Tempat Wisata

Pantai Goa Cemara – Harga tiket dan spot foto terkini 2023

Pantai Goa Cemara – Harga tiket dan spot foto terkini 2023

Pantai Goa Cemara terletak di kawasan desa Gadingsari, Bantul Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, pantai ini tergolong pantai yang unik.

Mengapa disebut Pantai Goa Cedar? Pasalnya, pintu masuk menuju pantai ini berupa tumpukan pohon pinus yang berbentuk seperti goa dengan lubang mirip goa di tengahnya.

Jika Anda mencari pantai terindah dan unik, Pantai Goa Cypress adalah tempatnya. Pantai ini mempunyai setting layaknya film Twilight dimana tampilannya seperti pantai dan seperti hutan.

alamat dan lokasi rute

Biaya masuk ke Pantai Goa CedarFoto:

Pantai di kabupaten Bantul ini berada di jalan pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya masih satu kawasan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Ketiga pantai di Jogja ini bisa Anda nikmati sekaligus karena letaknya yang berdekatan. Pantai Goa Cemara sendiri berada di sebelah barat Pantai Parangkusumo.

Pantai Goa Cemara terletak 30 kilometer dari kota Yogyakarta. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke lokasi tidaklah dekat.

Jika dari Yogyakarta silakan menuju Bantul, lalu ke posko pembalasan di Pantai Samas, lalu lurus ke pertigaan. Setelah itu terus lurus hingga sampai di Persimpangan Pantai Pandansari. Kemudian terus lurus lalu belok kiri untuk sampai ke lokasi.

Jika anda melalui jalur Parangtritis silahkan ambil jalan Pantai Parangkusumo menuju Jalan Parangtritis, lalu menuju Samas Kretek menuju Jalan Samas, lalu Jalan Lintas Selatan dan selanjutnya Pantai Goa Cemara.

Demi kenyamanan Anda, Anda dapat mengikuti petunjuk Google Maps. Biasanya terdapat berbagai alternatif lain untuk menuju lokasi.

Kunjungi juga -> Pantai Nampu yang sangat menarik

Biaya masuk ke Pantai Goa Cemara

Biaya masuk

Tiket masuk 10.000
Parkir untuk kendaraan roda dua 3000
Parkir untuk roda empat 5000
parkir bus 10.000

Seperti halnya destinasi wisata di Indonesia pada umumnya, tiket masuk dan biaya lainnya di Pantai Goa Cemara dapat berubah sewaktu-waktu. Namun satu hal yang pasti, memilih Pantai Goa Cemara sebagai destinasi wisata tidak akan menguras dompet.

Jam Operasional: Buka, Tertutup

Jam buka Pantai Goa CedarFoto:

Pantai Goa Cemara buka 24 jam. Jadi Anda bisa pergi ke pantai bersama teman, keluarga, dan teman lainnya kapan saja.

Namun, pada liburan pantai pun ada waktu khusus untuk menciptakan suasana yang Anda idamkan. Anda bisa datang di pagi hari untuk merasakan kealamian wisata laut yang menakjubkan di pantai indah ini.

Sore hari tentunya menjadi waktu yang sering dipilih pengunjung untuk berlibur ke sini. Pasalnya pada sore menjelang malam, di hari yang cerah, Anda bisa menyaksikan terbenamnya matahari dengan pesona yang luar biasa.

Namun tak sedikit juga yang berlibur ke Goa Cemara pada siang hari. Meski panas dan cukup terik, pepohonan memberikan keteduhan.

objek wisata

Lokasi Pantai Goa CedarFoto:

Berikut beberapa tempat wisata dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Goa Cemara

1. Naik ATV

Anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan menggunakan ATV. Namun biasanya Anda berada di pantai dekat kawasan pinus. Kegiatan ini memerlukan keberanian dan keterampilan berkendara, terutama di medan berpasir.

Pasir di Pantai Goa Cedar berwarna hitam atau coklat, begitu pula pasir di Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Anda juga bisa mengambil foto pantai dan foto pantai di sepanjang tepi pantai seperti dikutip infopantai.com

Foto ke-2 dengan pohon pinus

Tempat wisata di Goa Cemara yang paling menarik adalah berfoto di sepanjang jalan setapak yang dikelilingi pepohonan pinus. Spot foto dengan pohon pinus kerap dimanfaatkan pengunjung untuk momen romantis di pantai yang unik dan Instagrammable.

3. Berkemah

Selain suasana pantai yang indah dan sejuk di pagi dan sore hari, Anda juga bisa menikmati malam hari di pantai Goa Cemara. Sebelum Anda berencana berkemah di pantai ini, sebaiknya persiapkan tips berwisata ke pantai.

Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman dan aman karena berbagai perlengkapan berkemah telah disiapkan. Jangan lupa siapkan pakaian pantai, semoga bermanfaat juga.

4. Berkuda

Selain menaiki kendaraan segala medan, Anda juga bisa mengelilingi pantai dengan menunggang kuda. Jangan khawatir jika Anda belum pernah menunggang kuda, karena Anda akan ditemani oleh pemandu kuda. Jadi jangan khawatir terjatuh dari kuda.

Kunjungi juga -> pantai Kukup Gunung Kidul yang mempesona

Fasilitas di Pantai Goa Cemara

Fasilitas Pantai Gua CedarFoto:

Selain itu, terdapat berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan di Pantai Goa Cemara. Berikut fasilitasnya

1. Warung makan

Jika perut Anda kosong karena terlalu lama berjalan-jalan, santai saja. Terdapat warung makan yang menjual makanan khas pantai yang bisa membantu menenangkan perut kosong Anda. Ada berbagai menu khas pantai yang bisa Anda nikmati.

Selain itu, di sini Anda juga bisa membeli oleh-oleh pantai untuk sanak saudara atau tetangga. Souvenir yang ditawarkan juga berupa pakaian, makanan atau pernak pernik.

2. Masjid

Suatu tempat yang tidak bisa ditinggalkan harus disediakan sebagai fasilitas umum. Dan saat berada di pantai, tidak hanya memakan waktu satu atau dua jam saja, bisa juga seharian penuh berada di pantai.

Jangan lupa untuk tidak hanya menikmati indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa tapi juga berdoa mensyukuri segala nikmatnya.

3. Toilet

Fasilitas umum harus disediakan sesuai kebutuhan bahkan kebutuhan pokok. Tentunya setelah selesai berenang, Anda perlu membilas tubuh Anda dari pasir yang menempel.

4. Tempat parkir

Tersedia tempat parkir untuk kendaraan roda dua, mobil maupun bus, karena pengunjungnya tidak hanya datang dari pusat kota saja, terkadang banyak juga dari luar kota.

Ulasan Sebelumnya –> Pantai Sadranan, tradisi yang masih hidup

Masih banyak lagi hal yang perlu anda ketahui tentang Pantai Goa Cemara seperti asal usulnya atau yang lainnya. Penjelasan sebelumnya bisa menjadi sedikit informasi jika anda ingin berkunjung ke Pantai Goa Cemara, maka lanjutkan membaca artikel kami selanjutnya.

Tip berkunjung

Tips Mengunjungi Pantai Goa CemaraFoto:

Untuk tambahan informasi atau referensi, Anda dapat menyimak beberapa tips berkunjung di bawah ini.

  • Kami menyarankan Anda untuk pergi ke pantai saat musim kemarau untuk mendapatkan pemandangan yang sangat indah.
  • Tidak disarankan pergi ke pantai saat musim hujan karena ombaknya cenderung lebih besar.
  • Meski begitu, liburan pantai saat hujan akan terasa kurang maksimal dan cukup berbahaya.
  • Anda harus berkontribusi menjaga kebersihan kawasan pantai Goa Cemara dengan selalu membuang sampah.

Nah itulah ulasan singkat tentang salah satu tempat wisata Jogja yang paling populer yaitu Pantai Goa Cemara yang mempesona. Banyaknya pantai di Jogja menjadikan Goa Cemara wajib masuk dalam daftar penjelajahan liburan Anda berikutnya.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button