Tak Berkategori

Pantai Indrayanti Gunung Kidul: Objek wisata, petunjuk arah, tiket dan aktivitas

Atraksi, Petunjuk Arah, Tiket dan Aktivitas – Pantai Indrayanti Gunung Kidul merupakan pantai yang populer di kalangan wisatawan Jogja. Terdapat hamparan pasir putih dan perbukitan karang yang membuatnya semakin eksotis.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul, Yogyakarta merupakan salah satu pantai terpopuler di kawasan tersebut. Dengan pasir putih halus yang terhampar sejauh mata memandang, pantai ini menawarkan panorama alam yang mempesona dengan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan.

Bebatuan karang yang menghiasi pantai menambah keunikan pemandangan. Deretan kios dan paviliun yang berjejer di pinggir pantai membuat pengunjung bisa nyaman menikmati makanan sambil menikmati pemandangan kawasan sekitar.

Pantai Indrayanti tak hanya menjadi destinasi wisata, namun juga menjadi saksi romantisme matahari terbenam yang mempesona. Untuk melihat keindahan pantai indah Jogja, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik Pantai Indrayanti

Shutterstock Daya tarik Pantai IndrayantiFoto: Shutterstock/Akmal Luthfi M

Terletak di kawasan Gunung Kidul, Pantai Indrayanti menawarkan panorama alam yang mempesona dengan garis pantai yang luas dan pasir putih yang berkilauan diterpa sinar matahari. Air laut yang jernih berwarna biru kehijauan memantulkan sinar matahari dan menciptakan latar belakang yang sempurna untuk fotografi.

Bagi pecinta adrenalin, tersedia jet ski yang disewakan untuk menikmati deburan ombak laut dari dekat. Sementara itu, pendopo dan payung berjejer rapi menunggu untuk dijadikan tempat bersantai menikmati deburan ombak.

Apalagi panorama matahari terbenam di pantai ini sungguh mempesona saat langit berubah warna menjadi jingga keemasan. Jika beruntung, wisatawan juga bisa mengamati keberadaan ubur-ubur, meski harus berhati-hati agar tidak tersengat.

Ada cerita unik terkait dengan nama pantai ini. Meski resmi bernama Pantai Pulang Sawal, namun banyak yang mengenalnya dengan nama Pantai Indrayanti. Pasalnya di dekat pantai terdapat Restoran Indrayanti yang dikelola oleh pasangan Indra dan Yanti. Di sinilah nama “Indrayanti” menjadi populer di kalangan pengunjung.

Pantai Indrayanti juga dikelilingi perbukitan yang membuat pemandangan semakin indah. Kebersihan pantai ini menjadi prioritas utama. Siapapun yang sembarangan membuang sampah akan dikenakan denda.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai IndrayantiFoto: Shutterstock/Akasaputra

Pantai Sawal atau Indrayanti terletak di kawasan wisata Pantai Gunung Kidul. Tepatnya berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan. Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Lokasinya dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Pantai Sundak, Sadranan, Omandeng dan Pantai Ngandong di sebelah timur.

Jika anda berangkat dari pusat kota, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 2 jam, dengan waktu tempuh 2 jam jika lancar. Perjalanannya memang cukup panjang, namun keindahannya akan membuat perjalanan itu sepadan.

Perjalanan juga melewati medan yang berkelok-kelok dan naik turun. Namun jangan khawatir, aksesnya mudah dan lancar. Petunjuk arah menuju Indrayanti juga tidak sulit. Terdapat banyak tanda informasi untuk memudahkan mengunjungi pantai ini.

Ada yang menulis tentang pantai Sawal dan ada pula yang masih menggunakan pantai Indrayanti. Keduanya sama saja, jadi Anda tidak perlu khawatir atau bingung saat menemukannya.

Sedangkan untuk rutenya, pengunjung bisa memilih dua rute yaitu lewat Jalan Wonosari dan lewat Jalan Imogiri. Jika memilih jalur pertama, Anda hanya perlu menuju Jalan Lingkar Timur atau Jalan Wonosari, lalu terus menuju Pitungan, Patuk, Wonosari, Karangrejek, menuju Hargosari lalu terus ke Tepus.

Ini merupakan jalur yang paling direkomendasikan karena lebih mudah dilalui pengunjung, terutama dari luar kota Jogja.

Biaya masuk wisata bahari

Menikmati keindahan dan keunikan biota laut Indrayanti tidaklah mahal. Pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar Rp15.000 pada hari biasa dan Rp30.000 pada akhir pekan. Tentu saja harga tersebut sangat terjangkau mengingat keindahan sekitar pantai.

Menyewa paviliun di sekitar pantai dikenakan biaya Rp 30.000 dan payung seharga Rp 20.000. Jika ingin bermain jet ski harus membayar Rp 250.000 per 15 menit.

Biaya parkir tidak termasuk dalam harga tiket yang dihitung. Biayanya berkisar antara Rp 4.000 hingga Rp 15.000 tergantung kendaraan yang Anda bawa. Dan harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai IndrayantiFoto: Shutterstock/Alfian Muzaki

Sesampainya di pantai mempesona ini, banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati suasana pantai. Rasakan hembusan angin laut yang berpadu dengan deburan ombak di balik alunan musik.

Bisa dipastikan menikmatinya saja sudah bisa menghilangkan penat dan membuat Anda tersenyum. Apalagi saat Anda bersantai di hammock atau di bawah payung sambil memandangi birunya langit.

Di pantai Indrayanti banyak masyarakat yang menyewakan payung termasuk stand. Hal ini dapat membuat menikmati keindahan pantai menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain payung, ada juga paviliun yang disewakan, dengan harga biasanya mulai dari Rp 20.000. Menyewa paviliun adalah keputusan cerdas jika Anda bepergian bersama keluarga atau rombongan.

Setelah puas menikmati keindahannya, Anda yang menyukai aktivitas yang sangat menantang bisa memanjat batu tersebut. Mengingat pantai populer ini memiliki banyak tebing yang kokoh dan mempesona. Namun untuk mendaki tebing ini Anda harus selalu berhati-hati karena harus melewati semak-semak. Meski terbilang ekstrim, namun pemandangan yang Anda nikmati akan semakin menawan dan membuat Anda takjub dengan keindahannya.

Di tebing ini, Anda yang hobi fotografi juga bisa mencari foto-foto indah. Begitu pula bagi yang juga hobi selfie, bisa berfoto dengan latar belakang laut yang luas. Jika berkunjung pada sore hari Anda juga berkesempatan menyaksikan matahari terbenam. Karena melewatkan pemandangan matahari terbenam dari bawah atau atas tebing sungguh sayang.

Aktivitas yang juga bisa Anda lakukan adalah bermain air karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Meski demikian, Anda tetap harus mengikuti protokol yang ada meski diperbolehkan berenang atau bermain air. Bagi Anda yang menyukai aktivitas menantang, bermain banana boat atau jet ski akan membuat liburan Anda seru.

Jika Anda berwisata bersama keluarga dan membawa serta anak-anak, tidak perlu khawatir, ada tumpangan gratis untuk anak-anak. Supaya mereka pun bisa bersenang-senang, tidak hanya orang dewasa saja yang bisa memainkannya. Anda juga bisa bermain pasir yang akan membuat liburan Anda bersama anak menjadi tak terlupakan. Pasir pantai ini lembut sehingga sangat cocok dijadikan tempat bermain.

Setelah rehat sejenak dari bermain, pengunjung bisa menikmati beragam kuliner khas pantai dengan kisaran harga yang bervariasi. Saat malam tiba, bagi yang ingin merasakan pengalaman menginap di tepi pantai, tersedia area untuk mendirikan tenda dan menikmati suasana malam di tepi laut.

Akomodasi di dekat pantai

Jika Anda berwisata dari luar kota dan ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, Anda bisa menginap di sini. Ada beberapa guesthouse di Pantai Indrayanti yang juga bisa Anda gunakan untuk bermalam.

Selain itu harga akomodasi yang ditawarkan juga cukup terjangkau, biasanya harga tiap kamar dihitung mulai dari Rp. 100.000 per malam. Meski harganya murah, namun penginapan ini tidak pernah sepi.

Oleh karena itu, Anda perlu melanjutkan pemesanan jika Anda tiba pada akhir pekan atau hari libur. Jika menginap di penginapan ini, kamu bisa menikmati gugusan bintang di malam hari.

Selain berkesempatan bermalam di penginapan, banyak juga pengunjung yang mendirikan tenda sebagai tempat bermalam. Jelas Anda bisa bermalam di pantai ini karena terdapat akomodasi di dekatnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pantai IndrayantiFoto: Shutterstock/Nikowidhianugraha

Anda juga tidak akan menyesal berkunjung ke Pantai Indrayanti. Pasalnya, selain pemandangannya yang mempesona, fasilitas yang disediakan pihak pengelola juga lengkap. Usai bermain air, Anda bisa menyiram atau buang air kecil di tempat yang telah ditentukan. Untuk memanfaatkan kesempatan ini, Anda perlu membayar antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Tarif yang berbeda berlaku untuk buang air kecil atau mandi.

Saat hendak berlibur, jangan lupa menunaikan kewajiban agama. Sebab di pantai ini terdapat fasilitas untuk beribadah yaitu mushola. Mushola cukup bersih dan nyaman sehingga pengunjung muslim tidak perlu khawatir. Fasilitas lain yang bisa Anda temukan di lokasi ini antara lain sejumlah penjual makanan dan minuman.

Terdapat kafe dan restoran yang menawarkan berbagai kuliner bagi Anda yang tidak membawa bekal. Menu yang ditawarkan juga tersedia dengan harga yang cukup terjangkau dan ramah di kantong. Harga menu umumnya mulai dari Rp 10.000 tergantung pilihan Anda.

Selain wisata kuliner, pengunjung juga bisa berburu oleh-oleh di Pantai Indrayanti Gunung Kidul. Tak heran jika pantai ini disebut sebagai pantai sejuta fasilitas karena cukup lengkap.

Liburan ke pantai memang menjadi salah satu cara untuk menghabiskan liburan. Jika Anda ke Jogja, tidak ada salahnya menjadikan pantai Indrayanti sebagai destinasi Anda. Tidak hanya pantai ini yang indah, banyak juga aktivitas seru yang ditawarkan. Didukung dengan perlengkapan yang lengkap membuat setiap orang betah berlama-lama di rumah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button