Berita Wisata

Pantai Gading secara bertahap akan menarik pasukannya yang berada di Mali sebagai bagian dari Minusma

Helm biru Pantai Gading dari parade Minusma di Abidjan pada Agustus 2019. SIA KAMBOU / AFP

Pantai Gading akan secara bertahap menarik pasukan yang telah dikerahkannya di Minusma, misi penjaga perdamaian PBB, pada Agustus 2023, menurut surat dari otoritas Pantai Gading yang dikirim ke PBB dan dilihat oleh AFP pada Selasa 15 November.

“Atas perintah Pemerintah Côte d’Ivoire, Misi Tetap menegaskan penarikan bertahap personel militer dan polisi Pantai Gading yang dikerahkan di dalam Minusma.menjelaskan surat dari Perutusan Tetap Pantai Gading untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa ini. “Pelepasan kompi keamanan berbasis Mopti, serta penempatan petugas dan staf polisi yang dijadwalkan masing-masing pada Oktober dan November 2022, tidak dapat lagi dilakukan.”melanjutkan teks.

Tentara Pantai Gading tidak mengkonfirmasi kepada AFP pada hari Selasa apakah gerakan ini benar-benar telah dihentikan. Cte d’Ivoire juga mengindikasikan bahwa tentara dan elemen lain yang ada di Minusma tidak akan diberhentikan dari tugas mereka pada Agustus 2023.

Baca juga: Mali: Inggris Raya Umumkan Penarikan Awal Pasukannya

Tidak ada alasan resmi yang diberikan untuk penarikan tersebut, tetapi hubungan antara Pantai Gading dan Mali telah menjadi sangat tegang dalam beberapa bulan terakhir, terutama setelah penangkapan bulan Juli terhadap 49 tentara Pantai Gading di Bamako. Setelah tiga kali dibebaskan, 46 di antaranya masih ditahan di Mali dengan tuduhan sebagai tentara bayaran sementara Abidjan meyakinkan bahwa mereka harus ikut mengamankan kontingen helm biru Jerman di Mali.

Pengumuman ini datang sehari setelah Inggris Raya, yang mengindikasikan ingin mundur “lebih cepat dari yang diharapkan” kontingen. London secara khusus menyebutkan pemulihan hubungan antara junta, yang memerintah di Bamako sejak 2020, dengan kelompok paramiliter Wagner, yang digambarkan dekat dengan rezim Moskow.

Untuk tidak ketinggalan berita apa pun dari Afrikaans, berlangganan buletin dari “Afrika Sedunia” dari tautan ini. Carilah berita dan debat setiap hari Sabtu pukul 06:00 seminggu yang disiapkan oleh editor “Afrika Sedunia”.

Dunia dengan AFP

“Pembaca. Pemikir. Pecandu alkohol. Guru Twitter yang sangat memesona. Teman binatang ada di mana-mana.”

Lanjut membaca

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button