Berita Wisata

Pantai Karang Paranje Garut, Pantai Pribadi dengan Batuan Ikonik

Pantai Karang Paranje merupakan objek wisata yang terletak di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Wilayah selatan Garut memiliki beberapa pantai dengan keunikan tersendiri, diantaranya Karang Paranje.

Ciri khas pantai ini adalah tujuh batu karang ikonik yang melapisi laut, sekilas batu-batu ini tampak menyatu, namun sebenarnya tersusun dari tujuh batu karang yang terpisah.

Sedangkan kata “paranje” berasal dari bahasa sunda yang berarti “kandang”. Dengan kata lain, ketujuh batu karang di pantai ini merupakan habitat hewan-hewan tak kasat mata.

Berikut hal-hal menarik yang bisa ditemui wisatawan saat berkunjung ke Pantai Karang Paranje.

Berkendara ke pantai karang Paranje Garut

Untuk dapat mengakses pantai ini, ambil jalan dari pusat kota Garut menuju kecamatan Pameungpeuk. Kawasan Pameungpeuk sendiri merupakan kawasan Garut Selatan yang meliputi pantai Santolo, Sayang Heulang, Cijeruk dan Manalusu.

Setelah melewati Pasar Pameungpeuk, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Cibalong.

Baca juga : Pantai Cijeruk Garut dan mitos Nyi Roro Kidul

Melewati Puskesmas Cibalong, lokasi Pantai Karang Paranje dekat. Anda akan menemukan sebuah pintu atau gapura yang merupakan pintu masuk menuju pantai.

Menikmati pemandangan matahari terbit

Menurut informasi dari beberapa sumber, tidak ada biaya resmi untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Karang Paranje Garut. Namun, wisatawan harus membayar Rp 5.000 di depot mobil yang dikelola warga setempat.

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di tempat ini adalah toilet, mushola, penginapan, saung, warung makan dan minum.

Daya tarik Pantai Karang Paranje tentunya terletak pada tujuh terumbu karangnya yang megah, karena mampu memecah ombak.

Pemandangan ini akan semakin indah jika wisatawan memburunya saat matahari terbit atau sunrise. Karena ombaknya sangat besar, pantai ini tidak aman untuk berenang atau berselancar.

Baca juga : Pantai Manalusu Garut, Pesona Zamrud Selatan

Perkenalkan nuansa pantai pribadi

Suasana Pantai Karang Paranje Garut yang sepi dan tenang menghadirkan serasa private beach atau pantai pribadi seperti milik sendiri.

Jika ingin berswafoto, wisatawan bisa leluasa menjelajahi segala sudut hingga menemukan sudut yang pas.

Keberadaan tujuh batu karang di pantai ini tak luput dari mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Ada juga orang yang mengatakan bahwa “kandang” itu adalah ladang milik Nyi Roro Kidul, penguasa Laut Selatan.

Meski tidak terlihat, wisatawan harus menghormati kepercayaan ini dengan tidak mengenakan pakaian berwarna hijau di Pantai Karang Paranje Garut. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button