Tempat Wisata

Pantai Klayar, permata tersembunyi di Pacitan dengan panorama alam yang mempesona

Jelajahi Pantai Klayar di Pacitan, sebuah permata tersembunyi menakjubkan yang mengajak Anda menikmati keindahan panorama alamnya yang mempesona.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pantai J L. Klayar Kendal Kabupaten Sendang. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Pacitan yang selalu dikunjungi wisatawan adalah Pantai Klayar. Pasalnya, pantai ini selain indah, juga cukup mudah diakses oleh semua jenis kendaraan.

Harga tiket masuk pantai ini juga sangat terjangkau untuk semua kalangan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang berpikir untuk menghabiskan liburannya di pantai mempesona ini.

Jika Anda berencana mengunjungi pantai ini untuk berlibur, tentunya Anda perlu mengetahui beberapa informasi agar tidak kecewa. Untuk itu pada kesempatan ini kami memberikan informasi kepada anda mengenai Pantai Klayar Pacitan.

Daya Tarik Pantai Klayar

Daya Tarik Pantai KlayarFoto oleh Tommy Tjahjono di Google Maps

Wisata di Pantai Klayar menawarkan pesona dan keunikan tersendiri yang tidak akan Anda temukan di pantai lain. Di bawah ini adalah daya tarik dan keunikan pantai indah ini yang membedakannya dengan pantai lainnya:

Asal

Berdasarkan laporan warga setempat, ada dua versi yang sangat berbeda mengenai asal usul nama pantai ini sebagai Pantai Klayar. Versi pertama menyebutkan bahwa dahulu kala ada sebuah perahu di pantai ini yang dihantam ombak dan terdampar.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Penduduk setempat menyebut kondisi kapal sebelum mencapai bibir pantai dengan kata “Glayar” yang artinya “melayang”. Kemudian kata tersebut diubah menjadi “Klayar” karena lebih mudah diucapkan.

Namun pada versi kedua, nama asli pantai ini adalah “Klayar”, karena pada zaman dahulu sering dikunjungi warga untuk jalan-jalan pagi dan sore. Dalam bahasa Jawa, “berjalan” disebut dengan “klayar-kluyur”.

Dari ungkapan tersebut, muncullah singkatan “Klayar” untuk menyebut pantai yang sering digunakan penduduk setempat sebagai tempat berjalan-jalan. Versi cerita mana yang benar tergantung pada keyakinan masing-masing individu.

Keindahan pantai

Pantai Klayar dikenal sebagai pantai dengan pemandangan indah di kawasan Kabupaten Pacitan. Karena keindahannya, pantai ini hampir setiap hari dipenuhi pengunjung, terutama saat hari libur.

Pantai ini tidak hanya memiliki air laut yang biru dan pasir putih saja, namun juga tanjung yang luas. Karang yang ada di pantai ini juga sangat istimewa karena mempunyai lubang-lubang seperti seruling namun dapat menyemburkan air.

Bentuk karang ini juga sangat unik karena hampir menyerupai patung Sphinx yang terdapat di Mesir. Dengan segala keindahan alam yang ada di pantai ini, menjadi salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi matahari terbenam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai KlayarFoto oleh Wahyu Ningsih di Google Maps

Wisata Pantai Klayar merupakan tempat wisata yang terletak tidak jauh dari Kota Pacitan, hanya berjarak 35 km. Sedangkan untuk mencapai pantai ini hanya membutuhkan waktu 58 menit dari Alun-Alun Pacitan.

Lokasi sebenarnya dari pantai mempesona ini berada di Ds. Sendang, Kec. Donorojo, Cab. Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Untuk jalur alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mencapai pantai indah itu sendiri, ada jalur yang bisa Anda gunakan.

Rute ini dimulai dari Yogyakarta dan menuju ke Wonosari. Jalan kemudian berlanjut sekitar 110 km hingga mencapai Wonogiri. Perkiraan waktu yang Anda perlukan untuk sampai ke pantai menggunakan jalur ini adalah 3-4 jam.

Jalur ini cukup aman sehingga Anda tidak perlu ragu jika ingin menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi pantai ini.

Namun jika ingin menggunakan angkutan umum, hal ini tidak menjadi masalah karena saat ini sudah banyak angkutan umum yang melintasi pantai tersebut.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk wisata pantai ini sangat terjangkau, cukup Rp 15.000 untuk dewasa, sedangkan anak-anak cukup membayar Rp 10.000 saja. Biaya ini merupakan biaya resmi yang disepakati antara pihak pengelola dan pemerintah setempat.

Jam buka Pantai Klayar kini menjadi 24 jam yakni sehari penuh. Jadi jika pengunjung ingin datang ke pantai indah ini, tidak ada yang berani menghentikannya sama sekali.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Pantai KlayarFoto oleh Agus Sugiyono di Google Maps

Setidaknya ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung saat datang ke Pantai Klayar Pacitan. Kini ada aktivitas menarik bagi pengunjung sebagai berikut:

1. Berenang

Aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan pengunjung adalah berenang di pantai. Jika Anda memutuskan untuk berenang di pantai, pastikan untuk tetap waspada agar tidak terbawa ombak.

2. Bermain pasir di Pantai Klayar

Berkunjung ke pantai kurang lengkap rasanya tanpa bermain pasir, seperti membangun istana pasir. Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan tersebut karena pasir disana sangat lembut.

3. Berkeliling dengan ATV

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan pengunjung saat berkunjung ke pantai ini adalah wisata quad bike. Jika berminat, Anda perlu membayar biaya sewa kepada pengelola yaitu Rp 25.000 sekali jalan.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh dengan ATV, Anda bisa menyewa ATV secara pribadi. Biaya yang dikenakan kepada pengunjung sebesar Rp 150.000 per jam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai KlayarFoto oleh Tommy Tjahjono di Google Maps

Wisata Pantai Klayar menawarkan berbagai fasilitas untuk membuat pengunjung betah berada di sana.

Fasilitas yang ada di pantai ini antara lain tempat parkir yang luas, musala, tempat makan dan pendopo yang dapat digunakan untuk beristirahat setelah lelah bermain.

Pantai ini juga memiliki kamar mandi yang cukup bersih untuk digunakan pengunjung. Tempat ini bahkan menawarkan tempat perkemahan bagi pengunjung yang ingin bermalam di tepi pantai.

Nah itulah informasi Pantai Klayar Pacitan yang perlu anda ketahui. Semoga informasi singkat mengenai pantai indah ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button