Tak Berkategori

Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Karang Tawulan dengan hamparan perbukitan hijau yang mempesona merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan matahari terbenam dan matahari terbit.

Harga tiket: Rp3.500, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Cimanuk, Kecamatan Kalapagenep. Cikalong, Kab.Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Jika anda berkunjung ke Tasikmalaya, anda wajib menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Karang Tawulan. Pantai ini mempunyai pemandangan alam yang sangat menarik dan cukup unik. Pantai ini sangat populer dan sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisatawan sengaja datang ke sini untuk bisa menikmati semua panorama yang ditawarkan tempat ini. Udara segar di kawasan pantai dan pemandangan bebatuan karang akan memanjakan Anda. Selain itu, bagi Anda yang hobi fotografi bisa menjadikan kawasan pantai ini sebagai background.

Rasa jenuh dan jenuh akan langsung hilang seiring Anda menikmati sajian alam Pantai Karang. Suara deburan ombak di tempat ini sangat menenangkan dan panorama yang terbentang sungguh indah. Mengunjungi tempat wisata ini menjelang hari raya merupakan ide yang sangat masuk akal.

Objek wisata yang ditawarkan oleh Pantai Karang Tawulan

Objek Wisata : Pantai Karang TawulanSumber gambar: Google Maps adnan rosyid

Hamparan perbukitan dan rerumputan yang luas

Banyak sekali daya tarik yang ditawarkan Pantai Karang Tawulan. Pantai ini cenderung berbeda dengan pantai lainnya. Dari pintu masuk Anda tidak langsung disambut ombak atau pasir. Namun nantinya Anda akan melihat bagian bukit yang ditumbuhi rumput hijau segar.

Soal keselamatan, Anda tidak perlu khawatir karena kawasan perbukitan sudah memiliki pagar pembatas. Di sekitar kawasan perbukitan juga terdapat pepohonan yang sangat khas, seperti pohon pandan laut.

Selain itu, pengunjung juga bisa lebih menikmati keindahan pantai dari lokasi yang tinggi. Pasirnya yang berwarna coklat dan luasnya laut menjadi pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Pantai ini mengarah langsung ke Samudera Hindia, sehingga wajar jika ombak di titik ini cukup besar dan tinggi. Jika ingin ke pantai bisa langsung menuruni tangga.

Sekilas tempat wisata ini mirip dengan Pantai Tanah Lot di Pulau Dewata.

Keindahan matahari terbenam dan matahari terbit

Daya tarik selanjutnya yang bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Pantai Karang Tawulan adalah keindahan matahari terbenam dan terbitnya matahari. Jika Anda datang saat subuh tidak perlu langsung menuju kawasan pantai. Anda bisa mengambil posisi yang tepat menghadap ke timur dan merasakan keindahan matahari terbit yang mempesona.

Saat matahari terbit, Anda bisa melihat cahaya kuning perlahan menembus kegelapan. Ini adalah keindahan yang tidak bisa ditolak oleh wisatawan. Momen saat Anda berdiri di puncak bukit merupakan momen yang menarik dan layak diabadikan dalam sebuah foto.

Banyak tempat menarik

Daya tarik Pantai Karang Tawulan selanjutnya adalah banyaknya spot foto yang menarik. Tentunya dengan banyaknya spot foto, memudahkan untuk mengabadikan suatu momen dan menjadikannya sebagai kenang-kenangan.

Oleh karena itu, berburu foto tidak boleh Anda lewatkan. Banyak sekali spot foto Instagrammable yang bisa kamu temukan di sana, dan tentunya jangan lupa untuk segera membagikan foto-foto yang kamu ambil ke media sosial.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Karang TawulanKredit foto: Google Maps di sini ya

Pantai Karang Tawulan memang menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mencari tempat liburan. Pasalnya, akses jalan menuju pantai ini memang sudah bagus dan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Anda bisa mencapai pantai ini dengan kendaraan roda dua atau empat. Situsnya sendiri terletak di Desa Cimanuk, Tasikmalaya, Jawa Barat. Jika anda berangkat dari pusat kota Tasikmalaya, objek wisata ini berjarak sekitar 75 km.

Jika menggunakan kendaraan pribadi di sini, waktu tempuh minimal untuk mencapai objek wisata tersebut adalah dua setengah jam. Bagi yang berencana datang ke Pantai Karang Tawulan namun masih bingung itinerary mana yang terbaik, bisa menggunakan Google Maps.

Nantinya Anda dapat mengakses peta yang berisi lokasi pantai untuk memudahkan menemukan tempat wisata ini.

Biaya masuk wisata bahari

Biaya masuk ke Pantai Karang TawulanSumber gambar: Google Maps Buana Rullah

Liburan ke pusat perbelanjaan atau sekedar kulineran tidak bisa sembarangan. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang tersebar luas di tanah air. Salah satunya mengunjungi Kabupaten Tasikmalaya yang terkenal dengan keindahan pantainya.

Keindahan pantai ini sungguh menakjubkan, sama seperti pantai-pantai lainnya. Selain itu, untuk menikmati keindahan pantai ini Anda akan dikenakan biaya atau tiket masuk. Biaya masuknya sendiri adalah Rp 3.500 per orang.

Harga tersebut dikatakan sangat murah dan juga terjangkau. Selain membayar biaya masuk, ada juga biaya parkir. Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000.

Namun untuk mobil dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Anda bisa mengunjungi pantai ini kapanpun Anda mau karena jam buka pantai ini adalah 24 jam sehari.

Aktivitas yang menyenangkan

Berbagai aktivitas seru di Pantai Karang TawulanSumber gambar: Google Maps Anggasukmadita

1. Sepanjang pantai

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berada di Pantai Karang Tawulan. Salah satu kegiatan tersebut adalah berjalan-jalan di sepanjang pantai. Anda tidak boleh melewatkan untuk menjelajahi area sekitar pantai. Keindahan panorama pantai pun bisa Anda rasakan dari dekat.

Memandang pasir pantai dengan warna coklatnya yang eksotis serta deburan ombak mampu menciptakan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Karena pantai ini penuh dengan karang, pengunjung dilarang berenang di sini.

Hal ini untuk memastikan pengunjung benar-benar aman dan terlindungi dari bahaya. Meski begitu, ombak di Pantai Karang Tawulan cukup besar sehingga anjuran untuk tidak berenang di pantai indah ini tidak boleh diabaikan.

Meski Anda tidak bisa berenang, berjalan-jalan di pantai sudah cukup membuat aktivitas Anda di sana seru dan menarik.

2. Mancing di batu karang

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan selama menginap adalah memancing. Bagi anda yang ingin memancing, tersedia tempat di Pantai Karang Tawulan. Banyak spesies ikan berbeda yang hidup di sana. Oleh karena itu, tidak jarang warga sekitar yang tinggal di kawasan pesisir sering memancing di lokasi tersebut.

Anda tidak hanya bisa menggunakan peralatan memancing, tetapi juga ember atau jaring. Jika menggunakan jaring, Anda bisa menangkap ikan di sela-sela bebatuan karang. Selain karena tempatnya yang aman, di sini juga banyak terdapat ikan-ikan dari berbagai jenis.

3. Menikmati matahari terbenam di Pantai Karang Tawulan

Aktivitas selanjutnya yang juga wajib Anda lakukan di tempat ini adalah menyaksikan matahari terbenam. Sore harinya Anda bisa kembali ke kawasan perbukitan. Pemandangan matahari terbenam sungguh menakjubkan dan pasti akan membuat Anda terpesona.

Saat senja tiba, sinar matahari perlahan mulai merdu. Perubahan warna langit dari kuning menjadi oranye tidak boleh Anda lewatkan. Itu sebabnya Anda harus mengabadikan momen indah tersebut sesaat sebelum matahari terbenam.

4. Berkemah

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Karang Tawulan selama 24 jam, berkemah di tempat ini sangat direkomendasikan. Anda bisa membawa perlengkapan berkemah dari rumah dan memilih area di perbukitan untuk mendirikan kemah. Karena Anda tidak perlu lagi khawatir terkena ombak yang tiba-tiba naik di malam hari.

Selain itu, area berumput di atas bukit ini sangat nyaman sehingga bisa dijadikan tempat berkemah. Membuat api unggun, bernyanyi bersama teman, dan menikmati indahnya langit penuh bintang. Inilah yang harus Anda lakukan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai Karang TawulanSumber gambar: Google Maps Juli _

Pantai Karang Tawulan merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola dengan cukup baik. Oleh karena itu, fasilitas yang ada di tempat ini sudah menunjang aktivitas wisatawan. Di tempat ini Anda akan menemukan banyak spot foto indah yang pastinya akan membuat liburan Anda menyenangkan.

Selain itu juga terdapat tempat parkir yang aman, musala bagi anda yang ingin beribadah, pendopo sebagai tempat bersantai, toilet dan juga akomodasi bagi anda yang ingin bermalam di tempat wisata.

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda tidak perlu membawa makanan apa pun karena terdapat warung yang menawarkan berbagai jenis menu. Menu yang disajikan disana enak banget, apalagi harga menu disana juga cukup terjangkau.

Pantai Karang Tawulan merupakan pantai yang sangat direkomendasikan untuk Anda dan keluarga untuk menghabiskan liburan bersama. Jadi jika Anda kebetulan sedang berada di Kabupaten Tasikmalaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button