Tempat Wisata

Pantai Koka: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Indonesia merupakan negara maritim yang dikelilingi oleh lautan. Oleh karena itu tidak mengherankan jika negara Indonesia memiliki potensi wisata yang besar, yang juga mencakup pantai-pantai yang sangat indah untuk dijelajahi. Rata-rata hanya sedikit pantai di Indonesia yang memiliki fasilitas yang memadai. Masih banyak pantai tersembunyi di Indonesia dan belum ada yang merawatnya.

Daerah Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang ingin berlibur. Di kawasan tersebut terdapat banyak pantai dengan segala keindahannya, begitu pula di Maumere. Salah satu pantai yang masih banyak dikunjungi pengunjung dan masih asri adalah Pantai Koka. Pantai ini sangat digemari oleh masyarakat karena pemandangannya yang indah dan Instagrammable.

Atraksi Pantai Koka:

Pantai Koka terletak di ds. Voloviro, kec. Kecamatan Paga. Sikka, Flores, NTT. Jika Anda mengambil rute dari pusat kota Maumere, jaraknya kurang lebih 30 km. Destinasi ini bisa menjadi tujuan Anda bersama teman dan keluarga. Pantai Koka sering disebut sebagai pantai impian. Banyak yang mengklaim pantai ini adalah surga tersembunyi di NTT.

Ini karena keindahan pemandangannya. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih mulai dari biru hingga biru tua. Di pantai ini juga terdapat terumbu karang yang sangat jernih. Deretan beberapa pulau kecil di sekitar pantai ini memberikan tampilan pantai Koka yang menakjubkan dan sempurna.

Menurut informasi, pulau-pulau kecil di sekitar kawasan pantai ini merupakan tempat keramat. Karang besar berwarna hitam di salah satunya dikenal sebagai Watu Kuda. Penduduk setempat percaya bahwa karang di Pantai Koka adalah titisan kuda suci.

Selain itu pengunjung juga akan menjumpai hewan-hewan kecil disini yang memilih pantai ini sebagai tempat tinggalnya. Misalnya burung yang terbang bebas dan juga hinggap di pepohonan sekitar pantai. Suasana tenang ini pasti menawarkan kenyamanan bagi setiap pengunjung. Apalagi dengan pemandangan indah yang memanjakan mata seolah tak membuat pengunjung rela beranjak pergi.

Anda yang lelah menjelajahi pantai bisa duduk santai di bawah pepohonan di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin yang berhembus. Untuk melengkapi waktu istirahat Anda, Anda juga bisa memesan menu spesial kelapa muda. Namun bagi Anda yang aktif bergerak dan tak kenal lelah, ada aktivitas menarik lainnya untuk menjelajahi kawasan pesisir lebih dalam.

Di Pantai Koka, NTT, pengunjung bisa berenang atau snorkeling karena ombak pantainya tidak terlalu besar. Namun, disarankan untuk selalu berhati-hati dan tidak berenang terlalu jauh. Selain itu, aktivitas menarik lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengabadikan momen indah selama berada di Pantai Koka. Ada banyak tempat menarik untuk dibawa sebagai oleh-oleh sambil menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Koka diapit oleh dua bukit kecil, yaitu bukit Ndate Sare di sebelah timur pantai dan bukit Rodja di sebelah barat. Di atas bukit Rodja terdapat tebing setinggi sekitar 100 m, di bawah bukit terdapat gua batu bernama Lia Wio. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 100 m ke arah daratan. Di langit-langit goa batu terdapat berbagai bebatuan stalaktit yang indah dipandang mata. Pengunjung bisa menjelajahi bukit ini saat air laut surut.

Selain kesempatan untuk snorkeling, selfie, dan mendaki bukit di Pantai Koka, tersedia juga wisata kuliner untuk melepas dahaga dan lapar. Selain menu kelapa muda, pantai ini juga memiliki menu lain seperti kopi, teh, pisang goreng, baby corn, aneka jajanan dan lainnya. Anda dapat memesan menu sesuai selera dan menikmati kenyamanan perjalanan yang sempurna.

Fasilitas Pantai Koka:

  • area parkir
  • warung makan
  • Toilet
  • Spot foto yang menarik

Biaya masuk ke Pantai Koka

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Koka:

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Lokasi dan Rute Pantai Koka:

Pantai Koka terletak di Desa Volowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Jalan menuju Pantai Koka bisa dilakukan dari Jakarta menuju Denpasar. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Bandara Frans Seda Maumere. Begitu sampai di Maumere, Anda bisa naik bus menuju Wisata Pantai Koka. Naik bus menuju Ende dan turun di Paga. Anda biasanya akan dikenakan tarif bus sekitar 15.000 rupiah untuk rute ini.

Pantai Koka merupakan destinasi wisata alam yang tersembunyi di Nusa Tenggara Timur. Pantai ini menawarkan pemandangan luar biasa dari pasir putih halus, perbukitan yang indah dan ombak yang tenang. Ada banyak aktivitas seru seperti snorkeling, bermain air dan tentunya berfoto dengan spot-spot yang bagus.

Pantai Koka merupakan tempat yang relatif sepi dan masih sangat asri. Wisatawan jarang datang ke sini karena fasilitas pendukungnya kurang memadai. Namun, keindahan pantai dan banyaknya aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini membuat Pantai Koka memiliki nama tersendiri bagi para penggemarnya.

Peta lokasi Pantai Koka

Tips mengunjungi Pantai Koka

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Koka semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Koka adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Pantai Koka untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Koka.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Koka.

Galeri Foto Pantai Koka

Pantai CocaSumber Pantai Koka: instagram.com/theroadtrips/
Pantai CocaSumber Pantai Koka: instagram.com/mohfathan/Tembakan pantai dari bukitpotret pantaiPotret kecantikan seorang pengunjung Pantai KokaAcara adat di Pantai KokaMenikmati matahari terbit di Pantai Koka

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button