Tempat Wisata

Pantai Karang Hawu: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Memang pesona wisata milik salah satu provinsi di ujung barat Pulau Jawa ini memang tak ada habisnya. Berbagai tempat menarik tersaji dengan jelas, mulai dari wisata darat hingga wisata air yang menyenangkan. Salah satunya wisata pantai di pesisir selatan, lebih spesifiknya di kawasan Sukabumi, Jawa Barat.

Pantai Karang Hawu merupakan sebuah pantai di Sukabumi. Wisata pantai ini menawarkan keindahan yang begitu mempesona. Keunikan pantai ini, dengan tebing-tebingnya yang menjorok ke laut serta deburan ombak yang menghempas tepian tebing, menjadikannya semakin indah dan mempesona. Selain itu, udaranya yang sejuk juga turut memberikan kenyamanan tersendiri bagi Anda yang sedang berkunjung.

Fasilitas di Pantai Karang Hawu

Sebagai salah satu pantai terpopuler di Sukabumi, Jawa Barat, berbagai fasilitas tentunya tersedia bagi para wisatawan. Deretan fasilitas yang berjejer rapi di sepanjang pantai menambah daya pikat daya tarik Pantai Karang Hawu. Berbagai fasilitas tersedia, seperti:

  • Akomodasi berkisar dari hotel, resor hingga villa
  • warung makan
  • ruang sholat
  • kamar mandi
  • area parkir
  • Pasar kecil
  • Kios yang menjual oleh-oleh pantai
  • penyewaan papan selancar
  • Dan lainnya.

Sejarah Pantai Karang Hawu

Banyak mitos yang beredar mengenai lokasi pantai ini. Pantai yang menyandang nama Hawu ini merupakan anugerah sadar dari masyarakat setempat. Hawu yang dalam bahasa Sunda berarti perapian, memiliki arti tersendiri untuk tempat ini.

Pantai ini memiliki tebing batu yang berlubang, posisi tebing tersebut menjorok ke laut sehingga membuat tebing tersebut terlihat seperti oven (hawu). Oleh karena itu, nama Karang Hawu digunakan untuk kota pantai ini, yang erat kaitannya dengan sejarah mistis tersebut.

Kisah mistis memang banyak dikaitkan dengan Pantai Karang Hawu Cisolok. Sebagian masyarakat meyakini bahwa pantai ini masih berada di bawah kekuasaan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Tebing karang yang menjorok ke laut ini dipercaya sebagai singgasana kerajaan ratu pantai selatan.

Selain itu, diyakini siapa pun yang mandi di kolam batu atau mencuci muka akan mendapat keberkahan. Selain itu, air di kolam karang juga dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Namun di balik itu semua, pantai ini justru menjadi primadona di kalangan wisatawan.

Berburu foto di Pantai Karang Hawu

Selain bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berselancar, dan memancing, tempat ini juga bisa Anda jadikan tempat berburu foto terbaik di Jawa Barat. Pemandangan pantai yang indah serta air yang masih sangat jernih dan biru kehijauan membuat foto yang dihasilkan semakin sempurna.

Belum lagi pemandangan tebing-tebing di sudut pantai membuat keindahannya semakin nyata. Anda juga bisa mencari tempat terbaik untuk mengambil foto, misalnya di bebatuan yang menjadi ciri khas Pantai Karang Hawu di Indonesia.

Akses Lokasi ke Pantai Karang Hawu

Letak Pantai Karang Hawu Sukabumi yang tidak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu begitu memudahkan wisatawan untuk menuju pantai tersebut. Untuk menuju ke sana Anda bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Rute yang akan ditempuh juga dipermudah dengan hadirnya pemandu jalan menuju resor pantai.

Bagi anda yang ingin ke Pantai Karang Hawu Jawa Barat silahkan mengambil jalan menuju Pelabuhan Ratu. Pantai ini terletak di Desa Cekakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Jaraknya sekitar 73 km dari pusat kota Sukabumi. Pilihan transportasi umum seperti ojek juga banyak tersedia di lokasi wisata. Oleh karena itu sangat mudah untuk mencapai pantai ini.

Biaya masuk ke Pantai Karang Hawu

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang (belum termasuk parkir)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Karang Hawu

Tips berlibur di Pantai Karang Hawu

Bagi Anda yang ingin merasakan indahnya Pantai Karang Hawu di Sukabumi, Jawa Barat, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan. Keindahan pantai yang begitu eksotik sayang jika tidak mengabadikan momen foto di sana. Bawalah kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen indah dengan pemandangan yang begitu menawan.

Ini adalah catatan perjalanan Pantai Karang Hawu Sukabumi, Jawa Barat. Tempat wisata ini bisa anda jadikan tujuan liburan anda berikutnya. Nikmati segala keindahan yang ada dengan aktivitas menarik untuk dilakukan.

Galeri Foto Pantai Karang Hawu

Selamat datang di Pantai Karang Hawu
Batuan karang di pantai

Ombak menghantam bebatuan
Berburu foto di pantai
Berburu foto romantis
Sunset di Pantai Karang Hawu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button