Tempat Wisata

Pantai Kesirat: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata tepi pantai yang masing-masing menawarkan keindahan tersendiri. Hal ini disebabkan letak geografis Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Di antara sekian banyak pantai di Yogyakarta, terdapat satu pantai dengan keunikan tersendiri. Pantai tersebut adalah Pantai Kesirat.

Jika Anda membayangkan sebuah pantai dengan pasir putihnya yang indah dan deburan ombak yang menyapa tepian pantai, buanglah pemikiran tersebut karena Anda tidak akan menemukannya di pantai ini. Pantai Kesirat berbeda dengan pantai lain di Yogyakarta. Namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan panorama di pantai ini.

Pantai Kesirat terletak persis di Desa Girikarto, Kecamatan. Bakar, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, pantai ini berjarak sekitar 45 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.

Tempat ini merupakan pantai yang menyerupai teluk dan dikelilingi tebing terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Namun ternyata “keanehan” pantai ini justru seolah menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Sejarah Singkat Pantai Kesirat

Awalnya pantai ini merupakan tempat yang populer bagi para pemancing karena karang di pantai ini merupakan tempat persembunyian ikan-ikan besar. Selain itu, pantai ini juga memiliki tebing-tebing yang memudahkan para pemancing menangkap ikan. Seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin banyak diminati wisatawan karena menawarkan panorama yang sangat indah.

Baca juga: Pantai Nglambor, spot snorkeling terbaik di Yogyakarta

Saat ini pantai tersebut tampaknya belum diresmikan sebagai objek wisata oleh pemerintah setempat. Oleh karena itu, pantai ini masih dikelola secara mandiri oleh pemerintah kota setempat. Pantai ini juga dianggap keramat oleh warganya. Upacara Ngalap atau Brubuh-Brubuh dilaksanakan minimal setahun sekali dan sudah menjadi tradisi warga secara turun-temurun.

Pesona Pantai Kesirat

Pantai Kesirat seolah menjadi surga tersembunyi di pesisir selatan. Pantai ini menawarkan panorama alam yang mempesona dan akan membuat terpesona orang-orang yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini. Sejauh mata memandang tersaji keindahan laut yang dikelilingi tebing-tebing yang ditumbuhi rerumputan hijau.

Di pantai ini terdapat sebuah pohon yang cukup besar, berdiri sendiri di atas tebing pantai yang menjorok ke laut. Pohon ini merupakan pohon Gebangkoro abadi yang menjadi ikon tempat wisata ini. Keberadaan pepohonan rindang di atas tebing seolah menambah keindahan pantai ini saat matahari hendak terbenam.

Orientasinya yang menghadap ke barat seolah menjadikan pantai ini sebagai tempat menyaksikan indahnya matahari terbenam. Menyaksikan matahari terbenam dari Pantai Kesirat merupakan sesuatu yang istimewa yang mungkin tidak Anda temukan di tempat wisata lainnya. Pemandangan yang sama sekali tanpa pepohonan atau bangunan menjadikan lokasi ini sebagai tempat melihat matahari terbenam terbaik di Yogyakarta.

Pantai Kesirat juga menjadi tempat yang menarik bagi para penggemar camping. Tempat ini sangat terkenal di kalangan pecinta alam sekitar Jogja. Padang rumput yang luas dan keindahan panorama yang mempesona tentunya akan memikat para pecinta camping untuk bermalam di tepi pantai sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.

Wisata Pantai Kesirat

Pantai Kesirat menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dibandingkan pantai lainnya. Pantai ini mempunyai keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai di Kabupaten Gunung Kidul ini.

Saat Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhkan panorama alam yang tiada duanya. Hamparan rerumputan hijau, panorama laut biru yang luas serta tebing-tebing tinggi yang tampak hijau dengan rerumputan menjadikan pantai ini sangat istimewa.

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi, tempat wisata ini menjadi salah satu objek yang wajib menjadi tujuan berburu foto Anda selanjutnya. Dari pantai ini Anda bisa mengabadikan keindahan alam sekitar yang masih asri, bersih dan alami. Pantai Kesirat juga menjadi lokasi yang cocok bagi Anda yang sedang mencari objek wisata sebagai lokasi foto prewedding.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Tempat ini juga menjadi destinasi populer bagi Anda yang suka berkemah. Anda bisa mendirikan tenda dan menikmati keindahan yang ditawarkan pantai ini. Tempat ini juga menjadi spot sunset dan mancing yang menambah pesona Pantai Kesirat yang tiada habisnya.

Hal yang paling menarik dari Pantai Kesirat adalah belum banyak orang yang mengetahui tempat ini karena letaknya yang tersembunyi. Hal ini membuat tempat ini kurang ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu Pantai Kesirat mempunyai keindahan alam yang masih asri dan alami.

Peta lokasi Pantai Kesirat

Jam buka dan tiket Pantai Kesirat

Pantai Kesirat terbuka untuk umum 24 jam sehari. Harga masuk per orang untuk wisatawan dalam dan luar negeri kini Rp. Jika membawa kendaraan pribadi, harga parkir sepeda motor adalah Rp 5.000. 2.000 dan tempat parkir Rp 5.000.

Galeri Foto Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Potret pantai dengan bebatuan karang
Keindahan air laut
Berkemah di Pantai Kesirat
Sunset di Pantai Kesirat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button