Tempat Wisata

Pantai Ide, tempat terbaik untuk menikmati makanan matahari terbit di Luwu Timur

Pantai Ide, tempat terbaik untuk menikmati makanan matahari terbit di Luwu Timur

Pantai Ide merupakan salah satu pantai unik di Kota Sorowako. Dengan peralatan yang lengkap banyak hal menarik yang bisa dilakukan.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Magani, Kec. Nuha, Kab.Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan tidak hanya memiliki wisata alam pegunungan yang keren. Sejumlah wisata pantai juga menjadi buruan wisatawan dan warga lokal disana, salah satunya adalah Pantai Ide dengan keunikan tersendiri.

Mengapa disebut “ide”? Ternyata ada sedikit sejarah dalam menggunakan lokasi wisata pantai ini menyegarkan bagi masyarakat sekitar dan karyawan PT INCO. Terutama mencari ide-ide baru jika pertemuan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pantai ini memiliki banyak keistimewaan yang masih masuk dalam kawasan PT INCO sehingga membuatnya berbeda dengan pantai-pantai lain di Sorowako dan sekitarnya. Penasaran? Lihat pernyataan lengkapnya di sini.

Daya Tarik Pantai Ide

Objek Wisata Pantai IdeKredit Foto: Google Maps Ardlian Z

Tentunya bagi yang belum pernah berwisata ke Pantai Ide penasaran Meskipun demikian daya tarik pantai atau sering disebut laut ide ini? Sehingga wisatawan ingin datang dan melihat keindahannya dengan mata kepala sendiri.

1. Airnya jernih dan sejuk

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang airnya tercemar sampah dan polusi, kondisi air di tempat wisata ini masih sangat jernih. Anda bahkan bisa melihat berbagai flora dan fauna dengan mata telanjang dari pantai.

Mengingat Sorowako yang tinggi, pantai ini juga memiliki iklim yang sejuk dan meski seharian berada di sana, semilir angin yang sejuk akan menjadi teman setia Anda.

2. Buah dengen yang banyak

Bagi yang penasaran dengan buah dengen, salah satu buah khas yang hanya terdapat di Luwu Timur ini, Anda bisa datang ke pantai ini. Deretan pohon dengen menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, bahkan jika beruntung bisa memetik buah matang yang kulitnya terbuka secara alami.

Rasa buah ini sangat asam, meski sekilas terlihat seperti jeruk. Sebagian besar digunakan dengan cara diolah menjadi berbagai jenis makanan atau digunakan sebagai bahan pembangkit energi listrik alami.

3. Matahari terbit dan terbenam yang indah

Jika Anda datang di pagi hari sebelum matahari terbit, sangat cocok untuk dilihat matahari terbit dengan bentuk yang indah Pemandangannya sangat mengesankan dan begitu energi positif penyemangat untuk banyak orang.

Begitu juga dengan sunset di sore hari saat Anda berada di Pantai Ide melihat ini juga terlihat sangat bagus dan sayang sekali jika tidak terekam oleh rekaman kamera.

4. Danau Matano dan Pegunungan Verbeek

Pantai cantik ini terhubung langsung dengan Danau Matano yang juga sangat terkenal di Sorowako, pemandangan yang unik hanya bisa Anda dapatkan saat berada di sana.

Anda juga bisa melihat Pegunungan Verbeek yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan dari pantai. Deretan pegunungan yang indah menjadi pemandangan yang dapat menenangkan pikiran dan mengurangi penat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Ide alamat pantaiKredit foto: Google Maps Rahmad Pa’Rah Hidayat

Pantai Ide terletak di Dusun Magani, Luha, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Sorowako, jaraknya sekitar 9 km yang dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat seperti mobil atau bus umum.

Rute terbaik dari pusat Kota Sorowako menuju lokasi adalah melalui Jalan Raya Malili – Sorowako yang mengarah ke Jalan Brojonegoro dalam waktu sekitar 10 menit. Setelah itu, Anda bisa langsung menemukan Pantai Ide dengan mudah.

Sedangkan dari Bandara Sorowako jaraknya hanya sekitar 3,2 km yang bisa ditempuh hanya dalam waktu enam menit. Anda bisa mengambil Jalan Sumantri Brojonegoro ke Jalan Jawa dan kemudian mencapai objek wisata tanpa terjebak macet.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Ini juga berbeda dari banyak objek wisata lainnya, untuk dapat menikmati keindahan pantai dan danau tidak diperlukan tiket masuk atau gratis. Anda bisa datang ke sana di pagi hari atau bahkan sepanjang hari dan tidak akan ada biaya untuk Anda.

Namun yang harus diperhatikan adalah aturan yang harus diperhatikan dalam wisata indah ini, antara lain menjaga kebersihan dan tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum. Sehingga kondisi pantai tetap terjaga.

Aktivitas menarik di Pantai Ide

Aktivitas menarik di Pantai IdeKredit foto: Google Maps Hamris Darwis

Selain menikmati pemandangan alam di sekitar Pantai Ide, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu di tempat wisata tersebut. Diantaranya adalah:

1. Berenang

Pantai air tawar ini menawarkan hamparan air bersih dan jernih yang bisa dijadikan tempat berenang bagi anak-anak dan keluarga. Area berenang disediakan, mis. B. Melompat dari jembatan yang tersedia untuk berenang yang memompa adrenalin.

2. Wahana polo air

Ada juga gelanggang polo air yang disediakan oleh pengelola situs yang cocok untuk anak-anak mencoba mendekat ke air. Namun tentunya Anda perlu didampingi oleh orang tua Anda agar tetap aman.

3. Wahana Banana Boat

Ada wahana juga perahu pisang yang bisa digunakan untuk explore Pantai Ide, harganya tidak mahal hanya puluhan ribu untuk satu orang dan tentunya sudah lengkap dengan alatnya Keamanan sepanjang kegiatan.

4. Kano

Jika ingin mencoba berperahu ke tengah pantai, Anda tinggal menyewa kano yang tersedia di dermaga pantai. Siapapun yang bisa mendayung tidak perlu didampingi petugas sampan. Namun, jika Anda tidak dapat melakukannya, Anda harus meminta petugas untuk menemani Anda.

5. Perahu Bebek

Di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas romantis bersama pasangan, salah satunya mengayuh perahu bebek berkapasitas dua orang. Dengan menggunakan perahu ini, waktu bersama orang tersayang bisa lebih maksimal sambil menjelajahi pantai hingga ke tengah.

6. Berfoto di Spot Instagramable

Bagi yang suka berfoto selfie dan mengunggahnya ke media sosial atau memang memiliki hobi fotografi, bisa mengambil foto di berbagai kegiatan. Pekerjaan Pantai yang mempesona ini unik. Tidak perlu banyak diproses atau gunakan Saring berlebihan karena latar belakang tentu saja pantai ini sangat menarik.

7. Memancing

Ada juga tempat khusus bagi pengunjung yang ingin berlatih memancing sebagai hobi, berbagai jenis ikan bisa dibeli asal sabar dan memberikan umpan yang tepat.

Fasilitas area pantai tersedia

Ide fasilitas pantaiKredit foto: Google Maps Hanung Nugroho (Hanung)

Untuk menunjang kenyamanan berwisata di Pantai Ide, berbagai fasilitas penunjang disediakan agar pengunjung dapat menghabiskan waktunya di sana dengan lebih senang. Ingin tahu apa saja fasilitasnya?

1. Restoran

Jangan khawatir jika perut sudah lapar saat Anda sudah kenyang Pekerjaan tur terbaik yang pernah ada dalam beberapa tahun terakhir. Ada sejumlah restoran dengan menu yang sangat bervariasi.

Kebanyakan menawarkan minuman dan berbagai jenis makanan ringan untuk teman bersantai di pantai. Mulai dari gorengan khas Sorowako, sosis aneka rasa hingga minuman yang sedang viral saat ini.

2. Masjid

Sebuah mushola dengan fasilitas mencuci untuk pria dan wanita tersedia di salah satu area untuk pengunjung yang ingin berdoa.

3. Toilet

Untuk membersihkan badan setelah berenang dan mencoba wahana yang tersedia, tersedia toilet untuk membersihkan badan. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki.

4. Penyewaan Peralatan

Ingin berenang tapi tidak punya jaket pelampung? Ada petugas yang menyewakan perlengkapan renang dengan harga terjangkau.

Sudah tahu berbagai hal menarik tentang Pantai Ide? Sepertinya sudah waktunya untuk mengambil cuti liburan tahun ini untuk mampir. Anda bisa mengajak keluarga dan teman terdekat untuk melihat langsung keindahan pantai dan danau yang indah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button