Tempat Wisata

Pantai Ide, nikmati pesona pantai air tawar yang menakjubkan di Luwu Timur

Pantai Ide, nikmati pesona pantai air tawar yang menakjubkan di Luwu Timur
harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Magani, Kec. Nuha, Kab.Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Ide yang terletak di Kota Sorowako Kabupaten Luwu Timur merupakan destinasi wisata yang menarik. Sulawesi Selatan memang cukup terkenal dengan wisata baharinya yang beragam. Pantai Ide adalah salah satu destinasi paling menarik untuk Anda.

Kota Sorowako sendiri terletak di kawasan perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut, yang membuat kota ini cukup sejuk saat melewatinya nanti. Selain itu, pepohonan yang rindang di kawasan ini menciptakan suasana yang sangat asri, sehingga cocok bagi Anda yang tertarik mengunjungi pantai.

Pantai Ide memiliki sejarah yang cukup unik yang patut Anda pelajari. Berdasarkan sejarahnya, nama pantai indah ini awalnya terinspirasi dari warga sekitar yang membuat pantai tersebut mencari ide warga sekitar, dan pantai ini dijadikan tempat refreshing bagi PT. Vale di sekitar lingkungan Sorowako.

Daya Tarik Pantai Ide

Objek Wisata Pantai IdeKredit foto: Google Maps Ratno Sardi. M

Tentunya setelah Anda mengetahui bagaimana rute menuju Pantai Ide yang menjadi salah satu destinasi di Sulawesi Selatan, atau lebih tepatnya di daerah Luwu Timur ini, Anda akan menemukan lokasinya dengan mudah. Namun, siapa sangka dengan itu ada beberapa hal menarik yang akan Anda temukan di pantai.

1. Pesona Pantai Air Tawar

Salah satu hal yang akan Anda perhatikan saat mengunjungi pantai ini adalah air pantai ini segar dan sekaligus cukup unik. Hal ini membuat pantai ini unik dan berbeda dengan pantai lain di Sulawesi. Pasalnya, air tawar ini berasal dari Danau Matano.

Selain air tawar, Anda tidak akan menemukan ombak besar atau pasir putih di pantai ini. Meski begitu, tidak akan mengurangi keindahan pantai itu sendiri. Pemandangan di sekelilingnya mempesona.

2. Pemandangan matahari terbenam

Selain itu, daya tarik tersendiri bagi pengunjung adalah suasana senja di sore hari saat malam tiba. Pemandangan pantai di sore hari memang akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Dan jika anda datang bersama keluarga atau orang tersayang untuk melihat sunset di Pantai Ide.

Lebih baik lagi, nikmati suasana senja hingga matahari terbenam untuk pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Nah, buat kamu yang sedang bermain game, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut. Jadikan liburan Anda di Pantai Ide lebih berkesan dan tak terlupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Ide alamat pantaiSumber gambar: Google Maps Angler Boncosan

Seperti yang sudah disebutkan, Pantai Ide terletak di Desa Magani, Kecamatan Nuha, tepatnya di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai tersebut yaitu melalui jalur bandara Surowako yang berjarak sekitar 3,1 kilometer.

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Sorowako, Anda akan menempuh jarak sekitar 8,7 kilometer menuju pantai yang hanya membutuhkan waktu 16 menit bagi Anda yang menggunakan mobil atau motor.

Juga bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini namun masih ragu apakah harus membayar tiket masuk atau tidak. Anda tidak akan dikenakan harga tiket apapun saat mengunjungi Pantai Ide. Meski pantai ini berada di area privat, Anda bisa mengunjunginya secara gratis tanpa dipungut biaya.

Oleh karena itu, dengan kebijakan ini, Anda bisa lebih leluasa datang ke pantai ini kapan pun Anda mau. Anda dapat menggunakan waktu akhir pekan Anda untuk mencari ide di pantai ini dan siapa tahu Anda akan menemukan banyak hal baru di pantai ide ini.

Aktivitas seru di Pantai Ide

Kegiatan seru di Pantai IdeKredit foto: Google Maps hezron jepri

Tentunya banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Ide di kawasan Luwu Timur Sulawesi Selatan ini. Wisata pantai adalah tempat di mana Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, apa pun itu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

1. Berenang

Keunikan dan keindahan pantai ini sulit dibayangkan bila Anda menghabiskan waktu untuk berenang. Anda akan dapat merasakan bagaimana rasanya berenang di pantai yang tidak ada ombaknya dengan air yang jernih dan bersih, yang akan membuat pengalaman berenang Anda menjadi lebih baik dan menyenangkan.

Berada di tempat wisata pantai memang menjadi hal yang sangat menarik untuk anda ketahui bagaimana menikmati suasana yang baik di pantai. Intinya anda tidak merasa tidak puas saat berada di tempat ini. Jadi akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahuinya.

Berenang di pantai adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih merasakan suasana kesegaran alami air pantai dan juga pesona alam yang masih terjaga dengan sangat baik.

2. Wahana air

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mencoba seluncuran air yang berbeda di Pantai Ide dan menikmati permainan lainnya bersama anak Anda. Permainan yang dimaksud adalah balon atau pelampung yang dibuat khusus untuk anak-anak, sehingga cukup aman untuk digunakan.

Bukan itu saja yang bisa Anda gunakan di wahana air. Ada juga permainan lain yang bisa Anda coba di pantai cantik ini, yaitu perahu bebek, banana boat, dan kano. Dengan begitu, Anda bisa mencoba berbagai jenis wahana tanpa bosan saat memainkan permainan yang sama.

3. Memancing

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memancing. Jernihnya air yang akan Anda lihat saat berada di Pantai Ide akan membantu Anda saat memancing. Ikan mudah dilihat di atas air.

Fasilitas area pantai tersedia

Ide fasilitas pantaiKredit foto: Google Maps Muchlas Hidayat

Bicara soal fasilitas, bagi Anda yang ingin berlibur di Pantai Ide jangan khawatir karena didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari keberadaan warung makan yang dijual di sekitar pantai, toilet umum, dan kamar mandi di kawasan pantai.

Pengelola pantai cantik ini juga telah menyediakan tempat penyewaan peralatan renang bagi pengunjung. Dengan begitu, Anda bisa berwisata dengan lebih nyaman dan menyenangkan di pantai ini.

Demikian laporan menarik tentang Pantai Ide yang bisa ditemukan di Luwu Timur dan bisa menjadi referensi tujuan liburan Anda selanjutnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button