Tak Berkategori

Pantai Ketawang, pantai indah di Purworejo yang menampilkan Pegunungan Ewu

Pantai Ketawang di Purworejo merupakan pantai indah yang menawarkan panorama menakjubkan dengan deretan pegunungan Gunung Ewu dan pemandangan Karst Gombong.

Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: Sengoro Wetan, Kecamatan Ketawawangrejo. Grabag, Kab.Purworejo, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Pantai Ketawang merupakan destinasi wisata bahari andalan di Jawa Tengah, Daerah Purworejo. Selama ini banyak pengunjung dari dalam dan luar negeri yang tertarik datang ke Purworejo untuk menikmati keindahan alam Jawa Tengah.

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah memiliki hamparan pasir yang berwarna gelap, berbeda dengan warna pasir pantai-pantai lain yang membanggakan putihnya. Meski gelap, tetap menarik untuk dijadikan spot foto dan tempat bermain istana pasir bagi anak-anak.

Di sekitar lokasi juga dapat menikmati pemandangan Gunung Ewu dan Karst Gombong, serta mercusuar.

Bahkan, mercusuar tersebut kini telah menjadi kolam pemancingan dan lahan taman yang bisa menjadi destinasi liburan lainnya.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Ketawang

Daya Tarik Pantai KetawangFoto: Google Maps/Vita Pratiwi

Sebagai wisata menarik andalan di Jawa Tengah, menawarkan beragam aspek menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Mengunjungi salah satu daerah di Jawa Tengah ini akan memberikan Anda banyak manfaat yang memuaskan. Tidak hanya keindahan di sekitar pantai saja yang bisa Anda nikmati, masih banyak lagi keindahan dan daya tarik lainnya antara lain:

1. Bangunan mercusuar di rawa

Hal menarik yang pertama dari wisata Pantai Ketawang adalah telah dibangunnya mercusuar di dalam rawa sehingga kita dapat melihat keindahan alam dalam skala besar. Anda bisa lebih baik mengamati aktivitas pengunjung dari atas.

Jika Anda ingin memotret keadaan sekitar, Anda dapat mengatur area yang lebih luas agar potret alami tampak lebih jelas dalam bidikan kamera. Bagi sebagian orang, mendaki ke mercusuar dan menikmati pemandangan di bawahnya mungkin bisa menjadi pilihan menyembuhkan.

2. Pemandangan Pegunungan Ewu

Pegunungan Ewu terletak di bagian timur pantai dan pengunjung dapat menyaksikan kemegahan alamnya dengan mata atau kamera. Menyaksikan keindahan pantai berpadu dengan keindahan pegunungan merupakan kombinasi sempurna untuk relaksasi.

Sesekali tidak menjadi masalah untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari dan mengisi tangki kebahagiaan dengan datang ke Pantai Ketawang di Purworejo. Setelah selesai liburan pantai, Anda bisa kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih segar.

3. Pemandangan Karst Gombong

Terakhir, Anda bisa menyaksikan keindahan tebing karst dari arah barat sehingga menambah visibilitas Anda di sekitar pantai. Di tengah rawa terdapat mercusuar, di sebelah timur terdapat pegunungan, dan di sebelah barat terdapat batuan karst yang unik.

Beragam aspek menarik yang dimiliki Pantai Ketawang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke pantai ini untuk berlibur. Bawalah perbekalan dari kampung halaman agar suasana liburan semakin menyenangkan dan aman.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai KetawangFoto: Google Maps/Del Prodho

Untuk mendapatkan perasaan yang lebih nyaman, perjalanan menuju kawasan wisata Pantai Ketawang bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Dari Purworejo sendiri memakan waktu sekitar 45 menit hingga akhirnya kami sampai di tempat tersebut.

Rutenya dimulai dari Jl Pahlawan, berlanjut ke Jl Sangubanyu lalu langsung ke Jl Grabag-Kutoarjo. Setelahnya Anda harus sampai di pantai dan menikmati keindahan alam sekitar Jawa Tengah.

Jika Anda datang dari kota lain seperti Yogyakarta atau Kebumen, aktifkan saja aplikasi petunjuk arah online. Lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan karena waktu dan jadwal bisa lebih fleksibel.

Biaya masuk wisata bahari

Tiket masuk Pantai Ketawang Purworejo dikenakan biaya berdasarkan kendaraan yang digunakan. Misalnya untuk kendaraan roda dua cukup membayar Rp 2.000 saja.

Jika ingin mengambil foto mercusuar yang dibangun di tengah rawa, cukup menambah biaya Rp 5.000 saja.

Lain halnya jika Anda datang tanpa kendaraan, misalnya jika warga datang ke pantai maka biaya masuknya nol. Pantai ini buka mulai pukul 06.00 hingga 18.00 dan dikenakan biaya tambahan jika ingin mengendarai ATV, menunggang kuda, atau menyewa tenda.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai KetawangFoto: Google Maps/Sari Kusni

Banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat tiba di hamparan pantai indah ini sendirian atau bersama teman. Berikut beberapa di antaranya:

Mengemudi ATV

Aktivitas seru pertama yang bisa Anda lakukan adalah naik ATV bersama teman atau ditemani oleh tenaga profesional. Menjelajahi Pantai Ketawang di Purworejo dengan ATV memang lebih menyenangkan dibandingkan sekedar berjalan menyusuri pantai.

Untuk menyewa ATV Anda cukup membayar Rp 30.000 selama 10 menit saja. Pastikan Anda membawa jam tangan untuk mengatur pengembalian ATV tepat waktu.

Menunggang kuda di Kawasan Pantai Ketawang

Selain mengendarai ATV, Anda juga bisa merasakan sensasi berkendara di bawah pengawasan seorang profesional atau pemandu. Terdapat dua jenis kuda yaitu kuda biasa dan kuda jingkrak, dengan kuda biasa hanya dipungut biaya Rp 10.000.

Sedangkan jika ingin menunggangi kuda jingkrak, Anda bisa membayar Rp 15.000 sekali naik. Jika Anda baru pertama kali menunggang kuda, tidak perlu takut karena aktivitasnya diawasi oleh ahlinya.

berkemah

Terakhir, kegiatan yang tidak kalah menyenangkannya adalah mendirikan tenda atau berkemah di pinggir pantai selama satu malam atau lebih. Untuk menyewa tenda dan camping di Pantai Ketawang Purworejo, Anda hanya perlu membayar biaya sewa tenda sebesar Rp 20.000 saja.

Jika Anda berwisata bersama rombongan tentu tidak mahal hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 saja. Daripada bermalam di luar, Anda cukup bermalam di dekat pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai KetawangFoto: Google Maps/Ika Foxy

Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai mulai dari toilet untuk bersih-bersih, buang air kecil, cuci muka, dll. Terdapat juga warung makan sehingga Anda tidak perlu khawatir jika perbekalan dari rumah habis.

Tempat parkir yang luas, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan dan kenyamanan saat meninggalkan kendaraan. Selain itu, fasilitas ibadah di Pantai Ketawang juga terjamin dengan hadirnya bangunan musala.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button