Tempat Wisata

Pantai Kondang Merak, Pantai Nan Asri dengan keindahan bawah laut di Malang

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 07.00-00.00 WIB, Alamat: Kecamatan Bantu, Kab.Malang, Jawa Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Kondang Merak merupakan salah satu pantai yang paling populer di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini bisa dibilang unik karena memiliki garis pantai yang sangat panjang yakni mencapai 800 meter. Jadi jangan heran ketika anda datang ke sini, anda akan merasakan bahwa pantai ini sangat luas, meskipun pengunjung yang datang juga tidak sedikit.

Pantai ini biasanya sangat ramai dan sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah. Pengunjung juga bebas melakukan aktivitas apapun yang diinginkan di sepanjang pantai.

Pantai Kondang Merak sendiri memiliki banyak daya tarik yang membuat setiap pengunjung betah dan sayang untuk dilewatkan. Wisatawan dapat berenang di laut yang tenang dan juga menikmati pemandangan alam yang sangat indah, cocok untuk anda yang suka mengabadikannya dalam sebuah foto.

Daya tarik Pantai Kondang Merak

Daya Tarik Pantai Kondang MerakKredit foto: Google Maps zulfi alfiah

Bagi Anda yang belum pernah datang ke pantai ini, pasti bertanya-tanya apa saja pesonanya?

1. Pemandangan pantai yang indah

Bahwa pemandangan pantai yang pasti sangat indah bukan rahasia lagi, begitu juga dengan pemandangan pantai ini yang begitu menyejukkan mata. Saat melihat hal ini, Anda pasti akan dibuat takjub dengan perpaduan laut lepas yang berbatasan langsung dengan pantai luas. Lautnya sendiri berwarna biru muda yang sangat indah dan terlihat berkilauan. Jangan lupakan pantainya yang berpasir putih lembut dan bersih.

2. Keindahan bawah laut

Pengunjung yang hobi snorkeling dan diving tidak boleh melewatkan menjelajahi keindahan bawah laut Pantai Kondang Merak. Gugusan terumbu karang menakjubkan yang menurut penelitian terdiri dari 7 marga dan 22 spesies terumbu karang.

3. Pantai yang masih asri

Selain terumbu karang, pengunjung juga bisa melihat sejumlah pohon yang tumbuh subur dan lebat di sekitar pantai. Dengan begitu, kawasan pantai diprediksi akan memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan, cocok untuk tempat istirahat.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Kondang MerakKredit foto: Google Maps H Nurjannah

Jika tertarik untuk berkunjung, pantai ini terletak tepat di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pengunjung dapat mengakses pantai ini dari pusat kota karena jarak dari pusat kota hanya sekitar 40 km dengan waktu tempuh 2 hingga 3 jam perjalanan.

Dari pusat kota Anda bisa mengambil arah Kepanjen dan berkendara ke Pagak, lalu langsung berkendara ke kabupaten Bantur, jangan khawatir, Anda dapat dengan mudah mencapai pantai dengan mengikuti rambu-rambu jalan yang telah disediakan.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Kondang Merak, Anda perlu membayar serangkaian tiket masuk, dengan harga tiketnya sendiri berbeda-beda tergantung hari kunjungan Anda. Jangan khawatir karena selisih harganya tidak terlalu besar, kamu hanya perlu Rp 5.000-10.000 saja. Selain itu, Anda perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 per kendaraan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Kondang Merak

Aktivitas seru di pantai Kondang MerakSumber Gambar: Google Maps Tauvic Muhammad

Selain kegiatan di atas, Anda juga bisa menikmati berbagai kegiatan lain seperti memancing atau berkemah di kawasan Pantai Kondang Merak.

1. Aktivitas pantai

Pantai ini sangat terkenal dengan pemandangan pantainya yang luas. Di sini pengunjung juga bisa menikmati aktivitas pantai dengan lebih nyaman. Ditambah lagi dengan pasirnya yang lembut sehingga aman untuk anak-anak bermain atau berlarian. Anda bisa mengajak keluarga atau si kecil untuk membangun istana pasir dan rumah.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas fisik seperti voli atau sepak bola di Pantai Kondang Merak. Namun jika Anda tidak ingin melakukan aktivitas fisik apa pun, jangan khawatir, Anda dapat melakukan aktivitas lain, mis. B. Mendirikan tenda sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

2. Berenang

Bagi anda yang suka berenang bisa melakukannya di pantai ini karena ombak disini sangat tenang dan ombak yang anda miliki juga tidak besar, sehingga aman untuk melakukan aktivitas air disini. Hal ini dikarenakan ombak di Pulau Karang sudah pecah sebelum mencapai bibir pantai, sehingga ombak yang mencapai bibir pantai memiliki gelombang yang lebih kecil.

Wisatawan yang datang berkunjung diperbolehkan melakukan aktivitas air seperti berenang saat ombak di lautan stabil, namun tetap harus berhati-hati dan tidak berenang terlalu jauh ke tengah karena masih berbahaya. Pengunjung juga bisa menggunakan jaket pelampung agar aktivitas berenangnya lebih aman.

3. Lihat biota laut

Di Pantai Kondang Merak ini selain berenang anda juga bisa melakukan olah raga air lainnya yaitu snorkeling dan diving. Saat snorkeling atau diving Anda bisa dibuat takjub dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Ada banyak biota laut yang bisa Anda jumpai saat melakukan scuba diving seperti terumbu karang, berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Kadang-kadang Anda dapat menemukan biota laut di pantai karena Anda terdampar. Bagi Anda yang tidak menyukai aktivitas air, Anda bisa menikmati biota laut tanpa menyelam. Jika beruntung Anda juga dapat menemukan cumi-cumi, teripang dan bulu babi bahkan lobster. Tapi tentu saja, jika Anda tidak menyelam, Anda tidak bisa menikmati perasaan bawah air yang menyenangkan itu.

4. Lihat Pulau Karang

Daya tarik lain dari Pantai Kondang Merak adalah Pulau Karang. Pulau mungil ini sangat eksotis dan pengunjung bisa menikmati pemandangan karang di tepi laut. Pulau ini juga ditumbuhi tanaman hijau yang sangat menyejukkan mata pengunjung.

5. Berburu foto

Tentunya mengunjungi pantai tanpa mengabadikannya di smartphone kurang lengkap bukan? Di pantai ini Anda akan menemukan banyak spot foto yang menarik, misalnya. B. di pantai, di pepohonan hingga pulau karang yang mempesona.

Di sini Anda bisa mengabadikan momen Anda sepuasnya, di setiap sudut pantai ini. Bahkan banyak fotografer handal yang mencari foto disini, biasanya mereka suka mengabadikan momen para nelayan yang lalu lalang di pantai.

6. Menikmati matahari terbenam

Pantai memang menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang romantis bersama orang tersayang. Pantai Kondang Merak juga memiliki pemandangan matahari terbenam yang menyaingi pantai lainnya. Saat matahari terbenam, langit terlihat semakin eksotis dengan warna-warninya yang khas.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai Kondang MerakKredit foto: juri Google Maps

Kawasan Pantai Kondang Merak dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang berbagai aktivitas pengunjung. Di sini Anda akan menemukan tempat parkir, toilet/ruang ganti, tempat perkemahan dan sebagainya.

Selain itu, soal makanan juga tidak perlu khawatir, setelah puas dengan semua aktivitasnya, Anda bisa menikmati kuliner es krim kelapa, ikan bakar atau makanan khas Malang lainnya di pinggir pantai.

Jadi, bagi yang ingin menikmati suasana malam di pantai ini akan lebih mudah jika berkemah atau menyewa penginapan terdekat dari pantai.

Demikian informasi tentang Pesona Pantai Kondang Merak di Kabupaten Malang. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menjadi tujuan liburan anda selanjutnya di Jawa Timur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button