Tak Berkategori

Pantai Karang Papak Garut – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Karang Papak dengan pemandangan laut luas dan pemandangan Samudera Hindia merupakan pantai indah dengan panorama yang menakjubkan di Garut.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Karang Papak merupakan salah satu pantai yang ada di Teluk Pelabuhan Ratu. Keberadaan pantai karang ini tidak jauh dari pantai populer di Jawa Barat yaitu Pantai Santolo. Tepatnya terletak di kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Karang Papak memang belum banyak diketahui wisatawan. Keberadaannya masih kalah terkenal dibandingkan pantai-pantai lain di Garut. Pantai ini masih sepi pengunjung. Namun keindahan pantai ini tak kalah mempesona. Terutama pemandangan senja di sore hari.

Nah bagi wisatawan yang mencari tempat pantai dengan suasana tenang dan tidak ramai pengunjung, langsung saja datang ke Pantai Karang Papak. Anda bisa mengunjungi keluarga atau kerabat untuk mengisi waktu liburan dan melepas penat dari kehidupan sehari-hari.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Karang Papak

Daya Tarik Pantai Karang PapakFoto: Google Maps/Taufik Ridwan

Pemandangan laut luas menghadap Samudera Hindia

Sesampainya di pantai anda akan disuguhi pemandangan laut luas. Ya, Pantai Karang Papak terletak tepat di Samudera Hindia dan memiliki perairan berwarna kebiruan dengan pasir pantai yang putih.

Pemandangan semakin eksotis ketika ombak laut saling berkejaran menuju pantai. Pemandangan yang membuat Anda selalu bersyukur bisa menikmati indahnya ciptaan Anda dalam keadaan sehat.

Ombak pantai yang tinggi

Wisatawan yang tergiur dengan jernihnya air pantai diminta tetap menjaga kendali. Sebaiknya cuci tangan saja atau celupkan kaki ke pantai saat ombak sudah mendekat.

Pasalnya, terdapat ombak yang tinggi dan berbahaya di kawasan Pantai Karang. Saat gelombang tinggi menerjang, apapun yang ada di tepi pantai, akan terguling ke tengah lautan.

Karena itulah pemerintah setempat memasang rambu peringatan untuk mencegah wisatawan berenang di pantai indah ini.

Tempat perkemahan

Bagi Anda yang ingin merasakan semilir angin pantai di malam hari atau melihat eksotisme matahari terbit, Anda bisa berkemah. Terdapat area yang khusus digunakan untuk mendirikan tenda kemah.

Sensasi tenda bisa anda rasakan tertiup angin, udara malam dan suara deburan ombak dari dalam tenda. Namun, ingatlah untuk tidak mengotori area sekitar dengan sampah.

Kegiatan nelayan

Mayoritas warga Karang Kapak bermatapencaharian sebagai nelayan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak melihat perahu nelayan lalu lalang.

Perahu-perahu kecil ini akan memulai perjalanannya pada sore hari. Dan pagi harinya mereka akan kembali dengan membawa ikan yang mereka tangkap.

Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan penduduk setempat memancing di pantai. Gunakan hanya ban karet sebagai perahu.

Batu dihiasi dengan rumput laut

Saat air laut sedang surut, wisatawan bisa melihat bebatuan karang yang cantik. Itu juga dipenuhi dengan tanaman seperti alga. Tanaman ini tumbuh subur dengan warna hijau. Dari kejauhan tampak seperti pulau-pulau yang indah.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Karang PapakFoto: Google Maps/Tommy Irsyad Najib

Pantai Karang Papak terletak tidak jauh dari Pantai Santolo yang menjadi landmark Kabupaten Garut. Jaraknya hanya sekitar 1 kilometer. Dapat diakses melalui jalan pintas jika wisatawan ingin merasakan suasana berbeda.

Lebih spesifiknya, pantai indah ini terletak di Desa Mekar Bakti, salah satu desa di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Wisatawan asing yang memulai perjalanan dari Jakarta harus melintasi beberapa kota terlebih dahulu untuk sampai ke resor pantai tersebut. Termasuk lewat Kota Bandung lalu ke Pangalengan. Lanjutkan perjalanan menuju Cikelet hingga akhirnya sampai di Pantai Karang Papak.

Anda dapat membuka aplikasi Google Maps untuk mengikuti petunjuk arah yang disarankan sehingga memudahkan akses jalan.

Biaya masuk wisata bahari

Karena kepopulerannya, biaya masuk ke Pantai Karang Papak adalah Rp 5.000,- termasuk kendaraan bermotor. Jika wisatawan menggunakan kendaraan roda empat maka dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Namun harga tiket masuknya bisa berlipat ganda pada awal musim liburan, terutama pada hari libur nasional dan hari raya.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai Karang PapakFoto: Google Maps/Khofifah Khofifah

1. Berjalan di sepanjang pantai

Oleh karena itu, kegiatan ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan sekaligus merasakan semilir angin pantai.

Berjalan menyusuri pantai dan sesekali merasakan deburan ombak menyentuh kaki Anda, suasana menjadi semakin damai. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan ombak yang datang karena pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi.

2. Bola voli pantai

Olahraga di pantai merupakan kegiatan yang unik. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Karang Papak bersama rombongan, terdapat kegiatan olah raga seperti voli pantai. Selain mencari keringat untuk menjaga kebugaran tubuh, perasaan berbeda juga akan Anda rasakan.

Menangkap bola yang tertiup angin pun terasa lebih seru. Tembakannya ke arah bola yang seharusnya membentur gawang malah melenceng. Itulah asyiknya voli pantai.

3. Ambil foto

Daya tarik dari pantai cantik ini adalah memiliki beberapa spot foto yang keren. Akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Spot foto dengan pemandangan dengan latar belakang air laut biru luas dan bebatuan karang yang terlihat cantik saat permukaan air sedang rendah. Tentu saja hasil fotonya akan lebih kekinian.

Wisatawan dapat memilih gaya dari sudut mana pun. Pastikan Anda memiliki pandangan yang tepat agar foto Anda bisa menghipnotis orang lain yang melihatnya.

4. Carilah pemandangan matahari terbit dan terbenam

Pantai Karang Papak menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang mempesona. Saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat senyuman sang mentari di ufuk timur. Perlahan cahaya itu mulai terbit dan menerangi langit yang luas.

Wisatawan juga bisa mencari momen romantis saat senja, yakni saat matahari terbenam. Matahari perlahan mulai bersembunyi untuk rehat sejenak dari peradaban. Lambat laun suasana menjadi lebih gelap.

5. Berjemur

Di pantai karang ini cuacanya cukup panas pada siang hari. Cocok untuk berjemur. Kegiatan ini kurang diminati khususnya oleh masyarakat Indonesia. Namun, ada juga wisatawan yang ingin membuat kulitnya terlihat sedikit lebih gelap.

Jadi Anda bisa menikmati teriknya sinar matahari di siang hari sambil bersantai dan minum es krim kelapa. Hal ini dijamin akan membuat suasana semakin seru. Selain kesegaran es krim kelapa, pemandangan pantainya juga memanjakan mata.

6. Berkemah dengan tenda

Berkat lokasi pantai yang luas, wisatawan bisa menikmati suasana pantai dari pagi hingga pagi hari. Ya, berkemah di pinggir Pantai Karang Papak.

Wisatawan bisa mendirikan tenda di belakang tanaman pandan. Meski tanaman ini berduri, namun kekuatannya mampu menahan hembusan angin agar tenda kemah tidak roboh.

7. Berburu kepiting kecil di pasir pantai

Ada lubang-lubang kecil di pasir tempat kepiting bersembunyi. Sesekali hewan lincah ini keluar untuk pamer, lalu berlari dan bersembunyi di balik pasir.

Anda bisa mencari kepiting kecil di sekitar pantai. Sementara saya menghabiskan waktu berlibur. Tentu saja kegiatan ini sangat seru karena harus berlarian bahkan terjatuh untuk menangkap kepiting yang lincah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai Karang PapakFoto: Google Maps/Khofifah Khofifah

1. Tempat parkir

Tempat parkir yang diperuntukkan untuk menampung kendaraan wisata cukup luas dan memadai. Biaya parkir kendaraan sudah termasuk biaya masuk pertama kali melalui gerbang keamanan.

2. Toilet

Fasilitas umum berupa toilet dapat digunakan untuk buang air besar dan untuk mencuci atau berganti pakaian setelah basah kuyup oleh air pantai. Ada banyak air di toilet dan bersih. Sehingga wisatawan bisa membawanya dengan nyaman.

3. Stabil

Ada beberapa warung yang berjejer di pinggir pantai. Wisatawan bisa memesan berbagai kuliner dan minuman di sana.

4. Akomodasi

Bagi Anda yang enggan berkemah namun tetap ingin merasakan suasana pantai di malam hari, Anda bisa menyewa akomodasi. Ada beberapa akomodasi sederhana di dekat pantai.

Harga yang ditawarkan tiap akomodasi berbeda-beda. Tergantung kelengkapan fasilitas yang ada. Misalnya Anda memesan kamar tanpa AC karena udara malam di sekitar pantai terasa dingin. Maka Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 200.000 saja per malamnya.

5. Lapangan Penjual Ikan

Mengingat banyaknya nelayan di Pantai Karang Papak, wisatawan yang datang juga bisa membeli hasil tangkapan nelayan tersebut. Ya, ada tempat yang menjual ikan di daerah tersebut. Untuk membeli ikan segar, sebaiknya datang pada pagi hari saat para nelayan pulang dari melaut.

Inilah indahnya Pantai Karang Papak di pesisir selatan Garut. Jika Anda masih penasaran, pastikan untuk mengunjungi pantai indah ini. Lokasinya juga dekat dengan pantai-pantai terkenal, sehingga Anda juga bisa berwisata dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button