Tempat Wisata

Pantai Kelan Tuban – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Rp2.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tuban, Kecamatan. Kuta, Kab.Badung, Bali; map: Cek lokasi

Pantai Kuta memang salah satu primadona di pulau dewata, Bali yang tidak pernah sepi pengunjung. Namun tahukah Anda bahwa ada pantai di kawasan Kuta yang menawarkan pemandangan tak kalah eksotis dari Kuta? Penduduk setempat menyebutnya Pantai Kelan Tuban.

Letaknya yang cukup strategis sehingga mudah ditemukan menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengunjung yang datang ke pantai cantik ini. Terletak di kawasan Kuta, pengunjung bisa mengunjungi dua pantai sekaligus.

Pasir putih dengan air laut yang jernih menjadi alasan lain mengapa banyak wisatawan asing lebih memilih Pantai Kelan. Jika Anda tertarik untuk berwisata ke sini, berikut beberapa informasi yang bisa dijadikan referensi selama Anda berlibur di pantai ini.

Tempat Wisata Pantai Kelan Tuban

Objek Wisata Pantai Kelan TubanSumber gambar: Twitter Hari Libur Lokal

1. Suasana Pantai yang Tenang

Pantai Tuban dan Kuta masih berada di satu pantai yang sama, namun keduanya memiliki daya tarik yang berbeda. Jika Kuta selalu ramai dengan pengunjung lokal dan asing, maka kawasan pantai ini berbeda.

Tidak banyak wisatawan yang mengetahui pantai di Badung ini. Alhasil, suasana tempat wisata yang satu ini jauh lebih tenang. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mencari ketenangan sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin pantai.

2. Tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai

Seperti disebutkan di atas, Pantai Kelan berada di lokasi yang sangat strategis. Pasalnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Bandara Ngurah Rai untuk menuju kawasan wisata ini.

Faktor lokasi menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa beberapa wisatawan lebih memilih pantai ini. Selain dekat dengan bandara, pantai ini juga terletak di kawasan populer Bali. Dengan demikian, pengunjung hanya perlu berjalan kaki beberapa menit untuk memasuki pantai.

3. Perhatikan pesawat mendarat

Lokasi pantai yang tidak terlalu jauh dari satu-satunya bandara internasional Bali, memberikan keunikan tersendiri pada objek wisata bahari ini. Sambil bersantai di pasir pantai yang hangat, pengunjung bisa menyaksikan pendaratan pesawat dari jauh.

Selain itu, pemandangan bandara akan terlihat lebih menyenangkan meski dari pantai. Apalagi di malam hari, pengunjung bisa menikmati kerlap-kerlip lampu di area bandara seolah mengamati bintang yang bertebaran di langit.

4. Pantai pasir coklat

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Kelan TubanSumber gambar: Facebook BALI LIB

Pantai Kelan Tuban memiliki pasir berwarna coklat. Namun pasir di pantai ini masih sangat halus bahkan terjaga kebersihannya. Selain itu, pantainya juga sangat panjang dengan kontur yang cukup landai.

5. Deretan perahu nelayan

Di pantai ini, wisatawan bisa melihat deretan perahu nelayan yang berhenti di tepi pantai. Pemandangan ini menjadi salah satu daya tarik pantai ini, terutama bagi yang ingin mengabadikan pemandangan sore hari dengan latar belakang perahu nelayan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai KelanSumber gambar: Google Maps Adi Wijaya

Pantai Kelan terletak di kawasan wisata, sehingga akses menuju tempat wisata ini sangat mudah. Objek wisata ini terletak di Desa Adat Tuban yang masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Badung Bali.

Hanya berjarak sekitar 3 km dari Bandara Ngurah Rai, pengunjung dapat mengunjungi tempat wisata ini dengan menempuh waktu 10 sampai 15 menit naik kendaraan bermotor. Rute yang akan dilalui cukup mudah bahkan bagi pengunjung dari luar Bali.

Jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, sangat disarankan untuk mencari kendaraan yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Biasanya, banyak warga sekitar yang menyewa kendaraan bermotor dengan tarif sewa yang bervariasi.

Setelah Anda menerima kendaraan, keluar dari lokasi bandara dan langsung menuju utara. Setelah itu, terus lurus ke depan sampai menemukan pertigaan. Belok kanan di pertigaan dan lurus menuju Jalan Dewi Sartika. Dari jalan ini Anda selalu harus lurus terus sampai menemukan persimpangan jalan.

Belok kiri di perempatan untuk menuju Jalan Wana Segata. Sesampainya di jalan ini Anda bisa mengarahkan motor atau mobil Anda langsung ke tempat parkir yang tersedia. Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa menit dari tempat parkir untuk sampai ke panti asuhan.

Biaya tiket untuk menikmati pesona Pantai Kelan sangat terjangkau dan hanya berkisar 2.000 rupiah saja. Sebenarnya, nilai nominal ini bukan biaya masuk, hanya biaya parkir. Sama sekali tidak ada tiket masuk yang akan dikenakan biaya.

Namun, jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, maka tentunya Anda perlu menyiapkan uang untuk menyewa kendaraan. Biayanya sekitar 500.000 rupiah untuk menyewa mobil wisata yang siap mengantar Anda ke tempat tersebut. Tentu saja, Anda tidak akan dikenakan biaya sebesar itu jika memutuskan untuk menyewa kendaraan roda dua.

Selain menyewa kendaraan, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum atau Damri. Petugas keamanan di sekitar bandara dapat membantu Anda menemukan moda transportasi termurah untuk mengunjungi tempat tersebut.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kelan Tuban

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kelan TubanKredit foto: Facebook Tan Fei Sin

1. Berenang dan bermain air

Pantai Kelan merupakan pantai dengan air laut yang sangat bersih dan jernih, sehingga dari kejauhan pantai ini terlihat sebiru langit. Wisatawan yang datang ke sini selalu menyempatkan diri untuk mencoba jernihnya air laut sambil berenang atau sekedar menunggu deburan ombak menerpa kaki.

2. Jalan-jalan di sekitar pantai

Garis pantainya yang panjang membuat kawasan ini ideal bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut Bali yang indah dengan berjalan-jalan. Selain itu, butiran pasir halus di telapak kaki Anda bisa menambah sensasi berwisata di pantai ini.

Kegiatan ini patut dicoba, terutama bagi wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran sambil mengitari pantai ditemani suara deburan ombak yang membasuh kaki. Berjalan kaki atau bahkan berlari bersama bayi juga menambah keseruan berwisata ke pantai ini.

3. Nikmati malam ini

Sore hari adalah saat yang paling ditunggu oleh para hunter matahari terbenam. Pasalnya, bagi banyak pengunjung pantai ini merupakan suatu kesenangan bisa menyaksikan dan mengabadikan sunset di pantai Bali dalam hitungan detik.

Pantai Kelan menawarkan spot yang tepat untuk menikmati suasana sore hari bersama pasangan atau keluarga. Warna langit merah kekuning-kuningan berpadu dengan birunya langit dan juga semilir angin pantai dapat membuat bayangan siapa saja yang melihatnya.

Momen seperti ini tidak boleh dilewatkan dan harus diabadikan. Jangan lupa untuk membagikan momen yang hanya bisa dinikmati dalam sekejap mata di media sosial juga, agar banyak orang yang tertarik untuk menjelajahi pantai ini.

4. Menyaksikan deretan perahu di pantai

Kredit foto: Instagram Nyoman Widnyana https://www.i.com/minko_kenz/Kredit foto: Instagram Nyoman Widnyana

Deretan perahu yang merapat di bibir pantai bisa menjadi spot foto yang unik. Pengunjung dapat menggunakan perahu sebagai latar belakang untuk foto atau sebagai subjek utama dari foto yang ingin mereka ambil.

Beberapa perahu bahkan disewakan kepada pengunjung yang ingin berkeliling pantai dengan cara yang berbeda. Setiap perahu biasanya menampung 6 orang dewasa dengan harga sewa sekitar 200.000 untuk satu jam. Jika ingin melangkah lebih jauh, pengunjung perlu menyiapkan dana hingga 500.000 rupiah.

5. Abadikan momen

Pantai Kelan merupakan pantai yang dulunya merupakan pelabuhan. Sementara itu, bekas pantai dermaga menjadi salah satu tempat wisata Bali yang selalu terjaga kebersihannya dan semakin membuat tersenyum. Oleh karena itu, kawasan wisata ini sering dikunjungi wisatawan yang kebetulan merupakan fotografer profesional atau amatir untuk mengabadikan setiap momen.

6. Duduk dan rileks

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah kafe yang memiliki meja dan tempat duduk di sekitar pantai. Tempat ini bisa menjadi pilihan tepat bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai sambil bercengkrama dengan pasangannya.

Penginapan murah dekat pantai

Sumber gambar: Google Maps Melati View Hotel

1. RedDoorz Hotel

Ada banyak penginapan yang letaknya sangat dekat dengan kawasan Pantai Kelan Tuban, diantaranya adalah Hotel RedDoorz. Selain lokasinya yang dekat, penginapan ini juga menawarkan tarif sewa kamar per malam yang cukup terjangkau. Meski murah, namun pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan hotel ini cukup lengkap dan memuaskan.

2. Hotel Pemandangan Melati

Kawasan Kuta, Bali merupakan kawasan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Jadi jika Anda membutuhkan akomodasi yang tidak perlu berjalan terlalu jauh dari hotel ke pantai, Melati View Hotel bisa menjadi referensi. Selain dekat dengan kawasan wisata, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai dari kamar yang Anda pesan.

3. Penginapan Bemo

Penginapan yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berwisata ke pantai bersama keluarga atau teman. Pelayanan yang ditawarkan sangat memuaskan dan fasilitasnya juga memadai. Di sini pun pengunjung bisa memesan beberapa fasilitas yang akan dibawa ke kamar.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai KelanKredit foto: Google Maps Fuad Tampan

Di kawasan wisata Pantai Kelan, pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Salah satunya adalah tempat parkir yang luas dan dengan keamanan yang terjamin. Sehingga wisatawan yang membawa kendaraan tidak perlu takut kecurian mobil.

Ada juga beberapa kursi dengan payung besar di pantai. Pengunjung yang mencari tempat berteduh dapat menggunakan tempat tersebut untuk beristirahat sejenak. Pantai ini juga menawarkan toilet dan tempat sampah yang tersebar di beberapa titik. Hal ini diberlakukan agar pengunjung dapat ikut serta menjaga kebersihan pantai.

Selain fasilitas umum, kawasan pantai ini juga dipenuhi dengan restoran yang menjual berbagai menu. Ada menu khas Indonesia, makanan khas luar negeri bahkan masakan Bali yang langsung menggoda siapa saja untuk mencobanya.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Kelan Tuban yang keindahannya tidak kalah dengan banyak wisata pantai terkenal lainnya di Bali. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasukkan objek wisata ini ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi selama liburan di Bali.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button