Tempat Wisata

Pantai Lamaru Balikpapan – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 07.00-18.00 WITA, Alamat: J L. Mulawarman, Desa Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; map: Cek lokasi

Pantai Lamaru merupakan salah satu destinasi wisata air di bagian timur pulau Kalimantan. Menghadirkan pesona laut tepat di tepian selat Makassar, pantai ini sudah lama menjadi destinasi populer bagi para pelancong dari luar dan dalam kota Balikpapan yang ingin bersantai dan menikmati semilir angin laut.

Pantai ini sangat terkenal dengan deretan pepohonannya terutama pohon pinus. Pengunjung properti juga disuguhi fasilitas yang bisa dibilang jauh lebih memadai dibandingkan lokasi wisata bahari pada umumnya.

Selain menawarkan berbagai fasilitas yang terjangkau, Pantai Lamaru juga sering dikunjungi wisatawan karena letaknya yang strategis. Daya tarik dan beragam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung menjadikan pantai di ujung timur pulau Kalimantan ini wajib dikunjungi.

Atraksi Pantai Lamaru

Atraksi Pantai LamaruKredit foto: Google Maps Rendy Setiawan

Bagi masyarakat asli Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, wisata pantai merupakan hal yang sangat langka. Bahkan jumlah pantai di pulau Kalimantan bisa dihitung dengan jari, dan salah satu yang paling terkenal di Kalimantan Timur adalah Pantai Lamaru. Daya tarik pantai ini sangat terkenal di mata wisatawan lokal.

1. Pantai yang cukup landai

Salah satu keunggulan Lamaru dibandingkan pantai lain di Balikpapan adalah bentuk pantainya yang cukup landai. Itu sebabnya air laut di tepi pantai cukup dangkal dan pasir putihnya masih terjaga kebersihannya.

2. Pantai yang luas

Kemiringan pantainya lengkap dengan bibir pantainya yang cukup luas dan cukup bagi wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti permainan pasir, voli pantai, bola dan masih banyak lagi.

3. Gelombang Tenang

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai LamaruSumber gambar: Google Maps Tic Tac

Objek wisata laut ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Kondisi ombak cukup bersahabat, sehingga para orang tua merasa aman mengajak anaknya bermain air di pesisir timur pulau Kalimantan.

4. Baris cemara

Hal unik selanjutnya dari Pantai Lamaru adalah deretan pohon pinus di pinggir pantai. Pepohonan memberikan kesejukan dan keteduhan alami di bawah suasana pantai yang panas. Hal ini tentunya sangat menarik bagi pengunjung yang cenderung tidak menyukai sinar matahari, terutama di pantai.

5. Pemandangan matahari terbenam

Hampir semua pantai memiliki daya tarik yaitu sunset, seperti halnya pantai Balikpapan yang indah ini. Namun, yang unik dari pemandangan sunset di pantai ini adalah sisa-sisa sinar matahari yang terlihat di sela-sela dahan pohon pinus.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai LamaruSumber Gambar: Google Maps Padma sekar annisa

Terletak di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Lamaru, Balikpapan Timur, tempat wisata tepi pantai ini menyimpan sejuta pesona yang bisa memukau siapa saja. Bagi Anda yang berkunjung ke Balikpapan, pantai Lamaru ini wajib dikunjungi.

Untuk mengunjungi pantai di pesisir Kota Balikpapan ini, Anda harus berkendara sekitar 24 km dari pusat Kota Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Jadi jika Anda tinggal di Kalimantan Timur dan berencana untuk mengunjungi pantai yang populer ini, Anda akan mengalami perjuangan yang cukup melelahkan mengingat wilayahnya yang terjal. Hal ini tentunya menjadi salah satu alasan mengapa tidak banyak orang yang mengetahui tentang pantai ini.

Letak pantai ini sebenarnya cukup strategis, hanya saja untuk mengakses tempat wisata ini tidak semudah di pantai lainnya. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengunjunginya. Jika berangkat dari pusat kota Balikpapan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jalan Sudirman, Jalan Iswahyudi atau Ring Road.

Selanjutnya, ikuti jalan menuju Senipah atau Semoja hingga tiba di sekitar area Bandara Sepinggan. Dari bandara, berjalan lurus melewati kawasan TNI AU lalu belok kanan hingga menemukan Gerbang Selamat Datang di Kawasan Wisata Pantai Lamaru. Jarak tempuh dari Bandara Sepinggan ke pantai sekitar 15 km.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Biaya masuk untuk wisata pantaiKredit foto: Google Maps Andini Maheswari

Tiket masuk ke Pantai Lamaru cukup mahal karena tidak dikelola oleh pemerintah daerah tetapi oleh swasta. Biaya tiket per orang, dewasa dan anak-anak sekitar Rp 20.000,00.

Meski mahal dibandingkan pantai lain di Balikpapan, pantai ini tak kalah menarik untuk dikunjungi. Selain itu, harga tiket masuk sesuai dengan pemandangan pantai dan fasilitas pengunjung yang cukup lengkap. Pantai ini juga dibuka untuk umum mulai pukul tujuh pagi hingga pukul enam sore setiap harinya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Lamaru

Aktivitas di Pantai LamaruKredit foto: Google Maps Muhammad Mudzakir

1. Bermain air dan pasir

Pantai Lamaru memiliki pasir putih dengan kondisi yang cukup landai. Karena itu, air lautnya tidak terlalu dalam, sehingga ombak yang dihasilkan juga sangat tenang. Keadaan ini sangat cocok bagi pengunjung untuk bermain air atau pasir tanpa takut tersapu ombak.

2. Bersantai di bawah pohon cemara

Saat memasuki area pantai, pengunjung langsung disambut oleh deretan pohon pinus yang rimbun. Pepohonan memberikan suasana damai dan rindang. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai area yang cocok untuk bersantai tanpa harus menyewa payung.

3. Cobalah wahana perahu pisang

Bosan bermain air? Fitur air ini tentu bisa menjadi pilihan yang baik. Cocok untuk wisatawan yang berlibur bersama keluarga, rekan dan sahabat di Pantai Lamaru. Keseruan bermain wahana air yang satu ini akan menjadi salah satu pengalaman liburan pantai yang tak terlupakan.

4. Cobalah wahana rubah terbang

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai LamaruKredit foto: Google Maps Muhammad Rasyid Ridha

Aktivitas seru lainnya di kawasan wisata bahari ini adalah rubah terbang. Wahana ini tentunya wajib dimiliki oleh pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai dari ketinggian sambil menguji adrenalin. Tenang saja, keamanan wisata sangat terjaga.

5. Berjalan di sekitar pantai dengan Andong

Pengelola pantai di pesisir Kalimantan Timur ini juga menawarkan wahana bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai dengan cara yang unik. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan, apalagi bagi wisatawan yang belum pernah naik kereta kuda.

6. Coba mobil golf

Ada banyak aktivitas yang patut dicoba di area pantai. Salah satu yang paling menarik adalah berkeliling pantai dengan menyewa mobil golf. Fasilitas kereta golf seperti ini mungkin tidak selalu kita temukan di tempat wisata pantai ternama. Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan bagaimana rasanya mengendarai mobil golf, pantai ini perlu masuk dalam daftar destinasi liburan Anda.

Penginapan murah dekat pantai

Penginapan murah dekat pantaiSumber gambar: Google Maps EMWEKA Guest House HomeStay/Kost-Hotel/Pengin

1. Guest House Syariah

Salah satu penginapan yang sangat dekat dengan kawasan pantai adalah Syariah Guest House. Penginapan ini terletak di kawasan Sepinggan, sekitar 30 menit dari Pantai Lamaru. Harga per malam cukup terjangkau dengan fasilitas yang lumayan seperti parkir, AC, WiFi, TV dan kamar tetap bersih.

2. Wisma EMWEKA

Penginapan berikut ini juga masih berada di kawasan Sepinggan. Nah, bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai ini dan membutuhkan tempat menginap, mungkin penginapan ini bisa menjadi salah satu pilihan anda. Harga per malamnya sangat terjangkau dengan suasana kamar yang cukup bersahabat terutama untuk keluarga.

3. Pantai Majemuk Mentari

Lokasi penginapan ini berada di kawasan Manggar. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai kawasan pantai yang mempesona ini. Fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan ini tidak kalah memadai dengan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel bintang lima, namun tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai LamaruKredit foto: Google Maps Andini Maheswari

Pantai Lamaru merupakan kawasan wisata yang menawarkan fasilitas umum yang memadai termasuk fasilitas bermain air seperti; rubah terbang, perahu pisang, mobil klub golf, Dan seterusnya. Untuk menggunakan fasilitas tersebut, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp 10.000 hingga Rp 75.000.

Bagi pengunjung yang tidak memiliki tempat untuk bersantai, pengelola menyewakan tikar dengan harga 10.000 rupiah. Harga sewanya cukup murah mengingat pengunjung bisa menyewanya sepanjang hari. Fasilitas lain seperti jaket pelampung dan ban juga dikenakan biaya sewa yang sama yaitu hanya sekitar 10.000 rupiah.

Kawasan objek wisata ini juga sangat terkenal dengan kebersihan dan fasilitasnya yang lengkap. Pemerintah telah menyediakan tempat parkir yang luas, tempat ibadah, klinik, toilet, paviliun dan bahkan kamera pengintai. Di warung makan yang ada di kawasan pantai ini, pengunjung juga bisa mencicipi berbagai makanan khas Balikpapan.

Itulah beberapa hal menarik tentang pesona Pantai Lamaru di Balikpapan. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, jangan lupa untuk mengabadikan momen seru berlibur bersama keluarga atau teman di pantai yang dipagari pohon cemara ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button