Tempat Wisata

Pantai Karang Hawu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Karang Hawu yang terletak di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, menawarkan panorama alam yang unik dan eksotik. Pantai ini merupakan salah satu pantai paling terkenal di kawasan Sukabumi dengan keunikan keindahan tebingnya yang menjorok ke laut. Selain itu, pantai ini memiliki sejarah mistis yang terkenal dan diakui di kalangan penduduk setempat. Berlibur di tempat ini menyuguhkan pemandangan indah berupa hamparan pasir lembut berwarna kecoklatan, udara sejuk serta deburan ombak besar yang menghantam tebing semakin menambah pesona indahnya Pantai Karang Hawu.

Sejarah dan mitos

Menurut cerita masyarakat setempat, pantai ini dinamakan Karang Hawu karena terdapat lubang pada tebing atau bebatuannya sehingga terlihat seperti tanur tiup. “Hawu” yang berarti “oven” dalam bahasa Sunda. Karena itulah pantai ini dinamakan Karang Hawu.

Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan mitos bahwa Nyai Roro Kidul sang penguasa Laut Selatan berhenti di tebing yang menjorok ke laut. Konon penduduk setempat percaya bahwa pantai ini merupakan tempat favorit Penguasa Laut Selatan. Kebanyakan pengunjung mempercayai mitos ini. Terlihat banyak pengunjung yang berusaha memperoleh berkah dengan mencuci muka atau mandi di air kolam batu tersebut. Bahkan beberapa pengunjung sengaja mengisi air tersebut ke dalam botol minum untuk dibawa pulang.

Tak jauh dari bibir pantai terdapat dua gunung yaitu Pegunungan Winarum dan Pegunungan Rahayu. Di puncak Gunung Winarum terdapat santapan dan santapan suci yaitu santapan Syekh Hasan Ali. Syekh Hasan Ali merupakan seorang ulama besar dan cukup terkenal di daerah Sukabumi. Selain itu, puncak gunung ini juga konon pernah dijadikan tempat bertemunya 40 ulama besar untuk merencanakan strategi penyebaran Islam khususnya di wilayah Sukabumi. Di puncak Gunung Rahayu juga terdapat makam Raden Dikrudatullah dan Raden Cengkal (Aliem) yang merupakan tokoh penyebar agama Islam.

Pesona Pantai Karang Hawu

Pantai yang luas dengan ciri khas bukit karang yang menjorok ke laut. Ditutupi hamparan pasir luas yang lembut dan berwarna kecoklatan. Panjang pantai ini adalah 4 kilometer. Saat anda berada di puncak bukit, anda dapat menikmati pemandangan pantai Karang Hawu dengan jelas. Panorama laut lepas dan deburan ombak besar yang menghantam bebatuan menjadi pemandangan yang sangat indah di sini. Anda juga bisa melihat lubang-lubang yang tercipta di pantai ini yang sekilas terlihat seperti oven. Uniknya di titik ini terdapat jembatan sederhana yang terbuat dari bambu sehingga Anda bisa menyeberangi air laut untuk sampai ke ujung karang yang lain.

Setelah cukup puas menikmati pemandangan dari atas bukit, Anda bisa turun dan menikmati pasir pantai Karang Hawu. Berjalan-jalanlah menyusuri pantai dan sesekali bermain ombak. Atau bahkan duduk santai menikmati deburan ombak dan berjemur menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di pantai ini. Meski terlihat jelas ombak di pantai ini cukup besar, namun jangan khawatir karena di sisi berpasir ombaknya akan lebih kecil. Bagi Anda yang hobi berselancar, tidak ada salahnya untuk mencobanya di tempat ini. Ada juga persewaan selancar di area ini.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Alam Pantai Cimaja dan Pesona Alam Pantai Berbatu Sukabumi Jawa Barat

Lokasi Pantai Karang Hawu

Pantai ini terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini terletak di dekat kawasan wisata Pelabuhan Ratu, sekitar 16 kilometer dari pasar ikan Pelabuhan Ratu.

Fasilitas pantai Karang Hawu

Di kawasan wisata pantai ini terdapat beberapa fasilitas seperti:

  • Hotel atau penginapan
  • Pasar kecil
  • Warung makan
  • Ruang sholat
  • Tersedia juga tempat parkir yang cukup luas
  • Tempat penyewaan peralatan selancar
  • Stand suvenir

Akses menuju pantai Karang Hawu

Mengakses tempat ini cukup mudah karena bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum bisa naik bus atau angkutan umum dari Terminal Pelabuhan Ratu dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju tempat ini.

Jam buka dan tarif masuk Pantai Karang Hawu

Bagi yang ingin menghabiskan waktu berlibur bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja karena buka setiap hari dan 24 jam. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini relatif murah hanya berkisar Rp 2.500,00

Tips berlibur di Pantai Karang Hawu

  • Pastikan kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik
  • Bawalah kamera untuk membantu Anda dalam perjalanan mengabadikan momen indah liburan Anda
  • Jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Kenakan pakaian yang sesuai
  • Selalu lindungi alam
  • Bawalah perbekalan secukupnya

Galeri Foto Pantai Karanghawu

Selamat datang di Pantai Karanghawu
Pantai Karanghawu
Potret air laut di Pantai Karanghawu
Tebing karang
Bermain di pantai
Sunset di Pantai Karanghawu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button