Tempat Wisata

Pantai Drini: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Gunung Kidul seolah menjadi surganya para pecinta pantai. Di kabupaten di Yogyakarta terdapat puluhan pantai yang menawarkan ciri khas dan keindahan tersendiri. Pantai Drini merupakan salah satu dari puluhan pantai di Gunung Kidul yang menawarkan panorama indah dan eksotis.

Pantai Drini dikenal sebagai wisata pantai yang mempunyai keistimewaan tersendiri. Lokasi pantai ini tepatnya berada di Desa Banjarejo, Kecamatan. Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar satu kilometer sebelah timur Pantai Baron. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus menempuh jarak sekitar 60 kilometer atau sekitar 2 hingga 3 jam berkendara.

Sebenarnya pantai ini cukup jauh dari pusat kota, namun perjalanan jauh akan langsung terbayar ketika sampai di Pantai Drini. Pantai ini menawarkan panorama alam yang indah. Anda akan disambut dengan pantai berpasir putih, angin sepoi-sepoi, dan birunya air laut yang menerpa pantai.

Kondisi pantai ini masih alami, bersih dan belum banyak terjamah wisatawan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang menyebut pantai ini sebagai pantai perawan. Saat ini sedang naik daun, pantai ini sepertinya menjadi favorit baru wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pesona Pantai Drini

Pantai indah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini menyimpan segudang keindahan. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Tebing-tebingnya banyak ditumbuhi tanaman hijau sehingga membuat pemandangan di sekitar pantai terkesan bagus dan indah.

Tempat wisata ini juga memiliki pantai yang cukup luas dengan pasir putih bersih. Anda bisa menghabiskan waktu dengan berjemur, bermain pasir di tepi pantai atau sekedar duduk-duduk menikmati sejuknya angin sambil memandangi birunya laut lepas dengan ombaknya yang menari-nari.

Baca juga: Pantai Jogan, panorama air terjun di pinggir pantai

Ciri-ciri air laut di Pantai Drini cukup jernih dan berwarna biru kehijauan. Air laut di bibir pantai juga tidak terlalu dalam. Wisatawan dapat mengamati ikan berwarna-warni dan biota laut dari permukaan air. Air laut yang tenang juga memudahkan wisatawan untuk berenang atau sekedar bermain air di sekitar pantai.

Pulau Drini

Salah satu yang membuat pantai ini istimewa adalah keberadaan pulau kecil yang berada tak jauh dari bibir pantai. Pulau tersebut dikenal dengan nama Pulau Drini. Pulau ini merupakan pulau yang terbentuk secara alami dari bebatuan karang.

Menurut cerita beberapa warga yang tinggal di pesisir pantai, pulau ini dulunya banyak ditanami tanaman sentigi. Masyarakat di pesisir pantai menyebutnya tanaman Drini. Dari sinilah asal usul nama pantai ini dan pulau itu sendiri.

Saat permukaan air laut sedang rendah, wisatawan bisa dengan mudah menuju pulau karang tersebut. Terdapat tangga beton yang dapat digunakan sebagai akses menuju pulau ini. Dari Pulau Drini, wisatawan bisa leluasa menyaksikan birunya laut selatan dan deburan ombak yang menghantam bebatuan karang. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Pantai Drini yang semakin indah dari ketinggian.

Di pagi hari Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari arah timur dari Pulau Drini. Sementara itu, wisatawan bisa menikmati panorama matahari terbenam menjelang sore, yang semakin menambah keindahan Pantai Drini. Sayangnya, saat permukaan air laut sedang tinggi, wisatawan tidak bisa mengunjungi pulau cantik ini.

Pulau tersebut seolah membelah Pantai Drini menjadi dua bagian dengan karakter berbeda. Di bagian timur pantai ini memiliki ciri perairan yang agak tenang. Bagian barat kini memiliki karakter gelombang yang lebih ganas. Di pesisir barat juga terdapat perahu nelayan warna-warni yang terparkir rapi berjajar.

Wisata Pantai Drini

Pantai Drini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda menyukai wisata pantai. Hamparan pasir putih bersih dan air laut jernih menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul Jogjakarta ini, Anda bisa leluasa bermain pasir, berenang, berjemur atau sekadar menikmati panorama indah. Selain itu, Anda juga bisa melihat luasnya lautan dari Pulau Drini. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam dan matahari terbit dari pulau ini.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda mempunyai hobi fotografi, Pantai Drini juga menawarkan berbagai objek indah untuk para pecinta fotografi lanskap. Di pantai eksotis ini Anda bisa mengabadikan momen bersama keluarga, sahabat atau orang terdekat. Pantai ini juga menjadi tempat menarik bagi anda yang sedang mencari tempat untuk foto prewedding.

Setelah lelah menikmati indahnya panorama pantai, Anda bisa beristirahat di pendopo kayu beratap jerami. Sembari beristirahat, Anda juga bisa berwisata kuliner dan mencicipi olahan makanan laut yang ditawarkan di warung-warung sekitar pantai. Di pantai ini, Anda bisa menikmati hidangan seafood di gazebo sambil ditemani semilir angin yang sejuk.

Pantai Drini memang menjadi tempat wisata yang menarik. Menawarkan berbagai keindahan di dalam serta lingkungan yang masih alami dan asri. Pantai Drini juga tidak seramai pantai lainnya dan masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Hal inilah yang menjadi nilai tambah yang membuat pantai ini terasa istimewa.

Jam buka dan biaya masuk Pantai Drini

Pantai Drini terbuka untuk umum 24 jam sehari. Harga tiket per orang untuk wisatawan lokal/mancanegara Rp 10.000 (termasuk tiket masuk Pantai Baron)

Peta lokasi Pantai Drini

Galeri foto Pantai Drini

Pantai Drini
Tur keluarga ke Pantai Drini
Keindahan air pantai
Potret udara pantai
Perburuan Foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button