Tempat Wisata

Pantai Joras Tanah Laut – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Pantai Joras, pantai eksotik dengan panorama alam yang indah di Tanah Laut, memikat pengunjung dengan keindahan alamnya yang mempesona, termasuk mercusuar yang menjadi daya tarik tersendiri.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Jorong, Kec. Swarangan, Kab.Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Map: Periksa lokasinya

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi yang terletak di Kabupaten Tanah Laut adalah Pantai Joras. Banjarmasin dikenal selalu mampu menyuguhkan tempat wisata alam yang memukau. Khusus di Kabupaten Tanah Laut, setidaknya ada puluhan tempat wisata menarik di Tanah Laut.

Yang menakjubkan adalah pantainya. Meski keindahan pantainya sangat indah, namun Anda akan mendapati tempat ini masih sepi pengunjung.

Pantai ini terletak di kecamatan Jorong, sekitar 40 km dari ibu kota Pelaihari. Nanti akan memakan waktu sekitar 1 jam dari sana.

Nantinya, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk mencapai kawasan Pantai Joras. Selain itu, jalurnya masih relatif mudah. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai ini bersama keluarga saat liburan tiba.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Joras

Daya Tarik Pantai JorasKredit foto: Google Maps Jally SB

Pemandangan pantai yang begitu indah

Banyak sekali daya tarik yang ditawarkan Pantai Joras, diantaranya adalah panorama pantai yang sangat indah. Pantai ini terkenal dengan keindahannya yang mempesona dan belum banyak terekspos. Setiap detail keindahan yang terjaga dengan baik bisa Anda lihat di sini.

Anda bisa menikmati panorama alam pantai sekitar dengan pepohonan yang sangat nyaman. Angin sepoi-sepoi terasa begitu sejuk di tubuh.

Lingkungan tersebut memang akan memberikan suasana yang sangat sejuk. Oleh karena itu, tidak salah jika mayoritas pengunjung menjadikan tempat wisata sebagai tempat penyembuhan yang efektif.

Keindahan dermaga

Daya tarik Pantai Joras selanjutnya adalah Anda akan melihat dermaga yang indah di sekitar pantai. Dermaga tersebut merupakan proyek yang ditinggalkan di masa lalu.

Sebelumnya direncanakan penggunaan resor wisata ini sebagai pelabuhan. Namun karena beberapa kendala, proyek tersebut dibatalkan.

Alhasil, pembangunan di lokasi tersebut terhenti sehingga hanya menyisakan dermaga saja. Sedikit demi sedikit, dermaga yang terbengkalai itu dimanfaatkan oleh pengelola pariwisata sebagai tempat menarik dengan memperindah setiap detailnya. Kini dermaga tersebut akhirnya terlihat sangat Instagrammable.

mercu suar

Selain itu, Anda juga bisa melihat dermaga dan juga terdapat mercusuar di Pantai Joras. Kehadiran mercusuar tentu akan menambah daya tarik pantai tersebut. Mercusuar yang tinggi menjadi spot foto yang populer bagi pengunjung.

Jika Anda tidak takut ketinggian, Anda juga bisa menaiki tangga di sini. Tersedia beberapa anak tangga untuk menikmati pemandangan langsung dari area atas. Menara mercusuar di lokasi ini mampu menampung 5 orang.

Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melebihi jumlah tersebut jika ingin naik ke mercusuar karena khawatir bangunan tersebut akan runtuh dan tidak mampu menopangnya lagi.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat dan rute menuju pantaiKredit foto: Google Maps PriM aji

Pantai Joras dikenal sebagai destinasi wisata tersembunyi di sini. Butuh waktu lama untuk sampai di tempat tujuan wisata. Tempat wisata alam indah ini terletak di Desa Karangrejo yang termasuk dalam Kecamatan Jorong, Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Wisatawan yang ingin datang dapat menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor atau mobil. Akses jalan tidak sulit. Anda juga bisa menggunakan Google Maps agar perjalanan Anda lebih bermanfaat, meski saat ini sudah banyak rambu-rambu di pinggir jalan.

Jika anda berangkat dari kota Banjarmasin, waktu tempuh menuju destinasi wisata ini sekitar dua jam. Anda kemudian akan melanjutkan perjalanan sejauh 8 km untuk mencapai pantai yang terkenal dan indah ini.

Biaya masuk wisata bahari

Saat Anda datang ke destinasi wisata ini, Anda pasti perlu memikirkan beberapa hal terlebih dahulu, seperti budget yang Anda perlukan untuk liburan Anda.

Pantai Joras sendiri terbilang sangat standar, pengunjung hanya dikenai tarif sekitar Rp 10.000 saja.

Harga tersebut cukup murah dan tidak sebanding dengan keindahan yang ditawarkan pantai tersebut. Apalagi di sini Anda berada di pantai pribadi yang belum banyak pengunjung yang mengetahui destinasi wisata ini.

Perlu Anda ketahui juga bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini terkait dengan kebijakan pengelolaan kawasan setempat. Jadi tidak ada salahnya bertanya terlebih dahulu sebelum akhirnya datang.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai JorasSumber gambar: Google Maps Erwin Afzl

1. Menikmati indahnya pantai

Keindahan Pantai Joras memang tidak perlu Anda ragukan lagi. Pantai tersebut merupakan pantai berpasir panjang yang dikelilingi pepohonan sehingga membuat suasana alami kawasan tersebut terlihat jelas.

Setiap pengunjung akan merasa betah dan menikmati momen berada di sana. Angin sepoi-sepoi membuat Anda bisa melihat dan merasakan kesejukan tempat dengan lebih baik.

2. Ambil foto selfie

Bagi Anda yang sangat menyukai fotografi, mengunjungi pantai ini tentu merupakan keputusan yang tepat. Karena di sini Anda disuguhi foto-foto yang sangat variatif dan memanjakan.

Misalnya saja dengan latar belakang pantai yang indah dan pepohonan yang sejuk, bangunan seperti menara dan dermaga terlihat sangat ikonik.

Jangan lupa ada beberapa spot foto cantik di tempat ini seperti dermaga dan menaranya. Bangunan-bangunan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menambah daya tarik foto yang dihasilkan.

3. Berenang

Aktivitas selanjutnya yang juga sangat direkomendasikan adalah bermain air dan berenang di Pantai Joras. Pengunjung yang datang jangan lewatkan kesempatan untuk berenang karena ombak di sana tidak terlalu besar.

Inilah sebabnya mengapa berenang dianggap cukup aman untuk Anda. Namun, pastikan Anda hanya melakukan aktivitas ini di tepi pantai. Jangan berenang terlalu dalam di pantai karena hanya akan membahayakan keselamatan Anda.

4. Berkemah di Pantai Joras

Anda bisa menikmati indahnya pantai ini sambil berkemah atau camping. Kegiatan ini tentunya akan semakin seru bagi Anda, apalagi jika Anda datang bersama keluarga, pasangan, atau teman Anda.

Menikmati pemandangan malam di sekitar Pantai Joras memang akan menimbulkan keseruan.

5. Menikmati kuliner yang nikmat

Jika Anda tidak sempat membawa bekal makanan dari rumah, Anda tidak perlu panik atau khawatir. Karena nantinya Anda akan menemukan banyak sekali warung yang menjual berbagai menu lezat khas Tanah Laut.

Untuk itu bagi anda yang memang suka berburu kuliner, ada baiknya anda datang ke sini. Disana Anda bisa menikmati berbagai kuliner lezat yang membuat Anda betah.

6. Santai

Bagi Anda yang mencari tempat tenang untuk duduk bersantai, pantai ini merupakan kawasan yang direkomendasikan. Tempat ini masih sepi pengunjung. Untuk itu sangat cocok bagi Anda yang ingin memulihkan penatnya aktivitas.

7. Nikmati matahari terbenam

Menantikan matahari terbenam memang selalu menarik, apalagi saat Anda sedang berada di kawasan pantai ini. Dari pinggir pantai Anda akan disuguhkan proses matahari terbenam yang sangat jernih. Keindahan matahari terbenam tertangkap dan terlihat mempesona, apalagi saat cuaca cerah dan bersahabat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di pantai JorasSumber gambar: Google Maps Heri Yadi

Pantai Joras menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun perlu Anda ketahui bahwa fasilitas yang ada di pantai ini biasanya tidak terlalu lengkap. Sebab, tempat ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan.

Namun beberapa fasilitas umum masih ada di sana seperti ruang ganti, toilet, dan tempat ibadah. Ada juga kedai makanan di dekatnya.

Kebanyakan pedagang menyajikan menu yang bisa Anda pilih jika Anda lapar. Ada berbagai jenis masakan ikan yang membangkitkan cita rasa.

Pilihan lainnya, Anda akan menemukan berbagai jenis spot foto yang sangat Instagrammable dan cocok. Oleh karena itu, pengunjung yang datang ke tempat ini pastinya membawa kamera untuk mengabadikan keindahan dermaga dan mercusuar yang tidak bisa ditemukan di pantai lain.

Demikian ulasan lengkap Pantai Joras yang wajib Anda ketahui. Pantai di Kabupaten Tanah Laut ini mempunyai keindahan yang unik dan khas. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini saat berada di Tanah Laut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button