Tempat Wisata

Pantai Glagah: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Gunung Kidul memiliki sejumlah pantai yang menawarkan beragam keindahan. Namun ada juga pantai lain di Kabupaten Kulon Progo yang tak kalah menariknya dengan pantai di Gunung Kidul. Pantai tersebut bernama Pantai Glagah dan memiliki berbagai objek yang layak untuk dijelajahi.

Berbeda dengan pantai di Gunung Kidul yang dikelilingi tebing karang dan pasir putih lembut. Pantai Glagah terbentang luas, dengan hamparan pasir besi memenuhi bibir pantai. Ada sebuah laguna di dekat pantai. Wisatawan bisa leluasa bermain air tanpa perlu khawatir dengan ombak Laut Selatan yang terkenal ganasnya.

Pantai Glagah secara administratif terletak di Desa Temon, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini harus menempuh jarak sekitar 43 kilometer atau sekitar 1,5 hingga 2 jam berkendara.

Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan pengunjung di tempat wisata ini. Wisatawan bisa bermain di perairan laguna, menjelajahi pasir besi hitam dengan kendaraan off-road, serta memanen buah naga dan semangka di taman tepi pantai. Banyaknya objek yang bisa dijelajahi membuat Pantai Glagah cukup menjadi destinasi yang menarik.

Pesona Pantai Glagah

Pantai yang letaknya tidak jauh dari pusat Kota Wates ini merupakan pantai yang unik. Memiliki hamparan pantai yang cukup panjang dengan hamparan pasir besi berwarna hitam menjadi magnet wisata. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga wisatawan dilarang berenang di Pantai Glagah. Meski demikian, pengunjung tetap bisa bermain air laut di pinggir pantai.

Terdapat pantai luas yang memungkinkan wisatawan mengendarai motorcross atau ATV di sepanjang pantai. Anda bisa memacu adrenalin dengan mengendarai ATV menyusuri pantai pasir besi hitam sambil menikmati luasnya laut yang tentunya menjadi pengalaman tersendiri.

Saat Anda berkunjung ke Pantai Glagah Anda akan menemukan sebuah dermaga di sepanjang tepi pantai. Bangunan tersebut sebenarnya bukan objek wisata, melainkan proyek pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto yang masih terbengkalai. Kabarnya pembangunan pelabuhan tersebut akan dilanjutkan pada tahun 2018. Pelabuhan tersebut akan digunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal ikan berukuran besar.

Anda dapat melihat ratusan tetrapoda di sekitar dermaga. Tetrapod berperan sebagai pemecah gelombang Laut Selatan yang terkenal sangat besar dan ganas. Di dermaga ini pengunjung bisa menikmati suara deburan ombak disertai angin kencang yang bertiup dari laut. Sesekali ombak tinggi menghantam tetrapoda dan memuntahkan buih air hingga membuat para wisatawan di dermaga basah kuyup.

Tetrapod juga digunakan oleh para pemancing sebagai alas saat mencari ikan. Selain itu, banyak wisatawan yang berjalan menyusuri ratusan tetrapoda sambil menikmati keindahan lautan biru yang luas. Bukan hal yang aneh jika melihat banyak anak muda yang berswafoto di tempat ini.

Baca juga: Pantai Ngungap, pantai eksotik dengan suasana mistis

Pantai Glagah juga memiliki perkebunan yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Berbagai jenis buah-buahan ditanam di perkebunan ini, antara lain melon, buah naga, dan semangka. Saat musim panen tiba, pengunjung pantai diperbolehkan memetik buah dari perkebunan. Wisatawan dapat menjelajahi perkebunan seluas 3,5 hektar dan menikmati buah-buahan yang baru dipetik.

Laguna di Pantai Glagah

Salah satu objek yang menjadi daya tarik Pantai Glagah adalah laguna buatan yang terletak tidak jauh dari pantai. Laguna ini berisi air payau dan tidak bergelombang. Oleh karena itu, sangat aman bagi wisatawan yang ingin bermain air di tepi laguna. Selain itu, laguna telah dilengkapi dengan sekat bambu yang memungkinkan anak-anak bermain di pinggir laguna.

Wisatawan bisa bersantai di kursi yang disediakan di pinggir laguna sambil menikmati sejuknya udara. Terdapat pula pepohonan hijau di pinggir laguna sehingga menciptakan suasana rindang dan asri. Selain itu wisatawan dapat menikmati keindahan laguna ini dengan menyewa perahu, kano, dan perahu bebek yang disediakan.

Dengan menggunakan perahu atau kano, wisatawan bisa menikmati keindahan laguna Pantai Glagah yang mempesona dari sisi lain. Airnya yang jernih dan tenang, udaranya yang segar serta lingkungan yang ditumbuhi pepohonan hijau membuat pengunjung betah berlama-lama berada di tempat wisata ini. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati matahari terbenam dari laguna.

Fasilitas Pantai Glagah

Fasilitas pendukung yang ada di pantai ini sudah lengkap. Tersedia tempat parkir yang cukup luas serta toilet dan musala. Tersedia pula perahu kecil, perahu bebek, dan kano yang disediakan pengelola setempat bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan di tengah laguna.

Di kawasan Pantai Glagah juga terdapat mini market yang menjual berbagai pernak pernik, aksesoris, souvenir dan lapak yang menjual berbagai masakan lezat. Usai menikmati keindahan pantai, wisata kuliner tak ada salahnya menggoda selera Anda.

Menikmati keindahan pantai

Jika Anda menyukai pantai, tidak ada salahnya mengunjungi pantai ini saat berada di Yogyakarta. Ada berbagai tempat menarik yang bisa Anda nikmati. Meski tidak memiliki pasir putih, namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan Pantai Glagah. Anda akan disuguhkan keindahan laut luas yang membiru dengan suara deburan ombak yang menerpa tetrapoda.

Anda juga bisa menjelajahi pasir besi hitam yang membentang di sepanjang pantai dengan menggunakan ATV atau motorcross. Selain itu, pantai ini juga menawarkan panorama berbeda saat matahari terbenam. Menyaksikan indahnya matahari terbenam sambil bersantai di dermaga akan menghilangkan kepenatan sehari-hari.

Menikmati keindahan laguna

Laguna di Pantai Glagah menawarkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Anda bisa bermain air dan berenang di laguna air payau. Bersantailah di tepian laguna dan nikmati keindahan laguna serta semilir angin sepoi-sepoi di bawah pepohonan hijau. Selain itu, Anda bisa menyewa perahu untuk menjelajahi keindahan laguna.

Agrowisata

Selain keindahan pantai berpasir hitam dan indahnya panorama laguna, pantai ini juga menawarkan agrowisata bagi wisatawan. Terdapat perkebunan dengan luas 3,5 hektar. Pengunjung dapat memetik hasil perkebunan seperti semangka, melon, dan buah naga. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar perkebunan yang luas.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Perburuan Foto

Pantai Glagah juga menjadi tujuan para fotografer yang menyukai fotografi lanskap. Bagi Anda yang menyukai fotografi, tempat ini bisa dijadikan destinasi wisata Anda selanjutnya. Di sini Anda akan menemukan tempat-tempat menarik untuk berfoto, seperti dermaga dengan ratusan tetrapoda, laguna yang mempesona, dan perkebunan luas yang penuh dengan buah-buahan.

Berkemah di pantai

Pantai Glagah tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan laguna, namun juga menjadi lokasi yang menarik untuk kegiatan berkemah. Tak sedikit anak muda pecinta camping yang mendirikan deretan tenda setiap malamnya. Menikmati sejuknya malam di pinggir Pantai Glagah ditemani hangatnya api unggun bersama teman-teman terdekat pasti menjadi pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Jam buka dan tarif masuk Pantai Glagah

Objek wisata Pantai Glagah dibuka untuk umum selama 24 jam penuh. Kemudian tarif masuk per orang untuk wisatawan dalam/luar negeri sebesar Rp. 6.000,-

Peta lokasi Pantai Glagah

Tips Menuju Pantai Glagah

  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana bermain air atau berenang di laguna.
  • Berhati-hatilah saat berada di pantai ini karena ombak di pantai ini cukup besar.
  • Berenang di pantai tidak disarankan. Wisatawan bisa berenang di laguna yang airnya tenang.
  • Selalu jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri Foto Pantai Glagah

Pantai Glagah
Potret udara pantai

Ombak di Pantai Glagah

Perburuan Foto
Sunset di Pantai Glagah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button