Tempat Wisata

Pantai Glayem Indramayu – atraksi, aktivitas, tempat dan harga tiket

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Juntinyuat, Kabin Indramayu, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Penyebutan nama Indramayu tentu tak lepas dari julukannya yaitu kota mangga. Ternyata Indramayu tidak hanya terkenal dengan mangganya, tapi juga wisata pantainya. Salah satu pantai yang paling populer di Kota Mangga adalah Pantai Glayem.

Termasuk dalam rangkaian Pantai Utara Jawa atau PANTURA, pantai ini memiliki banyak daya tarik tersendiri. Pemandangan pantai tidak hanya terkenal dengan keindahan dan pesonanya, namun juga mitos yang berkembang di masyarakat menambah daya tarik Pantai Indramayu yang indah ini.

Pantai Glayem yang dulu terkenal sebagai persinggahan para nelayan ini konon memiliki kekuatan magis yang membawa berkah. Namun, para nelayan yang singgah di pantai cantik ini akan mendapatkan limpahan ikan bercitarasa nikmat. Seperti benang merah, mitos ini rupanya juga menjadi anugerah lain bagi industri pariwisata pantai indah ini.

Daya Tarik Pantai Glayem

Obyek wisata Pantai GlayemSumber gambar: Google Maps Arif Silo

1. Panorama pantai yang mempesona

Pantai Glayem terletak di pesisir utara Indramayu. Selain pesona alamnya, pantai yang berada di wilayah utara Indramayu ini memiliki ombak yang sedang sehingga membuat pantai yang indah ini sangat cocok sebagai tujuan wisata yang ramah untuk liburan keluarga.

Tidak hanya itu, warna air dan birunya itu membuat pemandangan menjadi sangat cantik. Segala pesona pantai indah ini seakan terbungkus rapi dalam suasana asri yang mampu memikat setiap orang yang melihatnya. Tak heran jika pantai indah ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melepas penat.

2. Masakan pesisir yang lezat

Tak hanya pemandangan alamnya yang menawan, kuliner khas pantai yang sejuk ini juga selalu menjadi alasan banyak wisatawan yang datang ke sini. Warung makan sederhana hingga restoran besar yang berjejer rapi di sepanjang pantai ini seakan berlomba menawarkan kuliner lezat dan nikmat kepada para wisatawan yang datang.

Menu khas wisata pantai dan ikan bakar dengan cita rasa yang menggoda tentunya akan menjadi surga bagi pecinta kuliner. Tak heran jika pantai indah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berlibur dan menggiurkan lidah.

3. Matahari terbit dan terbenam yang eksotis

Pemandangan hits pantai ini semakin eksotis ketika matahari bersinar di pagi hari dan matahari terbenam saat senja. Pemandangan laut biru dan pantai berpasir hitam seakan berubah menjadi jingga saat matahari terbit atau terbenam.

Lautan yang berubah jingga sementara langit berubah warna membuat pemandangan alam semakin terlihat indah dan eksotis. Suara ombak dan tiupan angin pantai membuat suasana sunrise dan sunset semakin romantis.

4. Wisata kolam pemancingan

Pantai Glayem sepertinya menawarkan paket lengkap dalam sebuah destinasi wisata. Selain permainan seru dan kuliner, pantai cantik ini juga menawarkan aktivitas olahraga seperti memancing di sekitar pantai.

Pantai ini memiliki banyak spot mancing yang seru dan menarik untuk dicoba. Penggemar mancing pasti akan betah berlama-lama di pantai yang sejuk ini. Selain hobi memancing, ikan yang ditangkap di pantai bisa langsung dinikmati atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai GlayemKredit Foto: Google Maps Siska Agustine Fadillah

Pantai fenomenal ini terletak tidak jauh dari pusat kota Indramayu, yaitu di Jantinyuat, kota Indramayu, Batat Jawa. Anda tidak perlu khawatir tersesat saat menuju ke tempat tersebut karena pantai ini memiliki lokasi yang strategis dan akses yang mudah. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 23 hingga 25 menit dari Kota Indramayu.

Anda dapat memulai perjalanan dari Kota Indramayu melalui Jl Gatot Subroto kemudian membelokkan kendaraan menuju Jl Soekarno Hatta. Ikuti terus jalan ini dan lewati beberapa jalan yaitu Jalan Raya Mulya Asri, Jl Cirebon – Indramayu hingga mencapai rute Loh Bener – Cirebon. Ikuti Jl Raya Juntinyuat hingga sampai di perbatasan Cirebon-Indramayu.

Setelah sampai di perbatasan jalur Loh Bener Cirebon dan Jl Raya Cirebon – Indramayu belok kiri menuju Jl Patimura. Ikuti jalan hingga bertemu pertigaan, lalu belok kiri setir hingga bertemu pertigaan dekat pantai, lalu belok kanan kendaraan menuju Pantai Glayem.

Sebelum sampai di pantai hits ini, Anda akan melewati beberapa pantai seperti Pantai Junti, Tirtamaya, hingga pantai terdekat dari Glayem yaitu Pantai Rembat. Anda juga bisa mampir ke pantai-pantai ini sebelum mencapai tujuan.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Pantai GlayemKredit foto: Google Maps Diki Hermaydijanto

Jika anda berminat berlibur ke Pantai Glayem, anda hanya perlu menyiapkan biaya masuk sebesar Rp 5.000 untuk satu orang. Bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi, siapkan biaya sewa tempat parkir yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jika ingin berenang di pantai, Anda bisa menyewa ban karet di pantai dengan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5.000 untuk satu ban. Selain itu, Anda juga bisa menyewa tikar untuk duduk atau bersantai di pantai sepuasnya seharga Rp 10.000.

Aktivitas seru di Pantai Glayem

Aktivitas di pantai GlayemSumber gambar: Google Maps Jaware Channel

1. Berenang

Berenang selalu menjadi aktivitas populer di liburan pantai. Dengan ombak yang tidak terlalu kencang, pantai cantik ini tentunya sangat aman untuk aktivitas berenang Anda.

Selain itu pantai hits ini juga memiliki dasar yang cukup dangkal, sehingga anda tidak perlu takut saat bermain air atau berenang dipinggiran pantai. Kawasan pantai yang dipenuhi dengan pasir yang sangat halus, tidak ada bebatuan yang tajam, tentunya sangat aman dan tidak akan menyakiti atau melukai Anda saat berenang.

2. Memancing

Jika anda memiliki hobi memancing maka Pantai Glayem sangat cocok untuk menyalurkan hobi anda. Tentu saja, memancing di sungai atau kolam adalah rutinitas sehari-hari, tetapi memancing di pantai pasti akan memberi Anda perasaan yang berbeda.

Pantai yang terkenal dengan cita rasa ikannya yang lezat pasti akan segera menjadi proposisi menarik bagi Anda yang hobi memancing. Menunggu umpan ditangkap ikan sambil menikmati keindahan alam akan menambah keseruan dan ketertarikan liburan anda.

Teriaknya lagi, ikan hasil tangkapan bisa langsung dimasak untuk dinikmati warga sekitar atau dibawa ke warung makan pesisir untuk diolah. Anda juga dapat membawa pulang ikan yang Anda tangkap sebagai oleh-oleh dari liburan Anda.

3. Berburu foto yang indah

Keindahan alam pantai Hits ini tentunya sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menggunakan banyak lokasi unik di berbagai sudut pantai sebagai background foto.

Permukaan beton pemecah gelombang menciptakan pemandangan yang indah saat digunakan sebagai latar belakang foto Anda. Tidak hanya itu, sisa-sisa perahu yang sudah usang dan sisa-sisa perahu akan menambah sentuhan estetika pada setiap pemotretan. Berpose dengan spot instagepan pantai yang cantik ini pasti akan membuat foto Anda semakin unik dan menarik.

4. Di sekitar laut

Berlayar di laut tentu menjadi aktivitas yang sangat mengasyikkan. Jangan salah, keseruan ini juga bisa kamu nikmati saat berlibur di pantai yang keren ini. Anda akan diajak berkeliling di tengah laut dan menikmati pemandangan bawah laut yang sungguh indah.

5. Berburu Kuliner

Kulinernya yang sudah terkenal pasti akan membuat wisatawan ingin segera mencobanya. Bahkan, saat pertama kali memasuki Pantai Glayem, aroma sedap kulinernya langsung menyapa dan menggoda indra penciuman wisatawan.

Anda bisa mencicipi semua menu lezat yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Makan siang setelah bermain ditemani semilir angin pantai pasti akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Fasilitas area pantai tersedia

Sarana Wisata Pantai GlayemSumber gambar: Google Maps Arif Silo

Pantai yang indah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Berbagai wahana penunjang kegiatan wisata seperti ban karet, keset, dan perahu tersedia untuk disewa. Selain itu, terdapat juga gazebo-gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai atau makan siang bersama keluarga.

Selain itu, fasilitas umum seperti kamar kecil dan toilet disediakan oleh pemandu wisata. Bagi Anda yang beragama Islam, tidak perlu khawatir karena Glayem Beach telah menyiapkan mushola yang bersih dan nyaman untuk beribadah. Warung-warung makan yang berjejer di tepi pantai selalu siap memanjakan perut Anda.

Pantai indah ini juga dilengkapi dengan tempat parkir mobil yang cukup luas dan nyaman untuk menampung banyak kendaraan. Di sekitar pantai juga tersedia berbagai penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Siapa sangka pantai yang hanya menjadi pelabuhan dan tempat para nelayan ini memiliki pesona alam yang luar biasa dan mampu menarik perhatian banyak pengunjung. Tak heran jika Pantai Glayem di Indramayu selalu ramai dikunjungi wisatawan karena pesonanya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button