Tempat Wisata

Pantai Kasih, pantai berpasir putih dengan matahari terbenam yang menakjubkan di Sabang

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.00-23.00 WIB, Alamat: J L. Sultan Hasanuddin No. 10, Kuta Ateueh, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.; map: pemeriksaan situs

Pantai Kasih adalah sebuah tempat wisata di kawasan Pulau Weh, kota Sabang. Karena belum terlalu terkenal, wajar jika banyak yang belum mengetahui pantai ini. Bahkan, beberapa orang juga khawatir akan sulitnya untuk bisa mengakses tempat wisata pantai ini.

Padahal, Pantai Kasih masih berada di dalam kota dan hampir semua warga Sabang mengetahui lokasinya. Dinamakan demikian karena begitu memasuki kawasan pantai langsung terlihat banyak sekali bangku-bangku. Jadi terlintas dalam pikiran bahwa bangku itu ditujukan untuk pasangan.

Selain itu, nama Kasih juga bisa didapat dari banyaknya pasangan muda atau remaja yang datang untuk bersantai menikmati alam di Pantai Kasih. Namun, bukan berarti Anda menganggap hanya pasangan saja yang boleh mengunjungi tempat wisata ini. Semua wisatawan dari luar negeri diperbolehkan untuk mengunjunginya.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Kasih

Daya Tarik Pantai KasihSumber gambar: Twitter Jalan2.com

1. Pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Pantai Kasih terletak di bagian barat negara ini, yang jelas menjadikannya panorama matahari terbenam yang sangat menarik. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi karena terbukti dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang sebelum matahari terbenam. Sebagian besar wisatawan ingin menyaksikan panorama matahari terbenam bersama orang tersayang.

2. Tersedia banyak bank

Seperti yang sudah disebutkan, wisatawan akan menemukan bangku-bangku di Pantai Kasih. Banyak bangku yang dibuat berpasangan agar wisatawan yang datang bersama pasangannya bisa menikmati waktu bersama tanpa terganggu wisatawan lain.

Oleh karena itu, tidak heran jika lebih banyak pasangan yang berlibur ke pantai dibandingkan keluarga. Padahal, banyak pasangan yang ada, rata-rata adalah anak muda.

3. Tumbuh dari pohon palem

Di pinggir pantai ini terdapat sejumlah pohon enau yang sangat subur karena dirawat dengan baik oleh pihak pengelola wisata. Pepohonan palem semakin menambah pesona pemandangan di pantai yang terkenal ini karena merupakan rangkaian warna yang menyatu satu sama lain, dari putih, biru, hijau, dan biru kehijauan.

Tak hanya itu, berkat adanya beberapa pohon palem yang tumbuh di pinggir pantai, memungkinkan wisatawan untuk berteduh di bawah terik matahari sore. Padahal, udara di pantai ini juga sangat sejuk dan nyaman saat dihirup oleh wisatawan.

4. Air laut jernih

Daya tarik lain dari Pantai KasihSumber Gambar: Facebook Saya cinta Aceh

Di atraksi berikutnya, lautnya begitu jernih sehingga pemandangan bawah lautnya bisa terlihat dengan jelas. Warna biru kehijauan air laut pesisir dan biru di tengah lautan membuatnya sangat unik.

Ombaknya relatif kecil, sehingga wisatawan bisa bermain air sampai puas. Namun, Anda harus berhati-hati dengan bebatuan di pantai.

5. Pasir pantai putih

Begitu sampai di pantai Kasih ini, rata-rata wisatawan akan langsung terpukau dengan pasir putih pantainya yang cemerlang. Di atas pasir, wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas liburan seru, seperti membangun istana pasir, berfoto, hingga bermain kejar-kejaran mobil.

Selain pasir putih, pantai ini juga memiliki beberapa bebatuan yang biasanya terdapat di setiap sisi pantai. Batu-batunya tidak begitu besar tetapi jumlahnya cukup banyak. Ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan di sana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai sayangSumber gambar: Twitter Teuku Naga

Pantai Kasih terletak di Jalan Sultan Hasanuddin 10, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Lebih tepatnya lagi di Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa berkendara menuju pertigaan Taman Burung dari Kantor Wali Kota Sabang di Jalan Diponegoro nomor 20 lalu belok kiri melalui Jalan Tengku Chik Ditiro.

Setelah sampai di perempatan Tugu Simpang Garuda, Anda perlu belok kiri melalui Jalan Oentoeng Surapati dan sampai di perempatan dekat Sabang Parfung atau di kiri jalan. Di perempatan tersebut, Anda perlu belok kanan melalui Jalan Cut Mutia dan terus lurus hingga memasuki Jalan Sultan Hasanuddin.

Ikuti terus Jalan Sultan Hasanuddin hingga sampai di pantai yang berada di sebelah kanan jalan. Jarak itinerary dari Kantor Walikota Sabang ke pantai sendiri sekitar 1,2 km. Rute ini ditempuh dengan waktu tempuh rata-rata 4 menit dengan kendaraan pribadi.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket masuk Pantai Kasih SabangKredit foto: Instagram Diana Fitri

Pantai Kasih buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Jika Anda ingin berlibur di pantai yang sangat digemari para remaja bersama pasangannya ini, Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya.

Anda tidak perlu memikirkan biaya tiket masuknya, karena untuk masuk ke kawasan pantai ini wisatawan tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Sehingga biaya yang biasa dikeluarkan wisatawan hanyalah biaya makan dan minum saja.

Aktivitas menarik di pantai Kasih

Suka aktivitas pantaiSumber gambar: Twitter Maraton Aceh

1. Menikmati keindahan pantai bersama pasangan

Seperti namanya, Pantai Kasih, kegiatan yang paling penting dan menarik adalah menikmati keindahan panorama pantai bersama idola anda. Anda bisa duduk santai di bangku-bangku yang disediakan dan bercengkrama sambil merenungi keindahan laut, pasir putih, pohon palem dan alam sekitar lainnya.

Angin sepoi-sepoi di pantai pun membuat wisatawan merasa nyaman saat bersama orang tersayang. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak terlalu sering melihat smartphone, tetapi nikmati lebih banyak waktu bersama pasangan dengan cara yang romantis dan harmonis.

2. Berburu foto

Berfoto saat liburan sudah menjadi kegiatan wajib. Begitu juga jika anda berlibur ke pantai yang dimiliki oleh kota Sabang. Banyak tempat untuk foto yang menarik, seperti air laut yang biru, pantai berpasir putih dan alam sekitar pantai yang didominasi pepohonan hijau segar.

3. Piknik di Pantai Kasih

Piknik merupakan kegiatan yang terlihat santai, namun cukup menyenangkan jika dilakukan di kawasan pantai yang indah ini. Pasalnya, pemandangan di sekitar pantai semakin memudahkan wisatawan untuk menikmati aktivitas piknik.

Plus, Anda dapat menikmati pemandangan sambil makan makanan atau camilan favorit Anda. Kegiatan ini paling cocok untuk Anda di sore hari.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas pantai yang terhormatKredit foto: Facebook Bang Paciek

Jika Anda baru saja tiba di Pantai Kasih, Anda akan langsung menemukan tempat parkir kendaraan wisata. Ukurannya memang tidak terlalu luas, namun dipastikan bisa menampung berbagai kendaraan wisata, baik roda empat maupun roda dua. Dengan begitu, keamanan kendaraan wisata terjamin dengan baik.

Fasilitas yang paling dekat dengan pantai ini adalah kamar mandi yang terhubung dengan toilet umum. Kamar mandi biasanya digunakan wisatawan untuk membersihkan diri dengan air bersih setelah bermain di laut. Sedangkan toilet umum tentunya sangat berguna bagi wisatawan yang ingin buang air.

Tak jauh dari tempat wisata ini juga terdapat sejumlah penginapan yang bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin bermalam. Beberapa dari akomodasi ini adalah kebutuhan satu kali, kebanyakan oleh wisatawan dari jauh. Selain itu, pantai ini menawarkan keindahan yang unik sehingga banyak wisatawan yang ingin menikmatinya lebih lama.

Nah, setelah mengetahui berbagai informasi menarik tentang pantai Kasih yang menawan ini, tentunya semua orang akan tergoda untuk mengunjunginya. Setelah merasakan keseruan yang ditawarkan, pantai ini dijamin menjadi spot favorit untuk liburan panjang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button