Tempat Wisata

Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta, harga tiket, rute, tips

Pantai Indrayanti. Membicarakan pariwisata di Yogyakarta sepertinya tidak akan ada habisnya. Yogya bukan hanya kota pelajar, tapi juga surganya menghabiskan waktu luang atau saat liburan tiba.

Diantara sekian banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi adalah wisata pantai di Indrayanti.

Terletak di kabupaten Gunung Kidul, pantai ini menawarkan pantai berpasir putih yang eksotis dengan pemandangan yang menakjubkan.

Yuk simak ulasan pantai indah dan eksotis berikut ini.

Pantai Indrayanti, Wonosari

Pantai IndrayantiFoto oleh @fadley_dj

Pantai Indrayanti Wonosari menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Tak heran jika banyak wisatawan yang terus berdatangan, terutama di akhir pekan.

Salah satu objek wisata pantai Gunung Kidul ini memang menjadi tempat yang tepat untuk berendam bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, dll.

Pantai berpasir putih yang berpadu dengan birunya air laut seakan menjadi pesona yang tiada duanya. Terkait dengan adanya bukit yang bisa Anda daki untuk menyaksikan keindahan Pantai Indrayanti dan luasnya Samudera Hindia.

Pilih waktu yang tepat jika ingin mengunjungi wisata pantai Yogyakarta ini. Jika Anda harus berkunjung pada akhir pekan, hari libur bank, atau liburan sekolah, bersiaplah untuk menemukan keramaian seperti di pasar.

Maklum, kepopuleran pantai indah ini justru meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung. Nah, sebaiknya mengunjungi pantai ini pada hari biasa.

Dengan cara ini Anda bisa menikmati suasana dan pesona alam yang mempesona tanpa dibarengi dengan kebisingan keramaian wisatawan.

Perhatikan juga cuaca, sebaiknya datang saat cuaca cerah dan tidak hujan.

Hal-hal menarik yang bisa dinikmati saat berwisata ke Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, GunungkidulFoto oleh @dona.fitria

Ketika Anda tiba di Wisata Pantai Indrayanti ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Pertama tentunya menikmati keindahan pantai yang bersih dan menyegarkan.

Anda bisa menyewa payung yang dilengkapi tikar yang sesuai dan dijejerkan di pinggir pantai. Untuk ini Anda membayar Rp 20.000.

Selain itu juga ada gazebo dengan harga Rp 30.000. Di sini Anda dan orang tersayang bisa bersantai menikmati keindahan laut ditemani jajanan yang bisa Anda bawa atau beli di warung terdekat.

Ini sangat menyenangkan, bukan?

Kemudian Anda juga bisa bermain Jet Sky yang disewakan oleh pihak pengelola pantai. Dengan membayar sekitar Rp 250.000 kamu sudah bisa menggunakan motor jet sky selama 15 menit.

Wahana-wahananya menyenangkan dan tentu saja memicu adrenalin. Jika Anda datang dengan buah hati Anda, jangan khawatir, manajemen hotel menyediakan permainan anak-anak secara cuma-cuma alias cuma-cuma.

Tentu saja jika perlu ganti baju setelah basah-basahan di pantai jangan khawatir ada banyak toilet hanya perlu membayar Rp 2.000 sampai Rp 5.000 saja.

Bagi Anda yang beragama Islam dan ingin beribadah, pimpinan juga menyediakan mushola.

Setelah puas bermain di pantai, perut terasa lapar. Banyak kafe dan restoran yang berjejer dan menawarkan berbagai macam sajian kuliner dengan harga yang sangat bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Tentunya semua tergantung budget dan jumlah orang yang makan. Pesona pantai serasa belum lengkap tanpa menyaksikan keindahan sunset.

Ya, sama seperti pantai lainnya, Pantai Indrayanti Gunungkidul menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di sore hari.

Di malam hari ada suasana yang tenang. Anda juga bisa bermalam di pantai dengan mendirikan tenda di sekitar pantai.

[ Baca Juga : Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta Part 1 ]

Sejarah Pantai Indrayanti

Sejarah Pantai IndrayantiFoto oleh @ijalarnoldd

Sejarah Pantai Indrayanti lebih banyak berkisar pada namanya yang menimbulkan kontroversi antara pihak pengelola pantai, pihak keraton dan pemerintah setempat. Nama resmi pantai cantik ini adalah Pantai Pulang Syawal.

Ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman di pantai ini, diantaranya warung Indrayanti. Kafe tersebut dimiliki oleh sepasang suami istri, yaitu Pak Indra dan Bu Yanti.

Ternyata nama Indrayanti lebih diingat wisatawan ketimbang nama Pulang Syawal. Hingga akhirnya pantai tersebut lebih dikenal dengan nama Indrayanti.

Penggantian nama Pulang Syawal menjadi Indrayanti, nama pribadi, dianggap melanggar aturan. Hal ini memicu polemik antara pihak pengelola dengan pihak keraton, serta pemerintah daerah.

Bahkan pertanyaan tentang penutupan pantai ini pun sempat dilontarkan. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut atas masalah tersebut. Pantai Indrayanti di Jogja semakin banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal ini tentunya meningkatkan laju perekonomian nasional dan daya tarik wisata Jogja pada umumnya.

Lokasi Pantai Indrayanti

Jalan Menuju Pantai IndrayantiFoto oleh @aanendar

Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya juga berdekatan dengan pantai lainnya seperti Pantai Omandeng, Pantai Sundak, Pantai Ngandong dan Pantai Sadranan yang berada di sebelah timur saja.

Pantai-pantai ini juga termasuk yang sering dikunjungi wisatawan setelah mengunjungi Pantai Indrayanti. Pantai Sadranan juga menawarkan spot snorkeling yang menarik.

Selain itu, menjelang bulan puasa, pantai ini biasa dijadikan tempat untuk upacara adat Nyadran.



[ Baca Juga : Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta part 2 ]

Biaya masuk ke Pantai Indrayanti

Biaya masuk ke Pantai IndrayantiFoto:

Tiket masuk Pantai Indrayanti sebenarnya satu deret dengan kawasan pantai di sekitarnya yaitu Drini, Sepanjang, Sundak, Krakal dan Poktunggal.

Untuk bisa masuk ke pantai cantik ini anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 Tentunya dengan harga yang sangat-sangat terjangkau.

Sesampainya di pantai, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang Anda bawa. Untuk kendaraan roda dua tarifnya Rp 4.000, kendaraan roda empat Rp 15.000.

Jika Anda berada di pantai Indrayanti, Anda pasti akan terpesona dengan pesona pasir putihnya yang terbentang luas dan bersih. Pihak pengelola sangat mementingkan kebersihan pantai ini.

Jika Anda membuang sampah sembarangan di pantai, bersiaplah untuk membayar Rp. 10.000 sebagai tambahan untuk membayar tiket masuk pantai Indrayanti.

Jadi saat berada di pantai kuta ala yogyakarta sangat perlu diperhatikan kebersihannya. Hal ini tentu saja berfungsi untuk menjaga kelestarian dan keindahan pantai.

Di tempat yang terjaga kebersihannya pun kita akan merasa nyaman. Aturan masuk Pantai Indrayanti dapat berubah sewaktu-waktu.

Jalan menuju Pantai Indrayanti

jalan menuju pantai IndrayantiFoto:

Jarak dari kota Yogyakarta ke Pantai Indrayanti sekitar 70 km. Ada banyak rute atau jalan menuju Pantai Indrayanti yang bisa Anda tempuh.

  • Sebagai rute umum, pertama-tama Anda dapat mengambil Jalan Wonosari (Jalan Lingkar Timur Yogyakarta) Piyungan -> Patuk -> Wonosari -> Karangrejek -> Hargosari -> Tepus lalu ikuti petunjuk arah menuju Pantai Indrayanti.
  • Sebagai jalur alternatif, Anda bisa melalui Imogiri -> Siluk -> Panggang -> Saptosari -> Trowono -> Baron. Dari kawasan pantai Baron, 10km ke timur adalah pantai Pulang Syawal atau Nrayanti.

Bagi Anda yang belum mengetahui banyak daerah di Jogja sebaiknya memilih jalur Wonosari. Pastikan performa kendaraan Anda dalam kondisi prima karena jalan yang harus Anda lalui memiliki tanjakan, turunan terjal, dan bentangan berliku.

Selain itu, daya tahan pengendara juga harus dijaga. Namun, semua itu akan terbayar dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Rasa lelah akan hilang begitu saja tanpa pamit di pantai.

[ Baca Juga : Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta – part 3 ]

Penginapan di Pantai Indrayanti

Penginapan Pantai IndrayantiGambar via beachjungwok.blogspot.co.id

Apalagi anda yang berasal dari luar kota pasti sangat lelah untuk langsung melanjutkan perjalanan. Menginap semalam di penginapan pinggir pantai tentu bisa menjadi pilihan.

Ada banyak penginapan di Pantai Indrayanti dengan harga mulai dari Rp 100.000. Meski harganya cukup mahal, penginapan tersebut hampir selalu penuh dipesan, apalagi saat liburan tiba.

Jadi jika Anda sedang merencanakan liburan dan ingin menginap di sana, sebaiknya pesan jauh-jauh hari.

Jangan lupa untuk menyaksikan gugusan bintang di langit malam saat berada di pantai ini. Anda bisa melihat lukisan Sang Maha Kuasa yang keindahannya tak terkira.

Sebuah bukti keagungan dan kekuasaan Tuhan yang akan menyadarkan kita betapa beruntungnya kita bisa melihat.

Bepergian untuk meningkatkan rasa syukur kita kepada Tuhan adalah keputusan yang bijaksana.

Peta Pantai Indrayanti

Peta Pantai IndrayantiFoto:

Menuju lokasi wisata pantai jogja ini menjadi lebih mudah dengan hadirnya aplikasi peta di smartphone Anda. Dengan masuk ke dalam peta pantai Indrayanti, Anda bisa mengetahui rute mana yang akan ditempuh dan memperkirakan waktu tempuh yang dibutuhkan.

Selain itu, GPS akan membantu Anda mencapai tujuan dengan lebih efisien tanpa tersesat di mana pun.

Sebagai tambahan informasi, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui saat berada di Pantai Wonosari Indrayanti.

Sebelum bermain pasir atau menikmati deburan ombak, sebaiknya gunakan Subblock terlebih dahulu agar kulit Anda terlindungi dari terik matahari.

Selain itu, Anda juga bisa mengenakan topi dan kacamata hitam. Kedua, bawa peralatan mandi (handuk dan sabun) dari rumah agar tidak tiba-tiba harus membelinya setelah bermain air. Tentunya hal ini juga dapat menghemat biaya.

Bawa juga sandal jepit untuk berjalan di atas pasir. Hal ini untuk menghindari panasnya pasir dan juga bebatuan yang terkadang tidak terlihat. Sayang juga kalau harus memakai sepatu mahal untuk bermain di air, malah bisa rusak diterjang ombak.

Anda juga bisa membawa belanjaan dari rumah agar lebih hemat. Tidak hanya lebih murah tetapi juga lebih higienis. Dan yang paling penting adalah jangan membuangnya.

Oleh-oleh khas Pantai Indrayanti yang bisa Anda beli

Biaya masuk ke pantai IndrayantiGambar melalui Arwana Travel

Saat pulang dari berwisata tanpa membawa oleh-oleh, rasanya ada yang kurang. Anda bisa membeli berbagai cinderamata yang dijual oleh para penjual cinderamata di sekitar pantai.

Ada pakaian pantai dengan tulisan pantai Indrayanti yang bisa Anda beli. Ukuran bervariasi dari anak-anak hingga dewasa.

Untuk harga cukup terjangkau, apalagi jika pandai menawar seperti wanita di pasar. Selain itu, berbagai jenis olahan seafood seperti keripik rumput laut atau seafood juga tersedia. Tinggal pilih mau yang mana.

Wisata Jogja lainnya:

  1. Berikut tempat wisata untuk keluarga dan anak di Yogyakarta
  2. Tebing Breksi, Tempat Wisata Jogja yang Instagramable
  3. 5 tempat kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi

Itu tadi pembahasan kami tentang pantai Indrayanti. Keindahan pantai berpasir putih bersih yang dikelilingi deretan hijau pepohonan di sekitar pegunungan menambah eksotisme pantai di kawasan istimewa Yogyakarta ini.

Fasilitas yang ditawarkan di pantai Indrayanti juga cukup lengkap, mulai dari restoran hingga akomodasi tersedia semua. Apa yang kamu tunggu? Segera rencanakan waktu luang Anda dan orang tersayang untuk mengunjungi pantai cantik ini.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button