Tempat Wisata

Pantai Kukup – Harga tiket masuk dan spot foto terkini 2023

Pantai Kukup – Yogyakarta merupakan sebuah daerah kecil di bagian selatan Jawa yang banyak terdapat pariwisata. Mulai dari bangunan tua, sejarah, wisata alam berupa pegunungan dan pantai, hingga wisata buatan berupa taman dan water park. Segalanya tampak menggoda untuk dikunjungi.

Berbicara soal pantai, kota Gudeg memiliki beberapa pantai klasik yang namanya sudah ada sejak zaman dahulu. Dimana pantai klasik ini menjadi objek wisata sebelum berkembang menjadi beberapa pantai seperti sekarang ini. Objek wisata tersebut bernama Pantai Kukup.

Keindahannya tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang. Pantainya yang berpasir putih terlihat sangat halus dan lembut dengan butiran pecahan batu kapur. Keunikan lain yang bisa kita nikmati ketika berkunjung kesini adalah adanya tebing yang cukup besar di tengah pantai.

Pesona ini membuat kita serasa berada di Tanah Lot. Perbedaan yang paling mencolok adalah tidak adanya candi. Melainkan merupakan sudut pandang sehingga Anda bisa melihat keindahan objek wisata ini dari atas.

Biaya masuk ke pantai Kukup

Biaya masuk ke pantai KukupFoto:

Bagi anda yang belum pernah ke tempat ini. Disarankan untuk segera mengunjunginya karena harga tiket Pantai Kukup hanya 10.000 rupiah. Perubahan harga tiket ini dapat terjadi kapan saja.

Ditambah biaya parkir sebesar 3.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 rupiah bagi anda yang membawa mobil.

Lihat juga daftar 50 pantai indah di Gunung Kidul.

Alamat lokasi dan rute

alamat lokasiFoto:

Alamat Pantai Kukup terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Ngepung, Kemadang, Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Jika anda berangkat dari Stasiun Kereta Api Yogyakarta, jarak tempuh sekitar 59 km. Atau memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit.

Jalan menuju pantai Kukup hampir sama dengan jalan menuju Baron. karena keduanya berada pada jarak yang tidak terlalu berjauhan. Namun sebelum sampai di Pantai Baron, Anda harus belok kiri sesuai papan petunjuk untuk sampai ke tujuan.

Jalan menuju Pantai Kukup tidak hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, namun juga bisa menggunakan bus dan angkutan umum. Pertama, menuju Terminal Giwangan di Yogyakarta.

Kemudian naik bus tujuan Yogyakarta – Wonosari. Setibanya di Terminal Wonosari dilanjutkan dengan bus Baron Line. Kemudian naik ojek hingga tiba di lokasi.



Kunjungi juga: Pantai Gesing yang tak kalah indahnya.

Pesona lain yang ditawarkan

Alamat pantai KukupFoto:

Pulau karang ini terlihat sungguh menawan. Namanya jumino, dan dalam perjalanan menuju tempat ini kita disuguhkan jembatan khusus untuk anda. Biasanya banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot foto terbaiknya.

Selain tebing karang yang memukau, wisata pantai Kukup juga menyuguhkan berbagai jenis terumbu karang dengan luas hingga 100 meter. Menariknya, saat air laut surut, kita bisa melihat berbagai jenis biota laut yang cantik seperti ubur-ubur.

Bulu babi yang harus menjadi perhatian khusus anak-anak Anda. Misalnya saja kita mengetahui bahwa bulu babi merupakan hewan yang dapat mengeluarkan racun jika terkena tubuh manusia.

Di sini Anda dapat melihat ikan-ikan kecil dan kerang-kerangan yang lucu. Banyak yang bilang kalau pantai ini adalah akuarium alami. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan menghabiskan waktunya di tempat ini.

Di sekitar pantai kita bisa merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi sungguh nyaman. Pesona objek wisata ini semakin bertambah dengan hadirnya gua karang yang juga bisa Anda jadikan tempat berteduh.

Kunjungi juga Pantai Sadeng Gunung Kidul yang menawarkan banyak spot foto cantik.

Fasilitas di Pantai Kukup

Fasilitas di pantai KukupFoto:

Tak berlebihan jika banyak wisatawan yang menyebut Pantai Kukup merupakan pantai paling dimanjakan di Yogyakarta. Pasalnya ragam fasilitas yang ditawarkan cukup mempesona. Mulai dari toilet yang bersih, tempat parkir yang cukup luas, mushola bagi umat muslim yang ingin salat.

Bukan itu saja. Kami juga akan menghadirkan berbagai stand yang menjual berbagai menu kuliner. Misalnya olahan ikan yang menggugah selera dengan kuah asam manis yang katanya jadi pemenang.

Ada juga ikan bakar yang terbuat dari berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan. Sehingga, cita rasa yang dihasilkan benar-benar sempurna. Apalagi jika dipadukan dengan sambal dan nasi putih hangat. Kenikmatannya seolah melonjak drastis. Makin sempurna jika dipadukan dengan es krim kelapa langsung dari pohonnya.

Bicara soal harga makanan memang tidak terlalu mahal. Bisa dibilang sangat ramah di kantong. Fasilitas selanjutnya yang tak kalah penting adalah adanya toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai jenis oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman.

Ada kaos bertuliskan “Pantai Kukup” dan gantungan kunci yang terbuat dari makhluk laut. Ada pula rempeyek khas Gunung Kidul yang rasanya menggugah selera. Selain itu masih banyak lagi yang bisa Anda temukan dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu di sini kita juga bisa melihat berbagai pedagang yang menjual ikan hias lucu. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 2.000. Ikan manis dan manis ini sudah bisa kita datangkan.

Kunjungi juga ulasan kami sebelumnya mengenai Pantai Nguyahan yang jarang diketahui wisatawan.

1. Melaksanakan upacara adat

Objek wisata di Pantai KukupFoto:

Bukan Indonesia kalau tidak menawarkan tradisi dan budaya yang bisa menjadi daya tarik wisatawan. Seperti halnya di tempat wisata Pantai Kukup, upacara adat juga berlangsung di sini. Namanya Upacara Sedekah Laut.

Adat ini sebenarnya tidak hanya dilakukan di Pantai Kukup saja. Namun juga terjadi di beberapa pantai seperti Baron dan Sadranan. Sedekah laut merupakan upacara syukur dan harapan agar ikan dapat ditangkap kembali pada tahun mendatang.

Simak juga Wisata Pantai Ngrenehan yang tak kalah menariknya.

2. Penginapan di sekitar Pantai Kukup

Rute Kukup StrandlageFoto:

Menikmati berbagai pantai di Gunung Kidul tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu satu atau dua jam saja. Keindahan setiap wisata membuat waktu berlalu dengan sangat cepat. Oleh karena itu, akomodasi menjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan.

Selain itu, di sekitar objek wisata ini kita dapat memilih berbagai jenis akomodasi seperti: B. Johor homestay yang menawarkan berbagai jenis fasilitas dan tempat yang sangat nyaman. Tempatnya juga berada di tengah-tengah antara Pantai Baron dan Pantai Kukup. Harganya cukup murah yaitu mulai dari 250.000 rupiah.

Ada juga penginapan Kukup Indah. Penyediaan fasilitas berupa kipas angin atau AC, televisi untuk hiburan dan ruang tamu dengan kursi. Tersedia sekitar 30 kamar dengan harga mulai dari 500.000 rupiah per malam. Pelayanan yang cukup baik dan kondisi lingkungan yang bersih membuat penginapan ini menjadi rekomendasi.

Datang juga ke Pantai Ngobaran yang saat ini sedang terdampak parah.

Pantai Kukup merupakan salah satu keindahan pantai klasik di Yogyakarta yang masih eksis dan banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya dari nusantara saja namun dari mancanegara juga mengunjungi objek wisata ini. Jika mereka sudah berhasil di sini, kapan Anda akan mengikuti mereka?

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button