Tempat Wisata

Pantai Gunung Payung Bali – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 4.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Kutuh. Kuta Selatan, Kab.Badung, Bali; map: Cek lokasi

Faktanya, Pantai Gunung Payung tidak populer dan jarang terdengar dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang sangat terkenal di pulau Bali dan banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Namun, pantai ini menawarkan keindahan alam yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang lebih sering dijadikan destinasi wisata.

Pantai ini cukup tersembunyi sehingga tidak banyak dikunjungi orang. Alhasil, pantai ini terasa tenang dan merupakan tempat yang sangat bagus untuk melepas lelah. Suara deburan ombak di pantai berpasir putih dan air laut yang jernih memungkinkan Anda untuk melihat bebatuan di bawah ditambah dengan bebatuan di tepi pantai akan memanjakan mata dan pikiran.

Nama pantai Gunung Payung sendiri sebenarnya berasal dari nama pura yang berada tidak jauh dari pantai ini. Pura itu sendiri bernama Dhang Kahyanga Gunung Payung. Mencapai destinasi wisata ini tidaklah mudah karena belum dikelola secara optimal. Namun, mengunjungi pantai ini tidak pernah membuat pengunjung menyesal.

Atraksi Pantai Gunung Payung

Atraksi Pantai Gunung PayungKredit Foto: Google Maps Bambang Priyo Cahyono

Pantai ini memang cukup asing di telinga, apalagi jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bali. Namun, pantai ini memiliki berbagai atraksi yang akan memuaskan kunjungan Anda ke daerah ini. Berapa banyak atraksi yang ada di daerah tersebut dan mengapa pengunjung datang ke sini?

1. Pemandangan eksotis

Pantai yang terletak di Bali Selatan ini menghadap ke Samudera Hindia sehingga pemandangannya sangat eksotis. Dengan pasir putih, air laut di daerah ini berwarna biru dengan ombak yang menenangkan pikiran. Air di sekitar pantai juga sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dasarnya.

2. Pantai Tersembunyi yang Tenang

Pantai Gunung Payung cukup tersembunyi, sehingga tidak banyak pengunjung yang datang. Untuk sampai ke pantai sendiri, Anda harus berjalan cukup jauh dan menuruni anak tangga yang berjarak sekitar tiga ratus anak tangga. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi rerumputan dan tanaman yang menyegarkan mata dan mengurangi rasa lelah.

Sesampainya Anda akan menemukan pantai yang sangat sepi dan hampir tidak ada pengunjung lain. Ini benar-benar membuat daerah ini sangat tenang dan Anda merasa seperti berada di pantai pribadi. Jika Anda memang menginginkan tempat wisata yang tidak ramai pengunjung untuk menenangkan diri, maka pantai ini bisa menjadi pilihan terbaik.

3. Daerah suci

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Gunung PayungSumber gambar: Google Maps Yustinus AS Kopral

Pantai ini memiliki nama salah satu tempat suci agama hindu yang letaknya tidak jauh dari kawasan pantai. Pura ini sendiri terletak di atas tebing yang tinggi, sehingga sangat menonjol dan menjadi daya tarik tersendiri. Anda juga bisa mengunjungi pura sendiri, namun harus mematuhi norma yang berlaku saat berada di area situs suci.

Daerah pantai ini juga dikelilingi oleh hutan tempat tinggal kera. Bagi masyarakat Bali, khususnya umat Hindu, kera merupakan hewan keramat. Oleh karena itu, pengunjung dilarang mengganggu atau melukai hewan-hewan tersebut.

4. Seni dan Budaya Bali

Tidak hanya sebagai wisata alam, Pantai Gunung Payung juga menawarkan wisata seni dan budaya Bali. Tidak jauh dari pantai terdapat Taman Budaya Gunung Payung yang bisa Anda kunjungi. Di area yang dekat dengan pura sebagai tempat wisata religi, Anda bisa bermeditasi dan menenangkan diri dengan yoga.

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai rumah yang sangat khas Bali. Selain itu, Anda juga bisa melihat pertunjukan seperti tari Kecak di kawasan ini. Kesempatan untuk menikmati berbagai pilihan wisata yang lengkap tentunya menjadi daya tarik tersendiri dari pantai cantik ini.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai Gunung PayungSumber gambar: Google Maps Bohdan

Pantai Gunung Payung terletak di Kuta Selatan dan masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Badung. Situs tersebut berada di kawasan keramat Pura Dhang Kahyanga Gunung Payung. Berkendara dari Kuta atau Seminyak ke pantai ini hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Anda akan dikenakan biaya masuk di pintu gerbang, kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga menemukan pura.

Dari pura anda bisa memarkir kendaraan anda kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan utama adalah penggaruk pasir yang harus Anda lewati, lalu menuruni bukit. Ada anak tangga, tapi perjalanan memakan waktu sekitar 15-20 menit, jadi cukup melelahkan.

Anda bisa mengunjungi pantai ini setiap hari. Untuk memasuki kawasan ini, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4.000 untuk setiap wisatawan saat memasuki gerbang depan. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkirnya hanya Rp 2.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya Rp 5.000.

Aktivitas Seru di Pantai Gunung Payung

Aktivitas di Pantai Gunung PayungSumber gambar: Google Maps Edo Doe

1. Paralayang

Olahraga yang memompa adrenalin ini wajib dilakukan saat berkunjung ke Pantai Gunung Payung. Faktanya, area ini menawarkan kesempatan paralayang dan merupakan aktivitas populer di area tersebut. Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda akan didampingi oleh seorang profesional dalam kegiatan ini. Perlengkapan safetynya juga lengkap, jadi kamu bisa mencobanya dengan cukup aman.

2. Berselancar

Ombak di kawasan ini menjadi spot surfing yang seru. Bagi anda yang masih pemula daerah ini memiliki ombak yang bersahabat sehingga anda dapat meningkatkan kemampuan berselancar di daerah ini. Banyak pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan ini, ada juga pengunjung dari luar negeri. Dengan begitu Anda memiliki teman untuk melakukan olahraga air ini.

3. Berenang

Perairan di tepi Pantai Gunung Payung terbilang tenang, sehingga cukup aman jika ingin berenang di lepas pantai. Airnya yang jernih dan segar memastikan Anda betah berlama-lama di dalam air. Namun, seseorang tidak boleh berenang terlalu jauh di tengah. Semakin jauh dan dalam, semakin besar ombaknya. Berenang di area ini aman tetapi Anda harus berhati-hati.

4. Berburu foto

Aktivitas di Pantai Gunung PayungSumber Gambar: Instagram Pantai Gunung Payung Bali

Ada banyak peluang foto menarik di kawasan ini. Tidak hanya lokasi pantai, di sepanjang jalan Anda juga bisa menemukan berbagai tempat menarik seperti rerumputan dan tanaman yang indah. Berjalan di pantai ini, Anda juga bisa menemukan berbagai tempat lain yang wajib dikunjungi sebagai background foto untuk diunggah ke media sosial.

5. Nikmati seni pertunjukan

Di kawasan ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai, tetapi juga menikmati pertunjukan seni. Mengunjungi Taman Budaya Gunung Payung yang tidak jauh dari pantai, Anda tidak hanya akan disuguhkan dengan rumah-rumah khas Bali, tetapi juga dengan tarian Kecak. Sehingga Anda tidak hanya bisa menikmati wisata alam tetapi juga wisata seni dan budaya.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di Gunung PayungSumber gambar: Twitter Villa mewah di Bali

1. Residence Villa Shanti

Penginapan ini tidak hanya dekat dengan Pantai Gunung Payung, tetapi juga menawarkan pengalaman menginap yang mewah. Harga yang harus Anda keluarkan sekitar Rp 4 jutaan, namun sangat wajar untuk fasilitas mewah dan pengalaman yang ditawarkan.

2. Resor dan Vila La Berceuse

Penginapan ini lebih murah dan juga dekat dengan pantai. Fasilitas yang ditawarkan sangat memadai dan pelayanannya sangat baik. Anda juga mendapatkan sarapan dengan menu yang beragam. Harga berkisar dari Rp 470.000 hingga Rp 750.000 per malam.

3. Homestay di Kenanga

Anda juga bisa memilih homestay ini dengan harga yang lebih murah. Harga mulai dari Rp 120.000 hingga Rp 160.000 per malam. Penginapan ini menawarkan kamar yang nyaman dan fasilitas yang lengkap.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di area pantaiKredit foto: Google Maps Ida Bagus Putu Panca Permadi

Fasilitas yang tersedia di kawasan Pantai Gunung Payung sudah lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berlibur di kawasan ini. Ada tempat parkir mobil jadi jangan khawatir jika Anda membawa kendaraan sendiri. Ada juga kamar mandi, pendopo, serta warung yang menawarkan berbagai menu.

Tempat ini juga memiliki tempat pertunjukan tari kecak dengan latar belakang Samudera Hindia. Dengan panggung untuk pertunjukan tari ini, Anda memiliki pilihan alternatif untuk menikmati salah satu tarian khas Bali ini selain Ubud, Uluwatu atau GWK.

Selain itu, kawasan ini juga menawarkan fasilitas menarik untuk membuat liburan Anda semakin menyenangkan, seperti aktivitas paralayang. Kegiatan ini memang cukup memacu adrenalin dan berbahaya, namun Anda akan didampingi oleh para profesional dan dilengkapi dengan peralatan keselamatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Pantai Gunung Payung menawarkan pengalaman yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Perjalanan yang melelahkan tidak terasa setelah sampai di pantai dengan pemandangan alam yang indah. Pantai ini juga menawarkan wisata yang lengkap. Tidak hanya dapat menikmati aktivitas yang menyenangkan, Anda juga dapat mengikuti wisata religi dan melihat seni budaya Bali.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button