Tak Berkategori

Pantai Grigak Gunung Kidul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Grigak menawarkan pesona keindahan pantai dan tebing-tebing eksotik di Gunung Kidul dengan karakter uniknya yang tidak memiliki pasir putih.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Petung, Kecamatan Giriwungu. Bakar, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Grigak merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul Yogyakarta yang kaya akan pesona alam. Pantai cantik ini tentu menjadi salah satu tempat favorit anak muda yang ingin bersantai. Namun sayang, minimnya rambu-rambu jalan membuat wisatawan jarang datang ke sini.

Mungkin sebagian dari Anda menganggap perjalanan ke pantai ini akan sangat membosankan. Sebaliknya, banyak wisatawan yang tertarik untuk kembali ke objek wisata alam ini karena menawarkan suasana yang tenang. Pengunjung bahkan akan merasa seperti memiliki pantai sendiri.

Meski masih sepi dan lokasi untuk menuju Pantai Grigak agak sulit, namun akan terbayar saat Anda sampai. Selain itu, suasana dan keindahan yang ditawarkan membuat pengunjung bisa menemukan ketenangan dan melupakan ketegangan yang sering muncul dalam aktivitas sehari-hari.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Grigak

Shutterstock Daya tarik Pantai GrigakFoto: Shutterstock/Mawaddah F

1. Memiliki waduk yang besar

Pantai Grigak mempunyai keistimewaan atau ciri yang sama dengan pantai lainnya, diantaranya ombaknya yang besar. Selain itu terdapat bebatuan karang dan perbukitan hijau yang membuat panorama alam di tempat ini semakin indah. Menariknya lagi, terdapat sebuah waduk tepat di atas bukit di tepi pantai.

Waduk merupakan kolam buatan yang berukuran cukup besar. Fungsinya sebagai penampung air hujan. Pemandangan Embung dan pantai berpadu menjadi satu dan menciptakan sesuatu yang baru. Oleh karena itu masyarakat akan menyukai destinasi wisata ini karena berbagai hal unik dan menarik dapat dengan mudah ditemukan di sana.

2. Tidak ada pasir putih

Jika tidak, Anda tidak akan menemukan pantai berpasir putih luas di Pantai Grigak yang mempesona. Namun jangan khawatir, meski hanya terdapat bebatuan karang berukuran besar di pinggir pantai, namun destinasi wisata alam ini tetap cocok bagi Anda yang ingin bersantai sekaligus menghabiskan waktu.

Wisatawan bisa menikmati keindahannya dari atas bukit. Menariknya lagi, terdapat wahana unik dari atas bukit. Hal ini menjamin seluruh wisatawan yang melihatnya akan merasa puas bahkan ingin kembali lagi nanti.

3. Puluhan anak tangga

Daya tarik ketiga yang akan ditemui wisatawan saat berlibur di Pantai Grigak adalah adanya puluhan anak tangga. Di tempat wisata alam terpopuler masyarakat ini Anda akan menemukan perbukitan yang menawarkan panorama alam yang luar biasa. Namun untuk menuju perbukitan tersebut, puluhan anak tangga harus dilalui.

Perlu diingat bahwa anak tangga yang Anda panjat akan cukup terjal. Jadi jika Anda memilih daerah perbukitan, usahakan tubuh Anda tetap fit. Sebab jika tidak, perjalanan yang berat akan memperburuk kondisi fisik Anda.

4. Suasana sangat tenang

Suasana di sekitar Pantai Grigak sangat tenang. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk menghabiskan liburannya di sini. Dengan pepohonan tinggi nan indah di sekelilingnya, cuaca menjadi rindang dan menyenangkan.

Selain itu, perbukitan dan tebing karst menjadi pagar atau pembatas kawasan pantai. Hal ini membuat pemandangan terlihat sangat menakjubkan. Jadi kalau tidak mau jalan-jalan, tidak masalah. Karena hanya dengan duduk dan bersantai anda sudah bisa menemukan kebahagiaan di tempat ini.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai GrigakFoto: Shutterstock/Aka Penaka

Tahukah anda dimana sebenarnya pantai ini berada? Jadi wajib anda ketahui kalau tempat wisata alam penuh pesona ini terletak di Desa Giriwungu, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Namun jika Anda masih belum mengetahui cara menuju tempat wisata tersebut, Anda bisa menggunakan Google Maps dengan mengetikkan kata kunci Pantai Grigak untuk mengetahui arah yang tepat menuju objek wisata tersebut.

Meski menawarkan banyak atraksi berbeda dibandingkan destinasi wisata lainnya, namun akses menuju tempat tersebut sangat sulit. Setidaknya Anda harus melewati jalan kecil di tengah hutan. Jalannya berkelok-kelok dan berkelok-kelok. Jadi jika Anda bepergian saat hujan, sebaiknya berhati-hati. Karena jika terpeleset pasti berbahaya.

Selain itu, jalur menuju tempat wisata ini juga terjal dan menurun. Jika ingin lebih aman sebaiknya mencari pegangan agar tidak mudah terjatuh. Kemudian Anda juga akan menjumpai jalanan yang menanjak dan terjal. Karena aksesnya yang sulit, tidak banyak wisatawan yang datang berlibur ke pantai indah ini.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk memasuki Pantai Grigak pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiketnya murah. Tiket biasanya memungkinkan Anda memasuki destinasi wisata pantai lainnya seperti Wohkudu dan Kesirat. Namun ada biaya tambahan untuk parkir. Jadi jangan lupa persiapkan ini juga.

Harga tiket masuk pantai ini hanya 5.000 rupiah saja. Jika membawa kendaraan roda empat maka biaya parkirnya sebesar 5.000 rupiah. Sedangkan pengunjung yang membawa kendaraan roda dua hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 2.000 rupiah. Jadi sangat murah dibandingkan dengan pengalaman yang Anda dapatkan di sini.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai GrigakFoto: Shutterstock/Herukru

Nikmati pemandangannya

Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik saat berlibur, mulai dari menikmati pemandangan. Jadi jika anda ke Pantai Grigak anda bisa menikmati pemandangan yang luas. Lautnya yang biru indah dengan perbukitan di sekelilingnya semakin memanjakan mata.

Sehabis beraktivitas, tidak ada salahnya untuk duduk santai dan ngobrol bersama teman atau saudara yang datang. Karena selain menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa menikmati segarnya angin laut yang akan membuat Anda betah berlama-lama di objek wisata alam ini.

Difoto

Jika Anda penggemar fotografi, bukit di Grigak bisa dijadikan sebagai spot foto terbaik selama Anda menginap. Oleh karena itu, pengambilan foto tidak boleh dilewatkan saat liburan. Jalan setapak dengan bambu sebagai pembatas kanan dan kiri menjadikan tempat ini populer untuk selfie.

Jika ingin berfoto, wisatawan kebanyakan menggunakan latar belakang Laut Jawa Selatan yang indah. Jadi bisa dibilang masih banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur, sayang sekali. Selain itu, panorama alamnya memastikan hasil jepretan terlihat indah dan mempesona.

Bertemu dengan penduduk setempat

Jika Anda punya banyak waktu luang, mencari rumah di dekat pantai pun tidak masalah. Pasalnya, warga sekitar tempat wisata terkenal dengan kehangatan dan keramahannya. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk ngobrol dengan mereka sambil mencari informasi mengenai tempat wisata yang Anda kunjungi.

Jika Anda tersesat atau tidak mengetahui lokasi pantainya, Anda juga bisa menghubungi warga sekitar. Asalkan ramah dan sopan, tentu pelayanan masyarakat setempat akan sangat baik nantinya. Mereka akan memberikan sambutan yang hangat dan ramah hingga akhirnya Anda sampai di tempat wisata tersebut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pantai GrigakFoto: Shutterstock/Herukru

Pantai Grigak merupakan pantai wisata dengan beberapa fasilitas. Meski masih terbilang minim setidaknya dengan fasilitas pendukungnya, namun aktivitas yang dilakukan nantinya akan lebih menyenangkan. Fasilitas pertama yang bisa pengunjung temukan adalah tempat parkir kendaraan. Silakan memarkir kendaraan Anda di tempat parkir yang telah ditentukan.

Pengunjung juga akan menemukan kamar mandi atau toilet di sana. Tentu saja ini menjadi salah satu fasilitas yang dibutuhkan pengunjung. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin buang air kecil atau besar karena di sini tersedia. Namun sebagai pengunjung, Anda juga harus memperhatikan kebersihan saat menggunakan fasilitas di pantai mempesona ini.

Fasilitas terakhir yang tak kalah penting bagi wisatawan adalah tempat beristirahat. Jadi jika Anda lelah melakukan berbagai aktivitas atau acara, silakan beristirahat sejenak. Karena terdapat beberapa tempat bagi pengunjung yang ingin beristirahat atau makan dan minum.

Pantai Grigak menjadi salah satu tempat wisata yang saat ini sedang menarik perhatian. Sayangnya akses menuju tempat wisata tidak semudah yang diharapkan. Oleh karena itu, pantai indah ini jarang dikunjungi wisatawan. Padahal keindahan alam yang ditawarkan tak kalah menarik dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button