dan warna yang eksotis. Pengunjung dipersilakan untuk bermain dengan pasir hitam atau pasir putih.

Daya tarik ini merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh pantai-pantai di Yogyakarta. Setiap pantai di sini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali. Bahkan beberapa pantai di Yogyakarta pernah dianggap sebagai surga dunia karena keindahannya yang mempesona.

5. Momen matahari terbit terbaik

Matahari terbit selalu dikaitkan dengan pantai. Jika wisatawan ingin menikmati keindahan matahari terbit yang menakjubkan, mereka dapat mengunjungi pantai Drini ini. Pantai dengan tugu batu yang menjulang tinggi ternyata menjadi keindahan yang luar biasa saat matahari terbit.

Untuk mengabadikan momen tersebut, wisatawan dipersilahkan datang lebih awal agar tidak melewatkan kesempatan melihat matahari terbit. Selain matahari terbit, wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbenam. Keindahannya yang eksotis memberikan kesan romantis.

Banyak turis mengunjungi tempat ini bersama orang-orang tersayang. Yang lebih unik lagi, pengelola juga menawarkan tempat untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Drini Lokasi

Alamat Pantai Drini PantaiSumber gambar: Google Maps Wisata Jogja

Pantai ini merupakan pantai yang sangat terkenal di daerah Yogyakarta. Tentu bagi masyarakat Yogyakarta pantai ini sudah sangat dikenal. Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Pantai Drini terletak di kawasan Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Tanjung Sari, tepatnya di desa Banjarejo.

Untuk mengakses lokasi tepi pantai ini juga tidak terlalu sulit. Karena pantai ini sangat populer, wisatawan dapat mengunjunginya secara langsung dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Namun secara umum, mengunjungi pantai ini bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Jika wisatawan datang dari arah Solo misalnya, mereka memiliki dua pilihan jalur. Rute pertama melewati Klaten, kemudian Cawas selanjutnya ke Semin hingga Watukelir. Setelah Watukelir, wisatawan bisa menuju Tanjung Sari.

Rute kedua melalui Sukoharjo, lalu ke Solo, lalu ke Tawangsari, dilanjutkan dengan Semin. Selanjutnya Anda dapat berkendara menuju Karangmojo melalui Watukelir dan langsung mengambil jalur menuju Tanjungsari.

Sedangkan jika Anda datang dari Yogyakarta, Anda bisa menuju ke arah Piyungan, lalu Patuk, langsung ke Sambiputu. Ikuti rambu menuju Tanjung Sari. Setiap wisatawan bebas memilih rute mana yang akan digunakan saat mengunjungi panti asuhan ini.

Biaya masuk untuk Wisata Pantai Drini

Biaya masuk untuk Wisata Pantai DriniKredit foto: Google Maps Edo Prayogo

Terkenal dengan keindahan alamnya, pantai ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Dengan tarif tersebut, setiap pengunjung dapat dengan bebas keluar masuk pantai selama membayar. Setiap wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar 4000 rupiah. Anda dapat menikmati pemandangan sepuasnya.

Namun, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus parkir. Biaya parkir juga tidak terlalu mahal. Hanya sekitar 5.000 untuk mobil dan 3.000 untuk kendaraan bermotor. Area atau area parkir yang disediakan juga sangat luas, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat parkir.

Aktivitas seru di Pantai Drini

Kegiatan menyenangkan di pantai DriniKredit foto: Google Maps Widi Widex

Wisatawan sangat tertarik untuk mengunjungi pantai ini, karena tidak hanya dapat menikmati pemandangan Nanda yang eksotis, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas menarik. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Drini.

1. Berjemur

Wisatawan bisa menikmati keindahan dan kehangatan matahari pagi sambil berjemur. Ada lokasi terpisah yang disediakan oleh pengelola. Sehingga wisatawan bisa leluasa menikmati waktu berjemurnya tanpa khawatir terganggu oleh anak-anak yang bermain.

2. Berselancar

Berselancar hanya dapat dilakukan dengan ombak besar atau air pasang. Namun pantai ini tergolong pantai dengan ombak yang besar, sehingga wisatawan bisa berselancar berulang kali. Anda dapat membawa peralatan selancar sendiri atau menyewanya di lokasi.

3. Snorkeling

Snorkeling adalah aktivitas air yang paling populer. Karena tidak semua pantai menawarkan kemungkinan ini. Pantai Drini memiliki air yang jernih, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bawah laut.

Namun, wisatawan yang ingin snorkeling harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola. Karena kegiatan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Lokasinya juga berbeda.

4. Bermain kano

Kegiatan yang satu ini juga tidak kalah populer dan banyak dilakukan oleh wisatawan. Mereka biasa bermain kano dan bermain dengan ombak. Saat ombak besar, wisatawan bisa berkano saja di bibir pantai sehingga tidak berbahaya. Namun, saat ombak semakin kecil, wisatawan diperbolehkan bermain sedikit ke arah tengah. Tentu saja di bawah pengawasan manajemen.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Queen Of The South ResortSumber gambar: Twitter kalian berdua

Keindahan pantai ini terbukti berhasil menarik perhatian para wisatawan. Mereka siap menginap selama liburan untuk menikmati keindahan Pantai Drini dengan puas. Berikut beberapa rekomendasi penginapan di dekat pantai.

1. Homestay di Omah Sundak

Penginapan ini hanya berjarak 3,3 km dari pantai. Pengunjung dapat dengan cepat pergi ke pantai. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Untuk setiap malam, pengunjung hanya perlu membayar 200-230 ribu. Penginapan ini juga menawarkan fasilitas khusus untuk setiap pengunjungnya. Jadi walaupun murah, pelayanannya tetap berkualitas.

2. Griya Limasan Gunung Kidul

Penginapan ini juga salah satu yang paling banyak digunakan oleh wisatawan. Salah satu alasannya, selain lokasinya yang dekat, adalah harga yang relatif murah. Penginapan ini hanya berjarak 19,7 km dari Pantai Drini.

Harga per malam sekarang antara 190.000 dan 230.000. Peralatannya juga lengkap. Dan pelayanannya juga sangat baik.

3. Resor Queen Of The South

Penginapan ini dianggap sebagai penginapan terlaris. Hampir setiap hari, selalu dikunjungi wisatawan. Meski harganya relatif tinggi, banyak wisatawan yang memilih tempat ini. Tempat ini berjarak 29 km dari pantai. Namun, keindahan pemandangan di area penginapan membuat banyak pengunjung terpukau. Harga untuk setiap malam berkisar dari 700 hingga 800.000.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Drini Gunung Kidul

Fasilitas pantai driniKredit foto: Google Maps (Aris Fadillah)

Karena pantai ini populer. Pihak manajemen mengevaluasi dan karenanya selalu menyediakan fasilitas yang lengkap. Hal ini akan membuat wisatawan yang berkunjung ke pantai ini betah. Kebersihan pantai juga penting. Pengelola akan selalu mengingatkan wisatawan untuk menjaga kebersihan.

Pantai Drini adalah salah satu pantai eksotis yang paling banyak dikunjungi di Gunung Kidul. Pantai dengan fasilitas lengkap ini memiliki daya tarik yang mempesona. Seperti keindahan bebatuan, maka keberadaan pulau kecil melengkapi fasilitas bermain air. Tak heran banyak pengunjung yang rela menghabiskan liburannya di pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button